Kepala Desa 5E | Kepala Desa Sebagai Agen Perubahan Desa.

Kepala Desa memiliki peranan penting dalam pembangunan desa, karena setelah lahirnya Undang Undang Desa dan adanya Dana Desa menjadi tumpuan pembangunan bangsa. Dan selain itu Kepala Desa harus mampu menggerakan seluruh elemen masyarakat untuk menuju cita cita yang tertuan dalam RPJMDes yang tak lepas dari keselarasan dengan RPJMD dan RPJMN.

Oleh sebab itu seorang Kepala Desa selain memenuhi syarat normatif sebagaimana diatur dalam peraturan perundang undangan dibutuhkan niai plus untuk mampu mengembang amanah desa. Adapun 3 hal dasar yang perlu dimiliki oleh Seorang Kepala Desa yaitu:



  1. Knowledge ( Pengetahuan ), Pengetahuan Kepala Desa sangat mempengaruhi keputusan yang diambilnya. Karena kualitas keputusan sangat dipengaruhi oleh Pengetahuan Kepala Desa. Apabila seorang Kepala Desa tidak memiliki pengetahuan di bidang anggaran, tentu anggaran tidak akan terencana dengan baik dan tereksekusi dengan baik pula. Bisa jadi gizi buruk terjadi saat Kepala Desa tidak tahu tentang penanganan gizi buruk dengan cara menganggarkan bidang kesehatan  yang baik. Pengetahuan Kepala Desa dapat didukung dengan memaksimalkan Perpustakaan Desa, baik secara online dan offline. Dengan Perpustakaan yang menyajikan informasi atau pengetahuan, maka Kepala Desa dan masyarakat akan mudah untuk mendapatkan dan memanfaatkan pengetahuannya.
  2. Skill ( Ketrampilan ), Selain pengetahuan, maka dibutuhkan ketrampilan. Ketrampilan ini diperoleh dari pengalaman, kebiasaan atau latihan. Seorang kepala desa akan trampil membaca peraturan perundang undangan yang lengkap dengan interpretasi ( penafsiran ) nya akan mempercepat memahami regulasi dan tidak salah menafsirkan suatu peraturan perundang undangan. Maka Ketrampilan Leal Reading ( membaca hukum ) perlu dimiliki dan ditingkatkan.
  3. Attitude ( Perilaku ), selain pengetahuan, ketrampilan maka attitude atau perilaku yang baik seperti kejujuran atau integritas perlu dimiliki seorang Kepala Desa. Karena integritas akan membangun kepercayaan dan kepercayaan akan memudahkan seorang Kepala Desa menggerakan perangkat juga masyarakatnya.



3 Hal tersebut perlu dimiliki secara dasar oleh seorang Kepala Desa. Selanjutnya untuk menghadapi era teknologi informasi dan komunikasi, maka seorang Kepala Desa perlu memiliki 5E kriteria, yaitu:

  1. ENVISION, Envision adalah memiliki visi yang jelas, apa yang dipikirkan, apa yang dilakukan dan apa yang dicapai untuk masa depan, sehingga perangkat dan masyarakat bisa mengikuti dan membantu visi seorang Kepala Desa.
  2. ENGAGE, Engage adalah mengikutsertakan orang lain dalam mengambil keputusan maupun dalam mencapai tujuan. Mampu membangun hubungan baik dengan semua pihak dan mampu berkolaborasi dengan pihak pihak yang membangun desa.
  3. ENERGIZE, Energize adalah mampu memotivasi atau menggerakan pihak lain dengan baik. Mengingspirasi warga desa untuk membangun bersama, sehingga keterlibatan masyarakat sebagai indikator pembangunan bisa lebih tinggi.
  4. ENABLE, Enable adalah selalu membangun kapasitas diri maupun masyarakat dan menerapkan dalam mencapai tujuan desa.
  5. EXECUTE, Executi adalah mampu melaksanakan program program baik desa maupun pemerintah daerah dan pusat sebaik baiknya. Sehingga mencapai tujuan bersama.



5E tersebut selayaknya dimiliki oleh seorang Kepala Desa yang ingin ada perubahan dan kemajuan di desanya. Dan tentu bukan untuk diri sendiri ( kepala desa ), melainkan untuk seluruh masyarakat desa. @supriadiasia.

Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

BIIZAA ASIA
%d blogger menyukai ini: