Gratis aplikasi akuntansi 6 bulan ?
Rrp Facebook

Memahami RRP ( Rural Resource Planning ) untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi desa.

Rural Resource Planning adalah sebuah sistem informasi manajemen untuk merencanakan sebuah sumberdaya ( potensi ) desa untuk meningkatkan produktivitas yang berdampak pada perkonomian desa. RRP ( Rural Resource Planning ) memiliki makna Rural adalah Desa, Resource adalah Sumberdaya dan Planning adalah Perencanaan. Rural Resource Planning merupakan manajemen perencanaan sumberdaya desa untuk memenuhi kebutuhan desa itu sendiri atau untuk meningkatkan produktivitas dan perekonomian desa.




Apa bentuk dari RRP ( Rural Resource Planning )?

Rural Resource Planning adalah sebuah sistem informasi manajemen atau aplikasi untuk mengolah sumberdaya desa baik keuangan ( finance ), sumberdaya manusia ( human capital ), sumberdaya alam ( natural ) dan sumberdaya keuangan ( modal ), dan baik finance, sumberdaya manusia, sumberdaya alam, sumberdaya keuangan baik yang berada dalam pemerintahan desa maupun masyarakat merupakan input dari sebuah pembangunan. Karena dengan sumberdaya tersebut dapat diolah atau diproduksi produk baik berupa barang maupun jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat itu sendiri maupun pihak lain di luar daerah secara efektif, efisien, ekonomis, cepat dan tangkas mengikuti perkembangan perubahan.

Apa saja data dan informasi yang terdapat dalam RRP ( Rural Resource Planning )?

Mohon untuk diperhatikan gambar di bawah ini tentang RRP ( Rural Resource Planning ).

Rrp Facebook

Rural Resource Planning memiliki konten sebagaiman gamar di atas, yaitu:




Yang pertama adalah Sumber Daya Alam, dalam Rural Resource Planning data dan informasi sumberdaya alam dikumpulkan dan dioleh dalam suatu system, sehingga apabila membutuhkan bahan baku atau input dalam membuat solusi baik berupa barang dan jasa akan mudah. Sebagai contoh desa memiliki embung, dengan memiliki data embung, sungai dan lain lain, apabila ada kebutuhan tentang perikanan, maka desa lebih cepat memperoleh informasi tentang embung yang bisa digunakan sebagai kolam ternak ikan untuk memenuhi kebutuhan.

Yang kedua adalah Sumber Daya Manusia, dalam Rural Resource Planning data dan informasi tentang Sumber Daya Manusia lengkap dengan pengetahuan, ketrampilan serta produksi jasa dikumpulkan. Sehingga apabila membutuhkan tenaga kerja atau jasa dengan mudah desa menyiapkan. Sebagai contoh apabila ada kebutuhan perikanan, maka sumberdaya alam berupa embung dapat dengan mudah diperoleh sumberdaya manusianya, karena sudah memiliki data dan informasi sumberdaya manusia.

Yang ketiga adalah Sumber Daya Uang atau Modal, dalam Rural Resource Planning data dan informasi keuangan, baik dari desa, masyarakat atau pihak lian telah dicatat atau dikumpulkan serta diolah menjadi informasi keuangan, sehingga apabila ada kebutuhan perikanan, maka sumberdaya alam sudah siap, sumberdaya manusia sudah siap dan modal atau keuangannya sudah siap untuk diformulasikan.




Yang ke empat adalah Produk, baik produk barang maupun jasa yang ada di desa, mengumpulkan data produk di masyarakat baik yang berupa barang misalnya bibit ikan, jasa sebagai contoh jasa normalisasi embung, sehingga dengan mengetahui semua produk jasa da barang di masyarakat desa melalui BUMDes dapat dengan mudah memenuhi konsumen, baik konsumen dalam desa maupun konsumen luar desa.

Yang ke lima adalah Distribusi, desa memiliki jaringan distribusi atau logistik yang luas dan memiliki data dan informasinya, sebagai contoh apabila panen ikan akan mempermudah untuk mengirimkan barang atau ikannya.

Yang ke enam adalam RRM ( Rural Relationship Management ) yaitu manajemen hubungan desa atau BUMDes dengan masyarakat atau konsumen, baik konsumen retail atau langsung, konsumen industri dan konsumen pemerintahan. Sehingga dengan memiliki data dan informasi konsumen, BUMDes akan mudah untuk menjual. Sebagai contoh memiliki produk bibit ikan, maka akan mudah dijual atau di distribusikan ke pemerintah daerah lain, khususnya dinas pertanian yang membutuhkan bibit ikan.




Dengan adanya RRP ( Rural Resource Planning ) maka akan mudah mengolah sumberdaya di desa menjadi produk baik berupa barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen, baik di dalam desa maupun luar desa, serta mengembangkan pasar lebih luas. Karena memiliki data dan informasinya. ( supriadi asia / biizaa ).

Apakah tulisan ini bermanfaat?...

Klik bintang untuk menilai

Rata Rata Penilaian 0 / 5. Jumlah Vote: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan manfaatnya..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

BIIZAA ASIA
Ada yang bisa kami bantu? .
Image Icon
Profile Image
Biizaa Service Perlu bantuan ? Online
Biizaa Service