Aura Syifa

Langkah langkah persiapan dan solusi laporan Keuangan BUMDes akhir tahun 2020

Akhir tahun merupakan peristiwa bagi setiap perusahaan termasuk BUMDes ( Baadan Usaha Milik Desa ) untuk melaporkan keuangannya. Oleh sebab itu butuh mempersiapkan diri untuk menyajikan laporan keuangan tersebut, baik dalam bentuk neraca, laba rugi, arus kas, perubahan ekuitas ( kekayaan ) hingga catatan catatan penting alam laporan keuangan BUMDes, termasuk pajak.

Langkah apa saja yang perlu dilakukan oleh BUMDes ( Badan Usaha Milik Desa )?




Bagi BUMDes yang sudah memiliki sistem informasi akuntansi akan mudah membuat laporan keuangan, cukup dengan print out laporan keuangan yang dibutuhkan akan bisa disajikan laporan keuangan, tetapi apabila BUMDes belum memiliki sistem informasi akuntansi, pasti mengalami kesulitan apalagi setiap transaksi tidak disertai bukti dan pembukuan. Maka kita akan mengupas berbagai hal apabila BUMDes karena keterbatasannya belum memiliki sistem informasi akuntansi atau aplikasi akuntansi.

Yang pertama dilakukan adalah menganalisa usaha BUMDes, usaha BUMDes masuk sebagai usaha manufakatur, usaha dagang atau usaha jasa. Karena dengan memehami jenis usaha akan bisa digunakan untuk memilih jenis akuntansi yang akan kita gunakan. Untuk menentukan 6 jenis usaha BUMDes sesuai dengan 3 jenis akuntansi, bisa anda baca tulisan sebagai berikut ” Cara memahami jenis akuntansi dengan usaha BUMDes “.




Yang kedua adalah memilih sistem informasi akuntansi BUMDes atau aplikasi akuntansi BUMDes. Untuk memilih pemula dan sekaligus untuk belajar, maka dibutuhkan sistem informasi akuntansi yang mudah dipahami, bisa di edit dengan mudah, bisa membuat akun atau perkiraan sesuai dengan kondisi BUMDes, dan bisa membuat tahu fiskal mundur. Hal ini dilakukan karena kondisi BUMDes yang belum memahami akuntansi dan juga sistem informasi akuntansi. Pada intinya adalah memiliki sistem informasi akuntansi yang edutable ( untuk belajar ). Untuk itu anda bisa menggunakan https://akuntansi.tech merupakan sebuah sistem informasi yang cocok untuk belajar dan dilengkapi dengan totorial belajar serta contoh contoh laporan keuangan yang mudah.

Yang ketiga adalah menyiapkan data data keuangan yang akan di input untuk menjadi laporan keuangan, baik neraca, laba rugi, perubahan kekayaan dan lain lain. Maka dibutuhkan data data transaksi untuk di input atau dimasukan dalam sistem informasi akuntansi. Apabila BUMDes sudah memiliki catatan keuangan atau pembukutan ( debit, kredit, saldo ) atau yang berbasis kas, maka cukup dengan menganalisa dari setiap transaksi atau di dalam bukti pembayaran untuk di input ke jurnal umum maupun jurnal khusus. Setiap bukti pembayaran dianalisa masuk dalam akun atau perkiraan apa dan selanjutnya di input hingga menghasilkan laporan. Pada intinya langkah ke tiga adalah menyediakan data transaksi keuangan.




Yang ke empat adalah menentukan kondisi keuangan atau saldo keuangan dari awal dari dana desa ditransfer ke rekening kas BUMDes yang menjadi saldo awal hingga kondisi existing atau kondisi yang sedang terjadi sekarang. Ini apabila BUMDes di dirikan pada tahun berjalan di tahun 2020, maka sejak ada di rekening bumdes, dan apa saja transaksinya di input hingga memiliki kondisi existing neraca dan laporan laba rugi. Namun apabila BUMDes belum pernah membuat laporan di tahun tahun sebelumnya, maka BUMDes harus membuat saldo akhir di tahun 2019 agar menjadi pijakan pencatatan keuangan di tahun 2020 hingga berjalan. Maka kita memiliki dasar awal melakukan pencatatan / jurnal mulai dari 1 Januari 2020 yang di dasari saldo akhir di tahun 2019.

Yang ke lima atau yang terakhir adalah, dengan menentukan jenis usaha dan jenis akuntansi, selanjutnya menentukan aplikasi ( sistem informasi akuntansi ), mengumpulkan data transaksi, mengetahui kondisi awal atau saldo awal di tahun 2020 dan menginput atau menjurnal transaksi, maka dengan akuntansi.tech akan mudah diperoleh laporan keuangan BUMDes. ( supriadi asia / biizaa ).




Berikut adalah contoh dari laporan keuangan BUMDes:

Laporan Neraca

Laporan Laba Rugi

Laporan Posisi Hutang Nasabah

Laporan Rincian Pengeluaran Tahunan

Laporan Transaksi Jurnal Umum

Laporan Kegiatan Jurnal

Laporan Daftar Detail Pelanggan atau Nasabah

Laporan Customer Trial Balance

Bagikan manfaatnya..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

BIIZAA ASIA
Ada yang bisa kami bantu? .
Image Icon
Profile Image
Biizaa Service Perlu bantuan ? Istirahat
Biizaa Service