Buka Usaha Masa Corona

Manajemen Membuka Usaha Kuliner Lagi di Masa Corona / Covid 19.

Beberapa perusahan di China dan Amerika telah berusaha membuka lagi usahanya, seperti starbuck. Lalu bagaimana strategi atau manajemen mereka untuk membuka usaha dimana telah terjadi penanggulanan corona. Berikut biizaa akan kupas dari berbagai sumber berita.

Perusahan perusahaan seperti starbuck itu mulai membuka usahanya di tengah bencana corona menggunakan metode “monitor and adapt” atau strategi monitoring dan adaptasi sebagaimana telah dilakukan perusahaan perusahaan di china, yang oleh starbuck juga akan digunakan untuk membuka kembali di Amerika. Lalu apa yang dimaksud engan monitoring and adapt tersesebut?




Strategi monitoring dan adapt di era corona / covid 19 adalah sebuah strategi dengan memperhatikan 4 hal sebagai berikut:

Yang pertama adalah memperhatikan status daerah berdasarkan satgas covid atau pihak yang berwenang dalam menetapkan kondisi daerah tersebut. Yang kedua adalah selalu dalam pantauan serta konsultasi dengan pejabat kesehatan masyarakat. Yang ketiga adalah respond masyarakat atas dibukanya usaha kembali dan yang ke empat adalah kesiapan usaha tersebut untuk membuka kembali. Karena tentu bahan baku, karyawan dan fasilitas fasilitas yang mendukung kesehatan masyarakat harus dipersiapkan juga sebagaimana bimbingan yang dilakukan oleh pemerintah, khususnya departemen atau dinas keseahatan.

Bagaimana cara mereka membuka kembali usaha kuliner dengan menyesuaikan kondisi dan situasi corona / covid 19?

Ada beberapa startegi yang mereka buat untuk membuka usaha lagi di masa corona / covid 19 diantaranya adalah dengan membuka drive thru, atau layanan makanan dengan tanpa harus keluar dari mobil atau turun dari motor, perusahaan menyediakan tempat pemesan untuk mengambil langsung dari mobil dengan membuka kaca pintu mobil atau motor. Cukup berhenti ambil dan meneruskan kembali perjalanan.

Yang kedua adalah dengan pesan antara, jadi perusahaan menyediakan aplikasi atau komunikasi pemesanan dan mengantarkan produk atau makanan yang dipesan kepada konsumen. Sehingga tidak ada lagi orang berkumpul di rumah makan, tetapi cukup pesan dengan aplikasi dan makanan akan dikirimkan.Yang ketiga adalah apabila suatu perusahaan kuliner tidak memiliki fasilitas drive thru, maka bisa dengan cara diantarkan ke jalan raya untuk diambil dan dibawa oleh konsumen.

Toko Online Biizaa

Di atas merupakan sebuah strategi bagaimana sebuah perusahaan kuliner seperti starbuck di China dan Amerika dibuka kembali dengan menggunakan strategi monitoring, selalu memantau keadaan baik kesehatan, masyarakat dan lingkungan. Yang kedua adalah melakukan adaptasi, mengikuti perintah atau anjuran dari pemerintah yang berkompeten, diantaranya adalah dinas kesehatan atau departemen kesehatan. Monitoring selalu waspada dan beradaptasi adalah strategi perusahaan perusahaan kuliner di dunia untuk membuka kembali. Sebagaimana dikutip oleh CNN https://edition.cnn.com/2020/04/16/business/starbucks-coronavirus-reopening/index.html

Dalam hal ini ada 2 hal yang perlu diperhatikan dan dijadikan sebagai pertimbangan publik di negara negara lain, yaitu sebagai berikut:

Yang pertama adalah pemerintah juga bisa melakukan monitoring dan adaptasi, memonitor keadaan dari berbagai aspek, terutama adalah kesehatan, lingkungan sosial dan ekonomi di masa corona / covid 19 dan juga beradaptasi baik terhadap zonasi ( wilayah ), waktu dan pertimbangan pertimbangan lain. Dimana bisa memberikan bimbingan atau pengarahan membuka usaha di masa corona dengan tetap menjaga keselamatan kesehatan masyarakat. Posisi pemerintah sebagai pengawas ( monitoring ) dan memberikan keputusan publik atau bimbingan kepada dunia usaha untuk membuka usaha di masa corona.




Yang kedua adalah dunia usaha juga harus monitoring bersama sama dengan pemerintah juga beradaptasi terhadap keputusan keputusan pemerintah yang kemunkinan cepat berubah. Selalu memberi petunjuk atau bimbingan kepada pemerintah untuk membuka dan menjalankan usaha. Serta menyiapkan manajemen yang pro dengan kesehatan masyarakat.

Dengan saling monitoring dan beradaptasi dengan perubahan maka ekonomi sebagai kekuatan suatu negara tetap jalan dan terhindar dari covid 19. Kita harus memiliki kelincahan untuk menghadapi dunia yang runway ( perubahannnya berjalan ). Tangkas dan lincah dalam mengambil keputusan berdasarkan keputusan yang memiliki nilai partisipatif ( kerjasama masyarakat ), politik mengadopsi kepentingan politik anggaran, ekonomi dan lain lain, serta teknokratik berdasarkan keilmuan dan teknologi yang tepat. ( supriadi asia ).

Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

BIIZAA ASIA
%d blogger menyukai ini: