83014421 2775761429112147 959583805180477440 N

Manajemen Kinerja Badan Usaha Milik Desa Atau BUMDes | Bagian 1.

Manajemen kinerja Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes sangat penting untuk dipahami oleh Pemerintah Desa, Pembina, Pengawas dan Pengurus BUMDes. Karena manajemen kinerja akan menentukan sebuah BUMDes mencapai tujuan atau visi misi BUMDes.

Sebelum melangkah lebih jauh tentang manajemen kinerja BUMDes, maka dibutuhkan pemahaman tentang apa yang dimaksud dengan Manajemen Kinerja.

Manajemen kinerja atau disebut dengan performance manajemen adalah kegiatan manajerial untuk memastikan secara maksimal sebuah usaha atau BUMDes mampu mencapai tujuannya. Sehingga dengan manajemen kinerja BUMDes akan mampu memberikan manfaat ( benefit ) dan laba ( profit ) kepada masyarakat atau pemerintah desa.

Apa tujuan manajemen kinerja Badan Usaha Milik Desa?

  1. Tujuan strategic, yaitu tujuan untuk menggerakan seluruh organisasi dalam BUMDes untuk mampu mencapai tujuan dengan ukuran yang jelas, kegiatan yang jelas dan target yang jelas pula.
  2. Tujuan administrasi, sebagaimana tujuan administrasi adalah mencatat apa yang dikerjakan dan mengerjakan apa yang dicatat, sehingga dengan adanya administrasi suatu Badan Usaha Milik Desa lebih terkendali secara administrasi.
  3. Tujuan Pengembangan, oleh karena suatu usaha yang dapat diselesaikan masalahnya adalah yang terukur, maka dengan manajemen kinerja yang terukur akan mampu dikembangkan.

Apa manfaat manajemen kinerja untuk Badan Usaha Milik Desa?

  1. Manfaat bagi Badan Usaha Milik Desa adalah:
    1. Sebagai acuan Badan Usaha Milik Desa untuk menyelaraskan apa yang dikejakan atau dilakukan dengan visi dan misi BUMDes.
    2. Meningkatkan komitmen organ BUMDes, baik pembina, pengurus, dan pengawas, sehingga apa yang dilakukan semua organ memiliki arah tujuan yang sama dan komitmen.
    3. Meningkatka kualitas kinerja seluruh organ BUMDes.
  2. Manfaat Bagi Pengurus BUMDes adalah:
    1. Mampu mengendalikan Badan Usaha Milik Desa dengan baik.
    2. Mampu mengukur pencapaian target Badan Usaha Milik Desa.
    3. Mampu mengendalikan organisasi atau usaha Badan Usaha Milik Desa dengan baik dan akuntable.

Untuk menjalankan manajemen kinerja BUMDes, terdiri berbagai pendekatan atau cara dengan menggunakan alat ( tools ), dalam hal ini biizaa akan menyampaikan sebuah manajemen kinerja menggunakan balance scorecard BUMDes yang akan kami sampaikan di bagian ke dua.

Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan komentar

BIIZAA ASIA