Mamahami Target Bisnis Untuk Mencapai Tujuan Perusahaan

Setiap perusahaan memiliki visi dan misi dalam anggaran dasar dan rumah tangganya, dan visi dan misi tersebut agar lebih terukur akan dibuat perencanaan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Dan dalam setiap perencanaan tersebut terdapat tujuan, target, ukuran dan juga inisiasi ( upaya yang dilakukan ).




Tujuan Target Perusahaan

Tujuan target perusahaan adalah agar setiap pemanfaatan sumberdaya, baik sumberdaya modal, sumberdaya produk dan sumberdaya manusia memiliki arah pencapaian yang ditetapkan, dengan memiliki target maka dapat menekan pemborosan baik waktu, tenaga, pikiran dan biaya, karena semua terfokus pada pencapaian target yang telah ditentukan. Maka dengan target akan lebih efisien, efektif dan ekonomis dalam menjalankan perusahaan. Apabila perusahaan tidak memiliki target, maka tidak tidak tentu arah pemanfaatan sumberdayanya.

Apa Target Perusahaan ?

Bentuk target perusahaan terdiri dari resulting target dan activity target, resulting target adalah target yang dibasilkan, misalnya dalam tahun 2021 mentargetkan pendapatan Rp. 1.000.000.000 ( satu milyar rupiah ) dan laba Rp. 600.000.000 ( enam ratus juta rupiah ). Tentu dari target tersebut dibutuhkan apa saja yang dilakukan oleh perusahaan untuk memperoleh pendapatan tersebut, maka butuh ditentukan activity target atau target apa yang perlu dilakukan untuk memperoleh pendapatan dan laba sebagaimana ditargetkan di atas. Tentu yang dilakukan untuk meningkatkan pendapatan adalah dengan melakukan peningkatan penjualan, berapa kali harus melakukan promosi, penawaran hingga deal. Dan untuk menentukan laba tidak hanya mentargetkan pendapatan, tetapi juga menetapka penekanan biaya ( cost reduction ), sehingga dengan target menekan biaya akan mampu meningkatkan laba.




Apa Dasar Menentukan Target Perusahaan ?

Yang dijadikan dasar untuk menentukan target perusahaan baik target hasil maupun target upaya adalah data dan informasi keuangan dalam akuntansi, dalam akuntansi ada laporan arus kas, dan laba rugi. Dari arus kas dan laba rugi dapat dilihat pendapatan serta biaya dan tentunya jika dilihat dalam jurnal ada aktivitas aktivitas yang terkait dengan pendapatan dan biaya, oleh sebab itu laporan keuangan tahun sebelumnya dapat digunakan untuk menentukan atau menaikan target di tahun selanjutnya dalam perencanaan perusahaan. Apabila dalam melakukan promosi dan penawaran 1.000 kali dan mendapatkan hasil Rp. 100.000.000 ( seratus juta ), maka untuk mencapai pendapatan Rp 1.000.000.000 ( satu milyar ) dibutuhkan menawarkan minimal 10.000 kali. Dengan laporan keuangan dapat ditentukan atau dijadikan dasar untuk menentukan target perusahaan.

Apa Metode Untuk Menentukan Target ?




Metode menentukan target adalah SMART yang artinya adalah Spesifik, Measurable, Achievable, Relevant, Timebound.

Spesifik adalah bahwa target kita harus spesifik atau khusus sehingga mudah untuk dijalankan. Measurable adalah terukur sehingga bisa diketahui pencapaiannya dan bisa diukur dengan angka ( kuantitatif ), achievable adalah dapat dicapai, dalam membuat target kita harus berpikir bahwa target tersebut dapat dicapai, relevant adalah target kita relevant atau sesuai dengan tujuan perusahaan, serta timebound adalah bahwa target kita ada batas waktu untuk menentukan pencapaianya.

Untuk membantu anda menetapkan target perusahaan, berikut kami lampirkan ” TEMPLATE TARGET “. ( Biizaa Management Consulting ).

Untuk mendapatkan template versi word silahkan kontak kami via link whatsapp di bawah ini :


Bagikan manfaatnya..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Updated: 27/08/2021 — 16:48
BIIZAA ASIA © 2021 Biizaa Asia
Ada yang bisa kami bantu? .
Image Icon
Profile Image
Biizaa Service Perlu bantuan ? Online
Biizaa Service