Mau tahu berapa THR dan Gaji Ke 13 PNS, TNI, POLRI, Pejabat Negara, Dan Pensiunan 2019?..

Pemerintah telah mengesahkan Peraturan Pemerintah No. 35 Tahun 2019 Tentang Gaji, Pensiun dan Tunjangan Ke 13 bagi PNS, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pejabat Negara, dan penerima pensiun atau tunjangan. Adapun komponen komponen yang masuk pada tunjangan gaji ke 13 adalah sebagai berikut:

Komponen Penghasilan yang masuk diperhitungkan sebagai Gaji Ke 13 Tahun 2019 adalah sebagai berikut:

  1. Untuk PNS, Prajurit TNI, Anggota POLRI, dan Pejabat Negara paling sedikit meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan atau tunjangan umum, dan paling banyak meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, dan tunjangan kinerja;
  2. Untuk Penerima pensiun meliputi pensiun pokok,tunjangan keluarga, danfatau tunjangan tambahan penghasilan; dan
  3. Penerima tunjangan menerima tunjangan sesuai peraturan perundang-undangan.

Tentang Potongan.

Banya dalam Peraturan Pemerintah No. 35 Tahun 2019 Tentang Gaji ke 13 tahun 2019 dinyatakan tidak dikenakan potongan dan/atau irutan potongan lain. Namun tetap dikenakan pajak penghasilan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan yangberlaku dan ditanggung oleh pemerintah.

Tentang Penerima yang ditugaskan di luar negeri.

Bagi PNS, Prajurit TNI, Anggota POLRI dan Pejabat negara yang ditugaskan di Luar Negerai, dibertikan sesuai dengan ketentuan perundang undangan yang berlaku.

Dalam hal penerima lebih dari satu penghasilan.

Dalam hal PNS, Prajurit TNI, Anggota POLRI,Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun atauTunjangan menerima lebih dari satu penghasilan, gaji, pensiun, atau tunjangan ketiga belas diberikan salah satu yang jumlahnya  lebih besar. Apabila PNS, Prajurit TNI, Anggota POLRI, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun atau Tunjangan menerima lebih dari satu jenis penghasilan, kelebihan pembayaran tersebut merupakan utang dan wajib mengembalikan kepada negara sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Bagi Pensiunan atau keluarganya ( Janda / Duda ).

Dalam hal PNS, Prajurit TNI, Anggota POLRI, Pejabat Negara, dan Penerima pensiun atau tunjangan sekaligus sebagai Penerima pension janda/duda atau Penerima tunjangan janda/duda maka diberikan penghasilan ketiga belas sekaligus penghasilan ketiga belas Penerima pensiun janda/duda atau Penerima tunjangan janda/duda.

Untuk selengkapnya silahkan download Pertaruan Pemerintah No. 35 Tahun 2019 di bawah ini:

Peraturan Pemerintah No. 35 Tahun 2019 


Bagikan manfaatnya..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Updated: 13/05/2019 — 22:53
BIIZAA ASIA © 2021 Biizaa Asia
Ada yang bisa kami bantu? .
Image Icon
Profile Image
Biizaa Service Perlu bantuan ? Online
Biizaa Service