Kompetensi Absolut Pidana Pemilu.

Kita telah mengenal beberapa kompetensi ( kewenangan ) suatu peradilan. Jika terjadi suatu perbuatan hukum siapakan yang berwenang mengadili perkara tersebut. Kewenanga absolute berkaitan dengan jenis peradilan, bisa peradilan agama, peradilan militer, peradilan umum maupun peradilan khsusus lainnya. Oleh karena pemiliha umum belum memiliki peradilan khusus, maka peradilan tindak pidana pemilihan umum masih di bawah Peradilan Umum. Walaupun dalam peradilan umum, tetapi memiliki kekhususan sendiri yang akan kami jelaskan sebagai berikut:

Dalam Pasal 2 huruf b Peraturan Mahkamah Agung No. 1 tahun 2018 menyatakan bahwa Pengadilan Negeri dan Pengadilan tinggi berwenang memeriksa, mengadili dan memutus tindak pidana pemilu yang timbul dari laporan dugaan tindak pidana pemilu yang diteruskan oleh Badan Pengawas Pemilu, Badan Pengawas Pemilu Propinsi, Badan Pengawas Pemilu Kota atau Kabupaten atau Panitia Pengawas Pemilu ( Panwaslu ) Kecamtan kepada Kepolisian Negara Republik Indonesia paling lama 1 x 24 jam ( satu kali dua puluh empat jam ), sejak Bawaslu baik ditingkat pusat, propinsi, kabupaten / kota dan/atau kecamatan menyatakan bahwa perbuatan atau tindakan yang diduga merupakan tindak pidana pemilu.

Hukum Acara

Dalam memeriksa, mengadili dan memutus perkara tindak pidana pemilu maka Pengadilan Negeri dan Tinggi tunduk pada Hukum Acara Pidana, kecuali apabila ditentukan lain dalam Undang Undang Pemilu No. 7 Tahun 2017.

Tentang Upaya Hukum
Banding atas putusan Pengadilan Negeri diajukan paling lama 3 ( tiga ) hari setelah putusan dibacakan. Pengadilan Tinggi memeeriksa dan memutus perkara banding paling lama 7 ( tujuh ) hari setelah permohonan banding diterima. Putusan Pengadilan Tinggi merupakan putusan akhir dan mengikat. Serta tidak bisa dilakukan upaya hukum lain seperti kasasi dalam perkara tindak pidana umum. Semoga Biizaa Manfaat @supradiasia.

Catatan:

Artikel di atas bukan merupakan suatu pendapat hukum ( legal opinion ), melainkan suatu pemikiran pribadi penulis.

Bagikan manfaatnya..