Goverment Transformation, sebuah wawasan proses transformasi pemerintahan menuju masa depan.

Seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, dimana kita dihadapkan pada era vuca yang sulit diprediksi, berubah ubah, tidak ada kepastian, saling mempengaruhi dan membingungkan bagi yang tidak memahami. Maka untuk bertumbuh kembang suatu pemerintahan membutuhkan penyesuaian atau bertransformasi sesuai dengan kondisi yang terjadi yang bukan lagi new normal, tetapi next normal, suatu kondisi yang terus berubah ubah.

 

Untuk menghadapi hal tersebut, maka dibutuhkan sebuah wawasan dan peta jalan sebuah pemerintahan baik lokal maupun nasional bertransformasi menyesuaikan kebutuhan, masalah dan harapan masyarakat. Maka kami menyampaikan sebuah gagasan yang diambil dari berbagai sumber dan kami rangkum sebagai pemahaman menuju perubahan yang ideal sebagai berikut.

Pada gambar tersebut terdiri dari enam fase yang terdiri dari:

  1. Pemerintahan mode lama.
  2. Perubahan eksternal.
  3. Perubahan internal.
  4. Tantangan pemerintahan.
  5. Upaya yang perlu dilakukan.
  6. Pemerintahan masa depan.

Pemerintahan modal lama merupakan kondisi pemerintahan sebelum era teknologi informasi dan komunikasi yang memiliki ciri sebagai pelayan masyarakat, keputusan atau proses cenderung terpusat, reaktif atau menunggu untuk melakukan, fokus pada produktivitas atau program progam dan layanan cenderung bersifat umum, tidak lebih spesial dan customize.

Faktor ekternal yang mendorong pentingnya pemerintahan untuk melakukan perubahan atau transformasi menuju pemerintahan masa depan. Perubahan eksternal terdiri dari Harapan masyarakat yang tinggi dikarenakan pengaruh dari luar, terutama luar negeri karena adanya informasi global, perubahan sosial berbasis komuniktas, digital dan perilaku perilaku sosial dari dampak teknologi informasi, perubahan teknologi yang begitu cepat yang harus diikuti agar mampu bertahan dan berdaya saing, pengaruh global, distrupsi dan ekonomi global yang begitu mendorong pemerintahan harus berubah menyesuaikan.

Perubahan Faktor Internal, perubahan internal merupakan keharusan atau keniscayaan untuk menghadapi perubahan ekternal, dengan menyiapkan berbagai hal diantaranya adalah membangun alat atau tools untuk mendukung kecepatan, ketangkasan dan ketepatan pemerintah, karena database tanpa di dikung dengan tools atau alat akan kesulitan untuk mengolah menjadi informasi yang penting, budaya pemerintah yang lebih tangkas dan terampil yang dibentuk dari individu individu berkualitas menjadi sebuah budaya yang tangkas. Kinerja atau perfomance sangat penting untuk menyelesaikan cita cita, visi misi agar tercapai. Ketrampilan, ketangkasan dan kelincahan sangat perlu untuk mengimbangi perubahan dari luar atau eksternal.

Berlanjut..

Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan komentar

BIIZAA ASIA