Local Goverment Workspace Sebagai Sistem Koordinasi Tata Kelola Pemerintah Daerah Yang Efektif

Local Goverment Space

Di era VUCA ( Volatility, Uncertainty, Complexity dan Ambiguity ) pemerintah daerah diharapkan mampu menghadapi Volatility yang artinya perubahan yang tidak menentu, Uncertainty yang artinya ketidakpastian, Complexity yang berarti rumit, dan Ambiguity yang artinya ambigu atau membingungkan. Untuk itu pemerintah daerah butuh menghadapi dengan VUCA pula yang artinya adalah Vision Dengan memiliki visi untuk menghadapi Volatility, sehingga pemerintah daerah akan memproyeksikan diri ke masa depan sehingga tidak terperangkap dalam kekhawatiran saat ini. Uderstanding yaitu memahami isu dan problem daerah dengan tepat dan benar, sehingga solusi selaras dengan isu dan problem. Clarity atau kejelasan untuk menghadpi complexity atau kerumitan dengan membangun database dan sistem informasi yang tepat. Agility atau ketangkasan dalam menghadapi tantangan dan hambatan, serta kelincahan untuk menangkap peluang guna menghadapi kebingunan ( ambiguity ).



Dari uraian tersebut di atas dibutuhkan sebuah sistem informasi manajemen yang mampu mendukung dalam koordinasi dan pengendalian rencana pembangunan, dan sistem itu biizaa sebut dengan LOCAL GOVERMENT SPACE.

Local Goverment Space adalah sebuah sistem informasi yang memberikan ruang kerja secara online guna melakukan koordinasi, berbagi dan memberikan tugas serta pencapaiannya terhadap kinerja Pemerintah Daerah. Lalu apa saja feature Local Goverment Space tersebut ?

Local Goverment Information

Local goverment information adalah sebuah feature yang memberikan berita atau informasi tentang pemerintahan di segala bidang yang bisa diakses seluruh organisasi dalam pemerintahan sehingga seluruh organ dan individu dalam pemerintahan dapat terpenuhi kebutuhan informasinya.



Local Goverment File Management

Local Goverment File Management adalah sebuah feature yang berisi folder folder untuk menyimpan dan berbagi file yang terbagi sebagaimana pembagian dalam struktur organisasi pemerintahan. Dengan begitu seluruh file organisasi pemerintahan akan tersimpan dan mudah untuk diambil dan dibagikan kepada pihak pihak yang membutuhkan ( lintas sektor ).

Local Goverment Calender

Local Goverment Calender adalah sebuah feature yang berisi tentang agenda kegiatan mulai Kepala Daerah hingga sampai individu. Sehingga jadwal kegiatan mudah untuk diketahui dan dikoordinasikan lintas sektor. Terutama agenda Kepala Daerah.

Local Goverment Forum

Local Goverment Forum adalah sebuah sistem rapat online baik rapat koordinasi teknis, rapat pimpinan terbatas, rapat pimpinan dan rapat lain lain yang bisa dilakukan secara virtual baik melaui text, gambar bahkan melalui video call. Hal ini memudahkan rapat dilakukan secara real time.



Local Goverment Contact.

Local Goverment Contact adalah database kontak person atau organisasi yang tersimpan dalam sebuah sistem yang dengan mudah dihubungi melalui email, sehingga undangan, surat dan lain lain akan mudah untuk disampaikan baik secara masal maupun secara individu.

Local Goverment Bookmarks

Local Goverment Bookmarks adalah sebuah sistem bookmarks yang berisi tentang link link website atau sistem yang terkait dengan urusan pemerintahan daerah, baik dengan pememrintah propinsi, pusat, kementrian, pemerintah daerah lain dan pihak pihak lain yang penting. Sehingga dengan bookmarks tersebut akan mempercepat akses informasi maupun data terhadap pihak lain.

Local Goverment Task

Local Goverment Task adalah sebuah sistem perencanaan, pelaksanaan dan pencapaian tugas yang diberikan mulai dari Kepala Daerah ke seluruh organisasi pemerintahan hingga individu. Dengan demikian tugas tugas bisa ditracking dan dilihat pencapaiannya dengan efektif dan efisien.



Local Goverment Management User

Local Goverment Management User adalah sebuah sistem yang mengatur semua pengguna dalam sistem Local Goverment Space mulai pengguna individu, organisasi dan level aksesnya. Level akses dibagi sesuai dengan struktur organisasi dan level organisasi. Kepala Daerah berikan akses ke seluruh organisasi, tetapi tidak semua organisasi bisa melakukan akses ke sektor lain atau ke atas.

Local Goverment Email Management.

Local Goverment Email management adalah sebuah feature yang bermanfaat untuk komunikasi pemerintahan, yang berisi tentang seluruh email organisasi dan individu. Dengan email manajement memudahkan untuk koordinasi seperti undangan rapat, menyebarkan produk hukum dan lain lain.

Local Goverment Chat / Communication

Local Goverment Communication adalah sebuah feature dimana para pengguna bisa melakukan komunikasi melalui chating dan juga bisa digunakan untuk melakukan absesnsi online.



Dengan feature feature Local Goverment Space tersebut Pemerintah Daerah akan mampu untuk efisiensi waktu, tempat, biaya dan mampu meningkatkan pencapaian kinerja dengan lebih efektif dan efisien. ( supriadi asia ).

Bagikan manfaatnya..