Channel Distribusi BUMDes Model Canvas
Bisnis Pemerintahan

Langkah Ke Tiga BUMDes Model Canvas dalam Perencanaan BUMDes | Channel / Distribusi.

Langkah ke tiga BUMDes Canvas dalam Perencanaan BUMDes adalah membangun channel atau distribusi. Namun sebelumnya perlu biizaa sampaikan secara singkat langkah pertama dan kedua dalam BUMDes Model Canvas. Yang pertama adalah menganalisa pasar, baik menganalisa kebutuhan masyarakat untuk dipenuhi, menganalisa masalah masyarakat untuk diselesaikan, menganalisa harapan masyarakat untuk dipuaskan dan menganalisa perintah undang undang, karena BUMDes terkait dengan perintah undang undang terutama Undang Undang Desa dengan semua peraturan pelaksanannya. Langkah yang kedua adalah membangun nilai atau manfaat untuk memenuhi kebutuhan, menyelesaikan masalah, memuaskan masyarakat dan bagaimana perintah undang undang dijalankan.




Langkah pertama digunakan sebagai alasan BUMDes untuk menciptakan produk atau manfaat, sehingga apabila ada yang bertanya mengapa BUMDes menciptakan produk seperti itu, karena untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Sebagai contoh adalah mengapa BUMDes membuat usaha lembaga keuangan mikro, karena langkah pertama menganalisa bahwa masyarakat membutuhkan modal.. Sehingga dalam BUMDes Model Canvas bisa menjelaskan dan mempertanggungjawabkan mengapa suatu produk BUMDes dibuat.

Selanjutnya kita bahas sesuai dengan judul tulisan ini, yaitu langkah ke tiga tentang membangun distribusi dan channel. Distribusi dan channel untuk menjawab pertanyaan.

” Bagaimana manfaat produk BUMDes dapat dinikmati oleh masyarakat? ”




Maka untuk dapat dinikmati oleh masyarakat, maka produk BUMDes harus dibuatkan 2 kanal ( channel ) yang pertama adalah kanal informasi dan komunikasi, sehingga produk tersebut mudah di akses informasinya oleh masyarakat dan tentunya BUMDes membangun suatu kanal informasi agar semua masyarakat tahu ada fasilitas atau manfaat produk dari BUMDes. Yang kedua adalah kanal distribusi barang, bagaimana produk dalam bentuk barang mudah dibeli atau diakses oleh masyarakat konsumen.

Channel Distribusi BUMDes Model Canvas
Channel Distribusi BUMDes Model Canvas.

Contoh kanal informasi dan komunikasi adalah BUMDes memiliki pusat sistem informasi dan komunikasi, seperti website atau toko online, sehingga masyarakat mudah untuk mendapatkan informasi produk, berkomunikasi tentang produk dan juga bertransaksi lebih mudah. Bisa juga melakukan kampanye produk atau promosi produk dengan menyebar brosur, selebaran atau flyer yang berisi tentang informasi produk ke masyarakat. Dengan begitu maka seluruh masyarakat akan tahu tentang produk BUMDes.




Selanjutnya untuk membangun distribusi, distribusi bermanfaat untuk menyalurkan produk BUMDes kepada masyarakat dengan mudah, hal ini dapat dilakukan dengan membangun kurir desa atau bekerjasama dengan toko toko kelontong di desa untuk mendistribusikan produk BUMDes.

Dengan begitu maka akan terjawab pertanyaan, bagaimana produk BUMDes dapat dinikmati masyarakat, yaitu dengan membangun dua kanal atau distribusi, yang pertama adalah membangun kanal informasi dan komunikasi, agar masyarakat mengetahui ada produk dan manfaat di BUMDes selanjutnya adalah membangun kanal distribusi, agar masyarakat lebih mudah mendapatkan produk dari BUMDes.




 << Langkah PertamaLangkah Kedua >>

Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan