Goverment Revenue Stream | Bagaimana Optimalkan Pendapatan Negara?..

Negara bisa kaya dan makmur tergantung pada pemikir dan pelaksanannya, pemikir atau pengambil kebijakan politik dalam hal ini mulai dari Kepala Desa, Kepala Daerah dan Kepala Pemerintahan perlu memahami Goverment Revenue Stream, bagaimana sumber sumber penerimaan negara di dapat mulai dari desa, kabupaten, propinsi dan suatu negara. Dengan memahami public revenue stream maka negara akan menjadi kaya, karena peka dan tahu darimaan sumber penerimaan di dapat dan bagaimana mewujudkannya untuk kemakmuran dan kesejahteraan suatu negara.

Jika saja kepala desa memiliki kemampuan mengelola revenue, maka mampu menghasilkan pendapatan asli desa yang bagus, seperti penyewaan asset desa, membuka BUMDes yang sebagai distributor produk produk dari desa, membuka jasa jasa seperti desain grafis, desain web dan lain lain yang dilakukan oleh warga desanya. Kemampuan dan ketrampilan mengelola revenue yang dimiliki seorang Kepala Desa akan menentukan kesejahteraan, kemakmuran dan kemandirian keuangan desa.



Begitu juga dengan Kepala Daerah, selain sumber pendapatan normatif ( yang diatur dalam undang undang ) dengan segala ketentuan minimalnya yang harus dipenuhi. Seorang kepala daerah perlu mampu memahami revenue stream, sehingga sumber sumber penerimaan daerah bisa dimaksimalkan dengan memanfaatkan asset daerah, human capital ( aset sumber daya manusia ) untuk diterjemahkan dalam suatu kebijakan daerah beserta regulasi fiskalnya sehingga daerah akan mampu mandiri secara keuangan dan membawa daerah lebih maju dan makmur.

Begitu juga negara, seorang Pemerintahan dan Kepala Negara, juga perlu memahami revenui stream model, dengan begitu seorang presiden bersama kabinetnya sangat paham bagaimana sumber sumber penerimaan negara mampu dioptimalkan, sehingga mampu membawa negara makmur dan maju di bidang ekonomi. Bukan sekedar revenue stream dari dalam negara, tetapi revenue stream di luar negara atau bahkan internasional. Seperti menyewakan asset asset negara untuk kepentingan internasional, tanpa mengganggu kepentingan negara itu sendiri.


Revenue stream sangat perlu dijadikan indikator ( Key Perfomance Indicators ) suatu desa, daerah dan negara demi tercapainya kinerja yang baik dan membuat negara maju. @supriadiasia.

Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Goverment Revenue | Bagaimana Indonesia Bisa Bebas Hutang?..

Rab Jan 23 , 2019
Hutang negara menjai isu penting dalam perbincangan publik bahkan sampai di bawa ke isu politik pemenangan. Isu isu tersebut digunakan saat masih banyak yang belum memahami hutang sebagai sumberdaya ( resource ) untuk mencapai kemakmuran, tetapi hutang yang produktif artinya hutang sebagai pembiayaan sebuah usaha. Bukan hutang untuk membayar defisit […]
Placeholder By Nelio Content
BIIZAA