Memahami Manfaat Rasio Keuangan Dalam Strategi Bisnis

Akuntansi adalah bahasa keuangan yang bisa diterima, artinya diterima adalah bisa dibaca dan dipahami bagi pihak pihak yang berkepentingan, baik shareholder ( pemegang saham ) dan stake holder ( pemangku kepentingan ) seperti perijinan, pajak dan lain lain. Sehingga akuntansi butuh bahasa yang sama dengan standart akuntansi keuangannya.




Jika akuntansi sebagai bahasa keuangan, maka rasio keuangan adalah alat ukurnya, untuk mengukur strategi investasi, pembiayaan, dan operasi perusahaan baik secara historis ( ke belakang ) maupun prospektif ( ke depan ). Sehingga dalam menjalankan perusahaan akan terukur secara baik, benar dan bisa diterima.

Apakah manfaat memahami rasio keuangan perusahaan dalam menetapkan strategi bisnis :




  1.  Funding, atau untuk mendapatkan investor, karena investor akan menempatkan investasi pada perusahaan dengan pertimbangan pertimbangan rasio keuangan, apakah perusahaan itu sehat atau tidak dari aspek keuangan. Sebagai contoh sehat untuk membiayai kehidupan jangka pendeknya atau yang disebut rasio likuiditas.
  2. Kreditur atau pemberi pinjaman, agar pemberi pinjaman aman uangnya tentu sebelum memutuskan untuk mengucurkan kreditnya pada perusahaan melihat rasio keuangan tersebut untuk menentukan apakah perusahaan tersebut mampu membayar atau tidak, hal ini juga bisa dilihat dari arus kas dan likuiditasnya.
  3. Supplyer, selain pembelian secara tunai tentu dalam perusahaan ada pembelian secara kredit, dan ini akan menghasilkan hutang perusahaan. Untuk menentukan plafon hutang dan mengukur usia hutang, maka supplyer butuh mengukur kemampuan pembayaran perusahaan dengan rasio rasio keuangan.
  4. Manajemen Perusahaan, untuk mengambil keputusan perusahaan yang obyektif dibutuhkan dukungan data dan informasi keuangan serta rasio rasio keuangan, sehingga pengambilan keputusan perusahaan dapat dipertanggungjawabkan secara logis berdasarkan rasio rasio keuangan. Bagaimana menentukan peningkatan pendapatan dan penghematan biaya tentu dengan menggunakan rasio rasio keuangan perusahaan.
  5. Bagi Mitra, bagi mitra perusahaan agar kerjasamanya aman maka akan menganalisa rasio keuangan perusahaan, agar di kemudian hari tidak ada kendala dalam hal keuangan dalam bekerjasama.

Rasio keuangan dibutuhkan untuk menetapkan strategi perusahaan baik secara internal untuk meningkatkan pendapatan, menghemat biaya dan secara eksternal untuk membangun kemitraan baik dalam pendanaan, maupun mitra kerja operasional. ( Supriadi Asia ).





Bagikan manfaatnya..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Updated: 08/09/2021 — 11:42
BIIZAA ASIA © 2021 Biizaa Asia
Ada yang bisa kami bantu? .
Image Icon
Profile Image
Biizaa Service Perlu bantuan ? Online
Biizaa Service