Bisnis Pemerintahan

Langkah Pertama BUMDes Model Canvas Dalam Perencanaan BUMDes.

BUMDes Model Canvas adalah suatu tool atau alat untuk memvisualisasikan sebuah perencanaan bumdes lebih lengkap dengan beberapa variable atau blok sebagai komponen dalam perencanaan Badan Usaha Milik Desa. Sehingga dalam merencanakan sebuah badan usaha milik desa, kita memiliki kerangka pikir dan kerangka kerja serta mudah untuk dikomunikasikan kepada pihak lain, baik pemerintah desa, kepala desa sebagai pembina, pengawas dan bahkan kepada masyarakat. Selain itu juga bisa digunakan sebagai alat untuk musyawarah desa atau musdes oleh Badan Permusyawsaratan Desa.




BUMDes Model Canvas memiki 2 blok utama yaitu Village Resource Planning dan Village Relationship Management. berikut kutipan apa yang dimaksud kedua hal tersebut.

Village resource planning adalah perencanaan sumberdaya desa, perencanaan sumberdaya desa ini merupakan sistem informasi manajemen yang mengolah data dan informasi tentang sumberdaya atau potensi desa. Sumberdaya atau potensi desa terdiri dari sumberdaya manusia (human capital / modal manusia ), sumberdaya alam ( bahan baku atau produk ) dan sumberdaya keuangan ( minus dan surplus keuangan di masyarakat. Ketiga hal tersebut merupakan input dari sebuah ekonomi dalam menciptakan sebuah nilai dan manfaat. Oleh karena di jaman teknologi informasi dan komunikasi dibutuhkan kecepatan untuk melayani konsumen atau masyarakat dengan perubahannya, maka data dan informasi yang merupakan bahan untuk menciptakan produk dan manfaat juga harus cepat untuk diketahui dan diformulasikan dalam bentuk produk atau manfaat. Maka perlu dibuat perencanaan, alat itu yang disebut dengan village resource planning.




Village Relationship Management merupakan manajemen atau pengelolaan hubungan masyarakat desa, baik tentang sumberdaya yang dimiliki dan kebutuhan maupun masalah yang ada dalam masyarakat. Sehingga dengan memiliki sistem hubungan masyarakat di desa akan mudah untuk mengetahui kebutuhan untuk dicukupi, masalah untuk selesaikan dan harapan untuk diwujudkan oleh Badan Usaha Milik Desa kepada Masyarakat.

Selain dua bloak di atas, BUMDes Model Canvas terdiri dari 11 blok sebagai berikut:

BUMDes Model Canvas
BUMDes Model Canvas
  1. Analisa Masyrakat / Konsumen.
  2. Produk BUMDes.
  3. Sistem Promosi dan Distribusi.
  4. Hubngan Konsumen.
  5. Kegiatan Utama.
  6. Sumberdaya Utama.
  7. Parter Utama.
  8. Struktur Anggaran.
  9. Sumber Pendapatan.
  10. Analisa PESTEL.
  11. Kontribusi Terhadap IDM ( Indeks Desa Membangun ).

Maka untuk memahai keseluruhan dari dua blok utama dan 11 blok tersebut, maka dalam kesempatan ini kita akan membahas langkah pertama, yaitu tentang Analisa Masyarakat / Konsumen.

Apa saja variable dalam masyarakat atau konsumen dalam BUMDes Model Canvas?




Ada 4 variable yang harus dianalisa dalam masyarakata atau konsumen dalam BUMDes Model Canvas, yaitu:

Yang pertama adalah menganalisa kebutuhan masyarakat desa yang dijadikan target konsumen, maka dengan mengetahui data dan informasi kebutuhan masyarakat di desa, kita akan memiliki dasar apa yang harus kita ciptakan untuk memenuhi kebutuhan itu oleh BUMDes melalui Village Resource Planning yang telah memberikan pertimbangan sumberdaya apa saja yang dimiliki.

Yang kedua adalah menganalisa masalah masyarkat desa yang dijadikan target konsumen, maka dengan mengetahui data dan informasi masalah masyarakat di desa, Badan Usaha Milik Desa, bisa merencanakan sebuah produk sebagai solusi untuk menjawab masalah masalah di desa. Sebagai contoh adalah adanya masalah keuangan atau permodalan di desa, sehingga BUMDes bisa membuat usaha keuangan mikro ( simpan pinjam ) sebagai solusi sekaligus meningkatkan indeks ketahanan ekonomi dalam bentuk akses permodalan.

Yang ketiga adalah harapan masyarakat desa yang kita jadikan target konsumen BUMDes. Dengan mengetahui harapan maka BUMDes dapat mencitpkan produk maupun solusi lebih memuaskan dan sesuai dengan harapan masyarakat. Sehingga BUMDes benar benar dicintai masyarakat.




Yang ke empat adalah perintah undang undang, bahwa dalam menjalankan usaha bumdes, salah satunya untuk menjalankan perintah undang undang. Ini yang perlu dirumuskan.

4 Variable di atas merupakan hal hal yang mendasari sebuah bumdes direncanakan, 4 variable dalam BUMDes Model Canvas tersebut yang dijadikan alasan atau memotivasi dalam perencanaan BUMDes. Sehingga kalau pengurus, pembina, pengawas dan pihak pihak yang terkait ditanya ” untuk apa bumdes ini dibuat? “. maka bisa dijawab untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, untuk menyelesaikan masalah masyarakat, untuk memuaskan harapan masyarakat dan untuk menjalankan perintah undang undang. Maka Langkah pertama ini akan menentukan langkah selanjutnya dalam membuat produk atau manfaat yang ditawarkan kepada masyarakat. ( supriadi asia / biizaa ).

Untuk mengikuti kuliah online BUMDes Model Canvas dan memiliki tools ( alat ) BUMDes Model Canvas bisa klik BIIZSCHOOL




Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

2 Replies to “Langkah Pertama BUMDes Model Canvas Dalam Perencanaan BUMDes.

Tinggalkan Balasan