Keunggulan Menggunakan Sistem Informasi Akuntansi Customize

person using MacBook pro

Akuntansi merupakan bahasa keuangan baik kepada share holder ( pemegang saham ), stake holder ( pemangku kebijakan ) dan juga internal manajemen. Di era digitalisasi dibutuhkan strategi tranformasi digital di bidang akuntansi dengan membangun sebuah sistem informasi akuntansi yang sesuai dengan perusahaan ( customize ) dengan keunggulan keunggulan sebagai berikut :


Kolaborasi Antara Divisi dan Invidu.

Sistem informasi akuntansi berbasis web akan mampu mengkolaborasikan baik antar divisi maupun individu, sebagai contoh adalah ketika bagian pemasaran melakukan penawaran produk, maka divisi lain seperti gudang bisa memperkirakan kebutuhan produk. Dan bagian keuangan juga bisa memproyeksi pendapatan yang akan diperoleh dari penawaran tersebut.

Integrasi Data Antar Divisi dan Individu.

Sistem informasi akuntansi berbasis web akan mampu mengintegrasikan data antar indiviu maupun divisi, apabila salah satu divisi melakukan jurnal, maka divisi lain data juga akan berubah menyesuaikan. Sebagai contoh apabila bagian purchasing memesan barang kepada pamasok, maka divisi keuangan akan tahu berapa dana yang harus dipersiapkan untuk membayar.



Otomatisasi Komunikasi Data.

Sistem informasi akuntansi berbasis web akan mampu mengotomatisasi komunikasi dan transformasi data, sebagai contoh adalah pengiriman email secara otomatis kepada pemasok pada saat purchasing melakukan pemesanan. Pengiriman email secara otomatis dan bahwa terjadwal dalam hal penagihan piutang kepada pelanggan. Dengan demikian komunikasi dalam transaksi bisa dilakukan secara otomatis.

Efisiensi Sumberdaya

Dengan sistem informasi akuntasi berbasis web kita akan mampu melakukan efisiensi atau penghematan sumberdaya, baik sumberdaya manusia, sumberdaya waktu, maupun biaya. Sebagai contoh adalah ketika harus mengirimkan dokumen kertas antar divisi maupun dengan konsumen dan pemasok, maka dengan sistem inforamsi akuntansi dapat dilakukan secara otomatis dan paperless atau tanpa kertas.

Meningkatkan Transparansi.

Transparansi merupakan suatu hal yang penting, diantaanya adalah untuk membangun kepercayaan kepada internal manajemen, kreditur, pemegang saham dan juga stake holder. Dengn sistemi informasi akuntansi transparansi lebih dapat dilakukan, karena pihak pihak yang berkepentingan dapat melihat perkembangan keungan dengan hanya memiliki akun dan akses keuangan dengan mudah.


Profit Increase

Dengan menggunakan sistem informasi akuntansi secara otomatis akan mampu melakukan penekanan biaya ( cost reduction ), sehingga mengakibatkan peningkatan laba. Dan selain itu dengan memiliki laporan keuangan yang baik, akan dapat digunakan untuk menganalisa produk atau layanan apa yang menjadi peluang untuk meningkatkan laba.

Tangkas dan Lincah

Perusahaan yang menggunakan sistem informasi akuntansi, akan tangkah dalam menghadapi masalah dan lincah dalam menghadapi perubahan. Sebagai contoh ketangkasan menghadapi masalah adalah dengan mengetahui rasio likuitidas secara real time, maka masalah pemenuhkan kewajiban jangka pendek akan mudah diatasi. Sedang lincah dalam menghadapi perubahan adalah ketika terjadi perubahan permintaan pasar atau trend pasar, karena memiliki data keuangan akan mudah untuk menganggarkan sesuai perubahan, karena memiliki data dan informasi yang cukup untuk digunakan sebagai bahan mengambil keputusan.



Real Time

Sistem informasi akuntansi berbasis web, akan memberikan laporan yang dibutuhkan sebagai bahan untuk mengambil keputusan secara real time, sewaktu waktu. Karena ini merupakan tuntutan perkembangan jaman untuk menghadapi perubahan yang begitu cepat.

Masih banyak lagi, tentang keunggulan ketika perusahaan transformasi digial dalam sistem akuntansinya. Tentang bagaimana cara implementasi digital transformasi dalam bidang keuangan, perusahaan dapat menghubungi kami. ( biizaa.com ).


Bagikan manfaatnya..