ERP ( Enterprise Resource Planning ) sebagai solusi menghadapi perubahan yang begitu cepat.

Di era teknologi informasi dan komunikasi, perubahan begitu cepat baik perubahan trend pasar, perubahan kebijakan pemerintah dan perubahan perubahan lain, menuntut kita untuk tangkas dalam mengambil keputusan, terutama keuangan. Hari ini trend es coklat, bisa jadi besuk sudah berubah trend menjadi es cincau, dan itu mempengarahui mulai dari bahan baku, supplyer, sumberdaya manusia dan keuangan perusahaan. Agar tangkas menghadapi hal seperti itu dibutuhkan sistem yang disebut dengan ERP ( Enterprise Resource Planning ).



Enterprise Resource Planning.

Enterprise Resource Planning adalah perencanaan sumberdaya perusahaan, merupakan sebuah sistem yang mengolah data bahan baku, pembelian dengan pemasoknya, penjualan dengan konsumennya, sumberdaya manusia dan keuangan. Sehingg dengan mengolah data menjadi informasi baik pembelian, penjualan, stok, sumberdaya manusia dan keuangan, memudahkan untuk mengambil keputusan perencanaan dalam perusahaan.

Ilustrasi Enterprise Resource Planning



Ilutrasi entrprise resource planning adalah ketika CRM ( Customer Relationship Management ) menemukan sebuah peluang dalam bentuk kebutuhan Es Coklat, maka dengan ERP ( Enterprise Resource Planning ) dengan mudah mengetahui kebutuhan untuk membuat es coklat apa saja, pemasok siapa saja, sumberdaya manusia yang dibutuhkan siapa saja, dan pemasaran kepada siapa saja tersaji dalam Enterprise Resource Planning, sehingga perusahaan mudah untuk merencanakan dan membuat produk Es Coklat hingga menjualnya.

Apa saja yang terdapat dalam Enterprise Resource Planning

Enterprise Resource Planning menyediakan beberapa feature dalam keuangan sebagai berikut :

Purcahing

Purchasing atau pembelian, merupakan sebuah proses pembelian pada pemasok dengan feature feature sebagai berikut :



  1. Pemesanan, dengan feature ini perusahaan bisa melakukan pemesanan melalui email secara otomatis dan data pemesanan disimpan dalam sistem, sehingga tahu barang apa yang dipesan perusahaan.
  2. Pemesanan belum selesai, dengan feature ini perusahaan akan mengetahui pesanan apa saja yang belum selesai atau belum dikirimkan kepada perusahaan.
  3. Penerimaan, merupakan feature untuk mencatat penerimaan atas barang yang dipesan perusahaan.


  4. Tagihan Pemasok, merupakan feature untuk mencatat tagihan dari pemasok setelah barang telah kita terima untuk selanjutnya kita bayar baik secara tunai maupun secara kredit.
  5. Pembayaran Pemasok, merupakan feature pembayaran pemasok baik secara kredit ( dibayar sebagian ) atau secara tunai ( dibayar keseluruhan ).

Di atas merupakan sistem pembelian dalam ERP ( Enterprise Resource Planning ) sehingga memudahkan untuk melakukan pembelian, mecatat pesanan, penerimaan, tagihan serta pembayaran dan laporan hutang pemasok dengan mudah.



Penjualan

Penjualan merupakan feature dalam ERP ( Enterprise Resource Planning ) yang terdiri dari feature feature sebagai berikut :

  1. Penawaran, merupakan feature untuk bagian pemasaran untuk melakukan penawaran langsung melalui email dan data siapa saja yang ditawari akan tersimpan dalam database ERP ( Enterprise Resource Planning ).
  2. Order Penjualan, merupakan sebuah feature setelah melakukan penawaran dan terjadi deal, maka bagian pemasaran dapat input order pesanan, sehingga order pesanan ini dapat dilihat dari devisi lain seperti bagian produksi atau gudang untuk diproses produksi dan pengiriman.


  3. Pengiriman, merupakan feature untuk mencatat setelah barang dipesan lalu dikirimkan oleh bagian gudang atau produksi, sehingga setelah dicatat dalam pengiriman, maka bagian lain seperti penagihan bisa melihat untuk dilakukannya penagihan.
  4. Tagihan Pelanggan, merupakan sebuah feature untuk mencatat tagihan pelanggan setelah dilakukannya pengiriman barang.
  5. Pembayaran Pelanggan, merupakan feature untuk mencatat pembayaran pelanggan baik secara tunai maupun secara kredit, sehingga ada laporan piutang pelanggan.

Di atas merupakan feature feature penjualan alam ERP ( Enterprise Resource Planning ).



Inventory ( Stok )

Inventory atau stok dalam ERP ( Enterprise Resource Planning ), merupakan feature untuk mencatat barang masuk baik bahan baku, barang dagang atau barang jadi dalam pembelian dan barang keluar dalam penjualan, sehingga stok ini secara otomatis terintegrasi dengan pembelian dan penjualan.

Manufaktur / Perakitan

Manufaktur atau perakitan merupakan feature untuk mengolah bahan baku menjadi barang jadi yang langsung secara otomatis mengurangi stok bahan baku dan menambah barang jadi serta biaya biaya tambahan ( overhead ), dalam proses manufaktur.



Keuangan

Keuangan merupakan feature keuangan secara umum, baik jurnal umum dan laporan laporan keuangan seperti neraca dan laba rugi secara otomatis.

Dengan adanya ERP ( Enterprise Resource Planning ) ini seluruh divisi dan bagian dalam ERP sudah terintegrasi dan saling mempengaruhi, sehingga dengan melakukan transaksi seperti penjualan, akan otomatis mempengaruhi stok dan apabila pembayaran dilakukan secara kredit, maka langsung dapat dilihat piutang pelanggan, begitu juga dalam pembelian.



Untuk memahami lebih lanjut dalam pemanfaatan ERP ( Enterprise Resource Planning ) dalam perusahaan anda, silahkan menghubungi kami di link whatsapp di bawah ini :

Profile Image
Image Icon
Biizaa Service Perlu bantuan ?
Hubungi Kami !
Istirahat

 

Bagikan manfaatnya..