Konsep Desa Digital ( Ecosystem )

Desa Digital atau Digital Village merupakan suatu konsep tentang pengembangan desa dengan memanfaatkan teknologi digital baik dalam pelayanan publik maupun pengembangan kawasan, seperti infrastruktur, teknologi informasi, komunikasi, transportasi, zonasi, irigasi / drainasi dan energi. Dengan desa digital diharapkan mampu untuk menurunkan biaya ( cost reduction ) dan meningkatkan pelayanan publik serta taraf hidup masyarakat desa.

Telah kita ketahui bahwa teknologi merupakan suatu alat untuk mengurangi biaya dan meningkatakan kinerja atau layanan, dengan menggunakan teknologi, desa akan lebih maju dan mandiri. Karena bukan lagi tergantung pada daerah bahkan pusat. Dan salah satu jalan adalah dengan memanfaatkan teknologi digital atau yang disebut IoT ( Internet Of Things ).

Internet Of Things adalah jaringan atau koneksi bukan saja manusia, tetapi sudah benda. Dengan Internet Of Thing, maka bisa tercipta:



  1. Smart Energy, yaitu otomatisasi energy, seperti listrik dan lain lain. Dengan Smart teknologi, maka desa dapat membuat listrik sendiri, efisiensi energi dan lain lain.
  2. Smart environment, yaitu lingkungan cerdas, dimana kondisi lingkungan bisa dikendalikan secara otomatis oleh Internet Of Things, seperti suhu, polusi dan lain lain.
  3. Smart Transportation, yaitu transportasi cerdas. Dengan menggunakan transportasi cerdas akan mempercepat perjalanan, menghebat energi dan lain lain.
  4. Smart Farming, pertanian cerdas, dengan smart farming akan mampu meningkatkan hasil panen hingga distribusi dengan baik, mampu menekan biaya dan meningkatkan laba petani.
  5. Smart Village Goverment, layanan pemerintah desa secara elektronik, dengan begitu maka seluruh layanan pemerintahan desa akan di dukung dengan sistem informasi yang baik, sehingga mampu mengurangi biaya serta mampu meningkatkan layanan publik.

Dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan untuk mencapai desa yang mandiri dengan memanfaatkan teknologi. @supriadiasia.

Bagikan manfaatnya..

Bagaimana komentar anda ?