Konsumen Pemerintah (Goverment Customer).

Salah satu tugas pemerintah adalah melayani ( service ) bahkan perlu excellent service atau layanan prima. Sebagaimana tugasnya untuk memberikan layanan prima, dibutuhkan customer definition ( gambaran konsumen ). Karena tanpa mampu menggambarkan atau mendeskripsikan konsumen pemerintah sulit untuk memberikan layanan sesuai yang diharapkan dan diamanatkan undang undang.

Dalam tulisan saya sebelumnya pernah saya sampaikan bahwa kepuasan konsumen adalah satu hal perlu dianalisa, disembuhkan dan dikembangkan untuk menangani suatu pemerintahan yang buruk. Oleh sebab itu mamahami konsumen adalah sangat penting. Dan kali ini saya akan menyampaikan siapakah konsumen pemerintah?… Siapakah yang perlu dilayani?…

Mungkin selama ini yang berkembang yang dimaksud pelayanan pemerintah adalah pelayanan terhadap masyarakat (public service) dan fokusnya adalah hanya pada masyarakat. Seiring perkembangan manajemen publik yang harus dilayani oleh pemerintah bukan saja masyarakat, tetapi ada beberapa seiring dengan perkembangannya, yaitu:

  1. Masyarakat / Rakyat / Zitizen, itu pasti. Karena pemerintahan di dirikan oleh masyarakat dan untuk masyarakat, juga oleh masyarakat itu sendiri yang memegang pemerintahan.
  2. Dunis Bisnis, dunia bisnis termasuk korporasi merupakan konsumen pemerintah yang harus dilayani dengan baik, karena kontribusi korporasi juga tinggi, terutama pajak dan pemasukan lain. Ekonomi masih banyak di topang oleh korporasi. Kemudahan Bisnis ( Easy Of Doing Business ) sebagai layanan yang diharapkan oleh dunia usaha. Contoh nyata: Kebutuhan energi, transportasi dan tata ruang yang berkaitan dengan sistem produksi suatu perusahaan.
  3. Pengunjung ( Visitor ), dengan berkembangnya sektor pariwisata yang digaungkan oleh pemerintah, pengunjung perlu diperhatikan dengan baik, perlu dilayanai dengan baik sehingga mampu mengingkatkan kunjungan ke daerah tersebut, dan tentunya meningkatkan perekonomian daerah. Untuk melayani pengunjung dibutuhkan penginapan yang baik, petunjuk petunjuk yang baik dan bahkan sampai tambal ban pun dikondisikan dengan baik.
  4. Stake Holder, atau pemangku kebijakan, hal ini bisa jadi layanan terhadap Dewan Perwakilan Rakyat, BPK, KPK, Pemerintah Pusat, Lembaga Negara maupun Lembaga Pemerintah lain perlu dilayani dengan baik, sehingga memudahkan untuk koordinasi dan saling membangun bersama sama.
  5. Negara Luar, dalam kancah internasional negara luar adalah konsumen yang sangat penting, untuk dilayani sehingga mampu menjalin kemitraan dan kerjasama luar negeri yang baik dan saling menguntungkan.

5 hal tersebut perlu diperhatikan, diukur dan ditingkatkan layanananya oleh pemerintah, khususnya pemerintah daerah yang sadar dan ingin maju melayani konsumennya. @supriadiasia.

Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan komentar

BIIZAA ASIA