Contoh Layanan Desa Cerdas Dalam Otomatisasi Layanan Masyarakat

Di era teknologi informasi untuk efisiensi biaya dan meningkatkan layanan masyarakat Desa butuh menerapka desa cerdas ( smart village ). Berikut kami berikan contoh layanan desa cerdas dalam otomatisasi layanan masyarakat yang bisa di desa.

Desa Cerdas Adalah ?

Desa cerdas adalah desa yang menerapkan otomatisasi dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi baik dalam pengelolaan pemerintahan desa maupun dalam melayani masyarakat dengan tujuan efisiensi biaya dan meningkatkan layanan masyarakat.



Bagaimana Efisiensi Biaya ?

Efisiensi biaya bisa terjadi pada pemerintah desa yang lebih mampu menekan sumberdaya baik tenaga, pikiran, waktu dan biaya dalam layanan publik, sebagai contoh dengan otomatisasi layanan masyrakat bisa langsung mengisi form dengan menggunakan ponsel dan selanjutnya print sendiri dan tinggal ajukan tanda tangan, stempel dan nomor registrasi surat ke desa.

Efisiensi biaya juga bagi masyarakat yang tidak harus mengantri layanan,  tidak bolak balik transportasi, tetapi cukup dengan mengisi form data bisa langsung terkirim ke sistem desa, dan desa bisa bisa langsung downlaod surat, ditandatangani kepala desa, di stempel serta diberikan nomor registrasi surat, dan masyarakat tinggal mengambilnya.



Bagaimana Meningkatkan Layanan Masyarakat ?

Smart Village atau desa cerdas akan meningkatkan layanan publik, baik dari informasi seperti syarat yang dibutuhkan, kemudahan mengajukan, dan kecepatan dalam memberikan layanan masyarakat. Dengan demikian maka masyarakat akan lebih dipermudah dan layanan memuaskan.

Bagaimana Meningkatkan Indeks Kepuasan Masyarakat ?

Dengan adanya platform atau aplikasi layanan publik online dengan mengisi form, maka desa sekaligus dapat menyajikan surver tentang kepuasan masyarakat, sehingga desa memiliki tolok ukur dalam meningkatkan layanan masyarakat. Dan data tersebut bisa ditampilkan langsung dalam form web desa, sehingga mengetahui kepuasan masyarakat terhadap layanan desa cerdas.



Tanda Tangan Digital

Dengan adanya Undang Undang ITE maka tandatangan digital diakui, dan dalam form sistem layanan desa cerdas dapat dibuat feature tanda tangan digital, sehingga pemohon juga dapat langsung menandatangani secara digital.

Pembangunan Database Desa

Selain hal di atas, maka desa dapat membangun database atas form yang diisi untuk masyarakat, sehingga database tersebut dapat ditampilkan sebagai informasi desa. Sebagai contoh adalah data permohonan ijin keramaian, maka desa cerdas dapat menyajikan data tersebut di web desa.



Apa saja yang dibutuhkan ?

Yang dibutuhkan untuk membuat desa cerdas ( smart village ) sebagai berikut :

  1. Hosting, tempat menyimpann data.
  2. Domain, nama domain sebagai alamat di dunia maya.
  3. Sistem Desa Cerdas, yang disediakan oleb biizaa.com
  4. Sumberdaya Manusia, yang ditraining oleh biizaa.com

Untuk mengetahui bagaimana contoh desa cerdas ( biizaa smart village ), bisa mengunjungi halaman berikut : CONTOH IJIN KERAMAIAN

Semoga apa yang kami sampaikan memberikan gambaran dan motivasi untuk membangun desa cerdas dalam layanan masyarakat bersama biizaa. ( biizaa.com ).

Bagikan manfaatnya..