Memahami Revenue Stream BUMDes agar sukses.

Sebelum mendirikan Badan Usaha Milik Desa, kita perlu mengetahui berapa target pendapatan satu tahun, lima tahun atau bahkan sepuluh tahun ke depan. Darimana dan bagaimana pendapatan itu diperoleh kita perlu memahami revenue stream.

Dalam hal ini biizaa akan menyampaikan tentang revenue stream terhadap Badan Usaha Milik Desa. Revenue Stream sederhananya adalah sumber pendapatan yang bisa diperoleh dari aktivitas Badan Usaha Milik Desa. Revenue stream bisa lebih dari satu sumber. Dan semakin banyak sumber yang diketahui maka semakin besar pula pendapatan Badan Usaha Milik Desa.


Kita ambil contoh kegiatan usaha dari sebuah Badan Usaha Milik Desa dan revenue streamnya. Kita ambil contoh sederhana adalah Badan Usana Milik Desa yang memiliki usaha kuliner Seperti Bakso. Ada beberapa pendapatan yang bisa diperoleh dari usaha bakso sebagai berikut:

  1. Pendapatan dari Penjualan Bakso.
  2. Pendapatan dari penjualan minuman dan makanan ringan.
  3. Jika pentol bakso bikin sendiri, maka pentol bakso juga bisa di jual di tempat lain.
  4. Menyewakan peralatan peralatan bakso, untuk acara hajatan atau catering.
  5. Membuat tempat meeting dengan menu bakso.

Ke lima contoh di atas adalah contoh dari revenue stream atas kegiatan penjualan bakso oleh Badan Usaha Milik Desa. Dari hasil berbagai sumber pendapatan dari kegiatan usaha bakso tersebut bisa untuk menjawab berapa kira kira pendapatan yang kita peroleh dalam menjalankan usaha bakso.

Lalu apa manfaat dari revenue stream dalam badan usaha milik desa?.

Yang pertama adalah untuk mengukur manajemen Badan Usaha Milik Desa, dengan mengetahui revenue stream akan dapat diukur pencapaian target pendapatan Badan Usaha Milik Desa.

Yang kedua adalah untuk investor atau penambahan penyertaan modal kepada Desa. Dengan mengetahui revenue stream dan peluang pasarnya maka investor maupun pemerintahan desa akan tertarik untuk menanamkan modal atau menyertakan modal dalam badan usaha milik desa.


Yang Ketiga adalah untuk menjelaskan kepada masyarakat, atau stake holder ( pemangku kebijakan ), serta share holder ( pemegang saham ).

Kesimpulannya, adalah memehami revenue stream dalam mendirikan atau menjalankan Badan Usaha Milik Desa sangatlah penting, guna mengetahui sumber pendapatan secara maksimal dan mengukur serta mempertanggungjawabkan Badan Usaha Milik Desa. @supriadiasia

Jika membutuhkan analisa revenue stream untuk Badan Usaha Milik Desa anda, bisa menghubungi kami via WA: 085645524839

Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

BIIZAA ASIA
%d blogger menyukai ini: