Ketrampilan Kepala Desa dalam Membangun Hubungan Dengan Masyarakat.

Kepala Desa memiliki peran penting dalam pembangunan desa, terutama dalam membangun hubungan dengan masyarakat guna mempercepat pembangunan yang partisipatif ( people engagement ). Dan untuk itu seorang Kepala Desa harus mampu membangun kepercayaan serta hubungan baik dengan masyarakar.

Dari uraian di atas, maka Kepala Desa perlu memiliki sebuah ketrampilan yang disebut dengan interpersonal skill. Interpersonal skill adalah ketrampilan mengenal, menghadapi, dan berinteraksi baik dengan individu, kelompok atau masyarakat secara luas.


Lalu apa saja yang ada dalam interpersonal skill?.

Ada banyak jenis interpersonal skill. Ada kurang lebih 50 skill yang di kategorikan dalam interpersonal skill. Skill-skill tersebut ada yang simpel tapi ada juga yang kompleks karena berhubungan dengan banyak orang dan harus di lakukan dengan konsisten.

Contoh interpersonal skill diantaranya :

Listening (mendengarkan) Yaitu ketrampilan mendengar dan memahami masyarakat.

Conflict Management (manajemen konflik) Yaitu ketrampilan menciptakan dan mengelola konflik untuk kemajuan desa. Sebagai contoh adalah membangun  membangun satu dusun untuk memicu dusun lain bergerak untuk membangun.

Conflict Resolution (penyelesaian konflik) yaitu ketrampilan menyelesaikan konflik atau masalah masalah di desa.


ommunication (komunikasi) yaitu ketrampilan menyampaikan pesan pada orang lain. Baik dalam bentuk kata ( verbal ), maupun bahasa tubuh ( non verbal ).

Creative Thinking (berpikir kreatif) yaitu berpikir kreatif atau menciptakan kreatifitas baru terhadap desanya. Mampu berpikir desa mau dibawa kemana dan bagaimana mencapainya.

Diplomacy (diplomasi) yaitu ketrampilan mencapai tujuan dari pihak lain dengan baik tanpa konflik. Sebagai contoh berdiplomasi dengan BPD.

Leadership (kepemimpinan) yaitu ketrampilan menggerakan masyarakat maupun perangkat desa untuk mencapai visi dan misi desa.

Mediating (memediasi) yaitu memiliki ketrampilan memediasi atau menengahi konflik atas sengketa atau masalah di desa.

Motivation (motivasi) yaitu ketrampilan mendorong baik perangkat desa maupun masyarakat untuk bergerak dalam pembangunan.

Patience (kesabaran) yaitu memiliki kesabaran dalam menghadapi masyarakat yang berbagai karakter.

Negotiating (negosiasi) yaitu ketrampilan negosiasi dengan pihak lain untuk mencapai kesepakatan atau win win solution.

Problem Solving (memecahkan masalah) yaitu memiliki ketrampilan memecahkan masalah di desa. Baik masalah dalam pemerintahan desa maupun masyarakat.

Dan ada beberapa ketrampilan yang akan kami bahas di tulisan selanjutnya yang merupakan bagian interoersonal skill sebagai berikut:


Teamwork (kerja sama tim)
Responsibility (tanggung jawab)
Networking
Respect (menghormati orang lain)
Empathy (empati)
Collaborating (kemampuan berkolaborasi)
Team Building (membangun tim)
Providing Feedback (kemampuan memberikan feed back/umpan balik)
Persuading (kemampuan membujuk).

Semoga informasi ini dapat dijadikan oleh Kepala Desa untuk meningkatkan ketrampilannya dalam menjalankan pemerintah desa dan pembangunan. @supriadiasia

Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan