Kebutuhan SDM dalam E Local Goverment (PEMDA).

Seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang segalaya perlu diputusakan dengan cepat sesuai dengan dinamika masyarakat dan internasional, maka diperlukan transformasi dalam beberapa hal diantaranya:

  1. Manajemen Perubahan ( Change Management ).
  2. Perubahan Budaya Kerja ( Govermet Culture ).
  3. Perubahan Proses Kerja ( Standart Operational Procedure )
  4. Perubahan Regulasi dan Kepemimpinan ( Legislation and Leadership ).



Empat hal tersebut perlu dilakukan perubahan untuk menyesuaikan e-goverment, dan untuk itu dibutuhkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi di bidang teknologi informasi, baik sebagai pengambil kebijakan, penyedia, dan pengguna. Sehingga penerapan e goverment, benar benar bermanfaat bagi seluruh pemerintahan daerah.

 

Selama ini saya telah mengembangkan Techno Quotient, suatu metode untuk menganalisa dan menerapkan teknologi sebagai alat bantu manusia mencapai tujuannya. Techno Quotient, menganalisa kebutuhan SDM dalam suatu organisasi dalam transformasi e goverment. Berikut kompetensi yang dibutuhkan dalam e goverment:

    1. Sebagai Pengambil Kebijakan, dalam hal ini Kepala Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat.
      1. IT Blueprint, mau memulai darimana dan dibawa kemana Teknologi Informasi diterapkan dalama pemerintahan.
      2. IT Management, memahami fungsi dan penerapan Teknologi informasi, terutama Sistem Informasi Manajemen Pemerintahan, yang mengolah data menjadi informasi dan informasi tersebut dijadikan sebagai alat bantu mengambil keputusan mulai dari masyarakat sampai kepala daerah / pejabat.
      3. IT Security, oleh karena data dan informasi pemerintah sangat penting, dibutuhka ketrampilan atau pengetahuan IT Security, sehingga data dan inforamasi penting aman dan valid.
      4. IT System Analyst, yaitu kemampuan menganalisa Teknologi Informasi, alur input ( data ) dan output ( informasi ) dan struktur database yang diharapkan sesuai dengan visi, misi dan program program daerah.



  1. Sebagai Penyedia, vendor atau pelaksana e goverment.
    1. Memilii Sertifikasi Standart Infrasturktur Jaringan, karena akan mengkoneksikan seluruh daerah / wilayah, penduduk dan bahkan barang ketika nanti memasuki era Internet Of Things.
    2. Memiliki Sertifikasi Standart Server, yang mengelola server pemerintah daerah, sehingga mampu memberikan kenyamana, keamanan, jaringan dan ketersediaan data dan informasi.
    3. Memiliki Standart Sertifikasi Programming dan Analyst, sehingga mampu menerjemahkan apa yang dipikirkan dan diinginkan dari pengambil kebijakan untuk diterapka dalam aplikasi ( Software As A Service ).
  2. Sebagai Pengguna dalam ini, aparat pemerintah dan masyarakat.
    1. Memahami Sistem Operasi ( Windows, Linux dan lain lain ).
    2. Memahami Office ( Seperti excell, ms word, dan lain lain ).
    3. Memahami internet, email, sosial media dan lain lain.



Berikut di atas adalah kebutuhan SDM Suatu pemerintahan yang ingin menerapkan E-Goverment untuk menyesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi agar tidak tertinggal dan terpuruk. Bagi pemerintah daerah yang mempunyai cita cita, diharapkan segera menyiapkan sumber daya manusi tersebut.@supriadi asia.


Bagikan manfaatnya..

BIIZAA ASIA © 2021 Biizaa Asia

Education Template