Kalkulator Rasio Pertumbuhan Badan Usaha Milik Desa.

Pertumbuhan Badan Usaha Milik Desa bisa dikembangkan dan diselesaikan masalahnya apabila terukur ” measurable “, apabila tidak terukur akan sulit dikembangkan, karena tidak tahu ukuran kondisi existing ( sedang berjalan ) dan kondisi yang diharapkan ( target ). Dan untuk mengembangkan sebuah Badan Usaha Milik Desa dibutuhkan Tujuan, Ukuran, Target, dan Inisiasi ( aktivitas / usaha ).

Selain itu untuk menyelesaikan masalah masalah Badan Usaha Milik Desa perlu diketahui masalah atau penyakitnya, sehingga dengan mengetahui kondisi dan ukurannya, akan lebih mudah diselesaikan masalahnya. Sebagai contoh masalah keuangan, suatu BUMDes kesulitan dalam kas ( likuiditas ) baik current ratio, cash ratio maupu quict ratio, maka dengan mengetahui ukurannya akan mudah untuk menyelesaikan, bahwa masalahnya adalah likuiditas Badan Usaha Milik Desa. Begitu juga dengan masalah masalah lainnya.




Untuk itu Biizaa telah mengembangkan alat ukur untuk menghitung rasio kesehatan dan pertumbuhan Badan Usaha Milik Desa dari berbagai aspek ( dimensi ) dan berbagai sumber sebagai refefensi. Untuk itu adapun kerangka teori yang dijadikan ukuran rasio dari biizaa adalah di bidang usaha dan bidang layanan publik. Karena Badan Usaha Milik Desa selain usaha juga memiliki fungsi sosial, diantaranya mendukung kemandirian desa dalam ketahanan ekonomi, ketahanan sosial dan ketahanan ekologi ( lingkungan ).

Pada garis besarnya konsep untuk mengukur Badan Usaha Milik Desa, ada 4 kelomkpok besar. Yaitu:

  1. Aspek Management.
  2. Aspek Ekonomi Desa.
  3. Aspek Sosiologi Desa.
  4. Aspek Ekologi / Lingkungan Desa.

Aspek Manajemen berkaitan dengan usaha dan aspek ekonomi, sosioogi dan ekologi merupakan aspek yang sebagaimana tujuan kemandirian desa. Berikut biizaa akan jelaskan aspek tersebut.

Untuk Aspek Manajemen biizaa menggunakan pendekatan balance score card, yaitu alat ukur untuk menjaga performa suatu usaha setelah direncanakan atau berjalan. Ada variable dalam balance score card, yaitu:’

  1. Aspek Kepuasan Konsumen, BUMDes akan diukur kepuasan konsumennya.
  2. Aspek Keuangan, BUMDes akan diukur rasio rasio keuangannya, posisi keuangan maupun pertumbuhan keuangan.
  3. Aspek Pertumbuhan System Manajemen ( Internal ) Badan Usaha Milik Desa.
  4. Aspek Pembelajaran dan Kualitas Sumber Daya Manusia.

Selanjutnya aspek Badan Usaha Milik Desa yang berkaitan dengan tujuan kemandirian desa sebagai berikut:

  1. Aspek Sosial, yaitu mengukur BUMDes dalam berkontribusi terhadap:
    1. Kemiskinan.
    2. Pendidikan.
    3. Kesehatan.
    4. Partisipasi Masyarakat / Keterlibatan Masyarakat / People Engagement.
  2. Aspek Ekonomi, yaitu mengukur Badan Usaha Milik Desa dalam berkontribusi dalam perekonomian desa yang meliputi:
    1. Kontribusi terhadap PAD Desa.
    2. Efisiensi.
    3. Daya Saing.
    4. Nilai Tambah / Inovasi Desa.
    5. Pertumbuhan Ekonomi Desa.
    6. Stabilitas Ekonomi Desa.
  3. Aspek Lingkungan, yaitu mengukur Badan Usaha Milik Desa terhadap dampak dan kelestarian lingkungan hidup desa. Ada beberapa hal, meliputi:
    1. Pencemaran Lingkungan.
    2. Pelestarian Lingkungan.




 

Empat aspek tersebut yang menjadi ukuran pertumbuhan Badan Usaha Milik Desa. Sekaligus menjadi dasar dalam pembuatan aplikasi / kalkulator rasio pertumbuhan Badan Usaha Milik Desa. Sehingga klien Badan Usaha Milik Desa, dapat di check up kondisi existingnya, sekaligus diberikan advice ( nasehat ) atau rekomendasi apa yang harus dipikirkan dan apa yang harus dilakukan oleh pemerintah desa, maupun pengelola Badan Usaha Milik Desa. Sehingga kondisi, tujuan, ukuran, target dan apa yang akan dilakukan untuk tujuan pembangunan desa melalui mekanisme Badan Usaha Milik Desa, dapat dipertanggungjawabkan pada masyarakat dan sekaligus menggerakan masyarakat untuk mendukung BUMDes lebih maju dan memajukan desa.

Ke depan akan direleas aplikasi untuk mengukur pertumbuhan Badan Usaha Milik Desa dalam aplikasi BUMDes Model Canvas yang sudah direlease sebelumnya. @supriadiasia.

Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

BIIZAA ASIA
%d blogger menyukai ini: