Customer Acquition BUMDes agar disayang masyarakat dan dicintai konsumen.

Customer Acquisiton Bumdes

Customer Acquisition BUMDes. Dalam setiap usaha butuh konsumen, begitu juga dengan Badan Usaha Milik Desa. Karena konsumen merupakan nafas dari sebuah usaha atau bisnis. Jika bisnis biasa hanya cukup memiliki konsumen, maka dalam BUMDes selain memiliki konsumen harus bermanfaat dan di dukung oleh masyarakat. Agar kinerjanya baik. Oleh sebab itu maka BUMDes membutuhkan apa yang disebut dengan Customer Acquisition BUMDes.

Customer Acquisition BUMDes adalah sebuah cara atau manajemen bagaimana masyarakat bisa menjadi konsumen yang loyal kepada BUMDes. Dengan memiliki konsumen yang loyal, maka Badan Usaha Milik Desa, tidak lagi bingung mencari konsumen untuk membeli produknya. Karena telah memiliki database dan hubungan baik dengan konsumen yang tentunya juga masyarakat. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana cara membangun customer acquisition bumdes di masyarakat?..



Yang pertama adalah dengan cara menganggarkan biaya customer acquisition, yang tentunya telah terukur investasinya. Sebagai contoh adalah menganggarkan untuk biaya promosi. Biizaa ambil contoh, apabila BUMDes memiliki usaha tempat wisata atau cafe, maka bumdes dapat menganggarkan salah satu kuliner untuk digratiskan. Kita ambil contoh adalah makanan atau snach onde onde. Dengan membagikan onde onde gratis ke seluruh pengunjung tempat wisata bumdes, secara otomatis pengunjung telah merasakan satu onde onde yang dibagikan. Dengan merasakan onde onde yang berkualitas, maka konsumen tentu ingin membeli lebih banyak, tidak hanya satu, tetapi bisa lima atau sepuluh atau dibawa pulang buat oleh oleh. Dengan demikian maka bumdes telah memiliki pelanggan onde onde. Dan tentunya dalam manajemen acquisition bumdes data konsumen dicatat baik nama, alamat dan nomor wa nya. Sehingga sewaktu waktu bisa diingatkan tentang produk dengan membuat program diskon bagi yang berulang tahun atau yang lain.



Yang kedua adalah dengan memiliki satu atau dua orang konsumen yang kita sukseskan, maka kita akan banyak memiliki konsumen. Karena sifat manusia adalah mengikuti yang telah sukses. Sebagai contoh apabila Badan Usaha Milik Desa membuat usaha jasa pelatihan manajemen bersama biizaa, dan selanjutnya usaha tersebut mampu membuat pemuda menjadi sukses di desanya. Maka secara otomatis pemuda pemuda yang lain akan ikut menjadi konsumen atau peserta pelatihan.

Masih banyak teknis teknis customer acquition bumdes sesuai dengan produk atau usahanya, tetapi pada dasarnya adalah bagaimana sebuah badan usaha milik desa, mampu untuk mengumpulkan data konsumen, mengolah menjadi informasi untuk mengambil keputusan keputusan pemasaran badan uaha milik desa. Dengan memiliki data dan informasi konsumen, bumdes tidak lagi bingung mencari konsumen dan lebih jelas arah pemasaran juga usahanya. Untuk itulah perlu customer acquition bumdes.



Customer acqution bumdes, merupakan bagian dari CRM ( Customer Relationship Management ) BUMDes, dan apabila daerah apabila BUMDes anda membutuhkan CRM BUMDes untuk meningkatkan kepuasan masyarakat dan konsumen dan tentunya meningkatkan laba dan PADes Desa. Maka bisa mengundang kami untuk memberikan presentasi atau workshop tentang CRM BUMDes ( Customer Relationship Management BUMDes ). ( Supriadi Asia / Biizaa ).

Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •