Goverment Solution Canvas Sebagai Solusi Merencanakan Program Pemerintah Di Era VUCA.

Sejak era informasi dan komunikasi kita telah dihadapkan di era vuca, sehingga kita harus lincah dan tangkas untuk menghadapi begitu cepatnya perubahan karena pengaruh global dan komunikasi yang cenderung horizontal, dari masyarakat ke masyarakat dan berpengaruh secara cepat. Untuk itu dalam sektor publik dibutuhkan alat bantu membangun sebuah program sebagai solusi di era vuca. Dalam hal ini adalah Goverment Solution Canvas.

Untuk memahami GSC ( Goverment Solution Canvas ) perlu kita pahami yang melatarbelakangi adanya GSC, yaitu era VUCA. VUCA adalah singkatan dari volatility, uncertainty, complexity dan ambiguity. Kita kupas satu persatu tentang VUCA sebagai berikut.

 

Volatility, volatility adalah kondisi yang cepat berubah ubah, menguap dan berganti lagi trend. Yang trend hari ini bisa jadi dengan cepat berubah dengan trend yang baru.

Uncertainly, uncertainlay adalah ketidak pastian dan sulit untuk memprediksi masa depan.

Complexity, complexity atau kompleksitas adalah sebuah kondisi yang saling mempengaruhi begitu luas dan saling mempengaruhi.

Ambiguity, ambiguity adalah suatu kondisi kebingunan apa penyebab, akibat dan kondisi yang sedang terjadi.

Kondisi vuca tersebut sangat mempengaruhi sektor publik, dalam hal ini adalah pemerintahan untuk tangkas dan trampil mengikuti perkembangan perubahan yang begitu cepat dan membingungkan. Oleh sebab itu maka Supriadi Asia telah mendesain sebuah canvas untuk merencanakan, memvisualisasi dan mengevaluasi program pemerintah secara komprehensif tetapi lebih sederhana dan mudah.

Goverment Solution Canvas adalah sebuah alat ( tools ) dalam bentuk canvas yang terdiri dari 2 blok utama dan 11 blok langkah. Berikut penjelasan sederhana tentang 2 blok utama dan 11 langkah dalam menyusun program pemerintah.




  1. Perencanaan Sumber Daya Pemerintah, perencanaan sumberdaya pemerintah adalah sebuah sistem informasi dan komunikasi yang terdiri dari data dan informasi sumberdaya keuangan atau modal, suberdaya manusia dan kelembagaan, sumberdaya alat atau infrastruktur dan informasi alam atau lingkungan. Dengan membangun sistem informasi tersebut memudahkan untuk membangun sebuah program pemerintah, karena memiliki data dan informasi yang lengkap sebagai input atau bahannya, yaitu keuangan, sumberdaya manusia, alat atau infrastruktur dan alam. Apapun yang dibutuhkan untuk membangun program, data dan informasi yang dibutuhkan telah disediakan.
  2. Manajemen Hubungan Masyarakat, oleh karena obyek pembangunan utama adalah membangun masyarakat atau citizen centric, maka membangun hubungan dengan masyarakat adalah sangat penting dan vital. Karena dengan membangun hubungan dengan masyarakat akan diketahui kebutuhan masyarakat untuk dicukupi, masalah masyarakat untuk diselesaikan dan harapan masyarakat untuk dipuaskan hingga perintah undang undang untuk dijalankan, karena merupakan kontrak sosial atau perjanjian sosial. Selain itu dengan membangun hubungan baik di masyarakat akan memudahkan mengetahui feedback atau umpan balik atas suatu kebijakan dan perubahan perubahan dinamika di masyarakat mudah diketahui.




Kedua hal di atas merupakan dua blok yang saling keterkaitan sebagaimana dua sisi mata uang, sisi manajemen hubungan masyarakat untuk mengetahui kebutuhan, masalah, harapan dan sekaligus bagaimana solusi tersampaikan sedang perencanaan sumberdaya pemerintah sebagai bahan untuk membuat produk dengan cepat dan tepat sesuai dengan kebutuhan, masalah dan harapan masyarakat. Membangun lini belakang ( sumberdaya dan perencanaan ) untuk menjawab lini depan kebutuhan, masalah dan harapan masyarakat dengan cepat dan tepat, adalah solusi tangkah dan lincah membuat program pemerintah sesuai di era vuca yang terus dan cepat berubah.

Selain terdiri dari 2 blok utama, maka dalam Goverment Solution Canvas, terdiri dari 11 langkah untuk merencanakan sebuah program pemerintah atau layanan publik yang terdiri dari:

  1. Isu / Problem dalam masyarakat sebagai dasar membuat program.
  2. Program Yang Ditawarkan, merupakan program berupa solusi atas isu dan problem masyarakat.
  3. Distribusi, adalah sebuah saluran distribusi baik informasi dan program mudah dinikmati oleh masyarakat.
  4. Hubungan Masyarakat, adalah hubungan baik antara pemerintah dan masyarakat dalam program.
  5. Aktivitas Utama, adalah serangkaian rencana kerja / aktivitas untuk menjalankan program pemerintah.
  6. Sumberdaya Utama, adalah sumberdaya apa saja yang dibutuhkan dalam membuat program pemerintah.
  7. Mitra Utama adalah mitra siapa saja yang bisa dijalin dan mendukung kesuksesan program pemerintah.
  8. Penganggaran adalah bagaimana program pemerintah dibiayai atau dianggarkan.
  9. Sumber Pendapatan, bagaimana program pemerintah memiliki sumber pendapatan atau manfaat.
  10. Analisa dampak / resiko, yaitu analisa dampak atau resiko politik, ekonomi, sosial, teknologi, ekologi dan legal.
  11. Pengukuran, yaitu bagaimana suatu program pemerintah di ukur pencapaian, dimonitoring dan evaluasi.




Untuk langkah langkah satu per satu selanjutnya agar mudah dipahami dan mudah dipraktekan.

Goverment solution canvas akan memudahkan atau menyederhanakan dalam membuat suatu program pemerintah, dengan satu lembar canvas yang terdiri dari 2 blok utama dan 11 blok langkah. Dengan begitu suatu program pemerintah akan mudah dikomunikasikan kepada siapa saja (stake holder) dengan sangat sederhana tetapi sangat mudah untuk dipahami.

Goverment solution canvas dapat digunakan pada kegiatan kegiatan membuat program pemerintah, seperti dalam musdes ( musyawarah desa ), musrenbang dan kegiatan kegiatan sejenis yang fleksibel mengikuti perubahan dengan cepat dan tepat. ( supriadi asia. ).

Berikut adala gamber dari Goverment Solution Canvas.

 

Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan komentar

BIIZAA ASIA