Goverment Revenue | Bagaimana Indonesia Bisa Bebas Hutang?..

Hutang negara menjai isu penting dalam perbincangan publik bahkan sampai di bawa ke isu politik pemenangan. Isu isu tersebut digunakan saat masih banyak yang belum memahami hutang sebagai sumberdaya ( resource ) untuk mencapai kemakmuran, tetapi hutang yang produktif artinya hutang sebagai pembiayaan sebuah usaha. Bukan hutang untuk membayar defisit anggaran suatu negara. Namun mau tidak mau hutang sangat menjadi beban psikologi masyarakat apalagi dibumbui dengan isu isu politik, agitasi dan propaganda. Melihat dari fenomen tersebut tentu perlu tersobosan bagaimana suatu negara tidak hutang atau bebas dari hutang dan menjalankan kemandiran negara hingga menjadi negara kreditur ( pemberi hutang ) bukan negara debetur ( penerima hutang ).

Sebagaimana pembiayaan suatu negara, selain dibayar dengan pendapatan negara maka bisa menggunakan hutang sebagai instrument pembiayaan. Tetapi hal tersebut bagus dilakukan apabila suatu negara memaksimalkan pendapatan negara dahulu sebelum menentukan hutang sebagai instrument pembiayaan suatu negara. Lalu bagaimana caranya:




Semua tergantung pengambil kebijakan, yaitu presiden dan dewan perwakilan rakyat dalam membawa negara ini, untuk meningkatkan pendapatan atau hutang. Dan dalam hal ini baik kepala pemerintahan dan dewan perwakilan rakyat perlu lebih memahami government revenue atau lebih lengkapnya adalah goverment renvenue stream model ( model pendapatan negara ). Dalam tulisan saya akan mengupas bagaimana suatu negara dapat meningkatkan pendapatan di era disrupsi / teknologi informasi dan komunikasi saat ini. Namun dalam hal ini kami akan menyampaikan hal hal yang bisa meningkatkan revenue stream suatu negara diantaranya adalah:

  1. Pajak (  tax ) adalah sumber pendapatan yang utama dan memiliki peranan penting, kegiatan apa saja yang perlu dibebani pajak perlu dikelola secara maksimal.
  2. Retribusi ( tarif ), adalah sumber pendapatan yang lebih ditekankan pada penerimaan daerah, kepala daerah perlu meningkatkan pendapatan melalui retribusi, baik sumbernya dan pengawalan penerimaan agar tidak bocor.
  3. Fee, dalam hal ini layanan layanan pemerintah dapat dijadikan pemasukan negara. Banyak kegiatan kegiatan yang bisa ditetapkan fee nya tanpa membebani masyarakat. Sebagai contoh fee cetak BPKB dan lain lain.
  4. Lisensi Fee, dalam hal ini negara memberikan lisensi lisensi terntu kepada publik yang perlu ditetapkan biayanya untuk meningkatkan penerimaan negara.
  5. Surplus Public Service, bahwa pemerintah telah memberikan fasilitas fasiltias publik, seperti kereta api, transportasi darat, laut, perusahaan listrik negara, ini harus dipikirkan dan ditingkatkan surplus ( pendapatannya ). Tetap memberikan layanan terbaik dan tetap mendapatkan revenue yang baik pula.
  6. Denda / Hukuman, denda atau hukuman merupakan revenue suatu negara dengan memiiliki dua keuntungan sekaligus, yaitu menjadikan masyarakat lebih baik karena takut denda dan juga ada pemasukan apabila ada denda yang ditetapkan.
  7. Dana Bantuan / Hibah, dana bantuan atau hibah dari lembaga donatur adalah pemasukan yang perlu dipertimbangkan dimanfaatkan dengan baik, diantaranya dana CSR guna meningkatkan pendapatan masyarakat.
  8. Dan masih banyak lagi asset asset negara yang bisa disewakan atau diberikan penambahan nilai untuk meningkatkan pendapatan ( revenue ) suatu negara.



Sebelum hutang maksimalkan pendapatan dan untuk keluar dari hutang adalah dengan menekan pengeluarkan dan meningkatkan pendapatan. Dan hal ini dibutuhkan pemahaman dan ketrampilan dalam mengelola pendapatan ( goverment renenue stream model ). @supriadiasia


Bagikan manfaatnya..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Ada yang bisa kami bantu? .
Image Icon
Profile Image
Biizaa Service Perlu bantuan ? Online
Biizaa Service