Gratis aplikasi akuntansi 6 bulan ?
Image 2020 10 23 094406

Contoh Laporan Keuangan Usaha Jasa ( Sewa dan Simpan Pinjam ) BUMDes dan UMKM.

Bahasa bisnis adalah akuntansi, karena dengan akuntansi dapat disajikan laporan keuangan yang bisa dipahami baik oleh manajemen, stake holder atau pihak yang berkepentingan, seperti pajak dan lain lain, juga share holder atau pemegang saham. Sehingga dengan akuntansi dan laporannya, sebuah bahasa dapat dikomunikasikan dengan mudah.




Telah kita ketahui bahwa pada dasarnya akuntansi terdiri dari akuntansi perusahaan jasa, akuntansi perusahaan dagang dan akuntansi perusahaan manufaktur atau pabrikasi. Dalam kesempatan ini, kami akan memberikan pengetahuan, ketrampilan dan contoh akuntansi dan laporan keuangan di bidang jasa, khususnya di bidang sewa tenda dan kredit simpan pinjam.

Yang pertama kita lakukan adalah memahami akuntansi jasa itu sendiri. Akuntansi jasa diperuntukan untuk perusahaan jasa, perusahaan jasa adalah perusahaan yang menjual jasa yang bersifat tidak berwujud ( intangible ) namun memberikan manfaat pada konsumen. Sebagai contoh adalah sewa tenda dan kredit simpan pinjam yang kita gunakan contoh. Tidak ada penambahan barang kepada konsumen, tetapi konsumen mendapatkan layanan baik atas manfaat barang atau layanan seseorang.

Yang kedua kita memahami karakteristik akuntansi perusahaan jasa. Oleh karena yang dijual jasa, maka pendapatan dari perusahaan tersebut adalah pendapatan jasa, bukan penjualan atau selisih dari harga pokok penjualan dengan penjualan. Tetapi dalam akuntansi perusahaan jasa, pendapatan jasa dikurangi dengan biaya operasional yang menghasilkan laba atau rugi.




Yang ketiga adalah memahami siklus akuntansi Perusahaan Jasa yang pada pokoknya terdiri dari beberapa tahap sebagai  berikut:

Tahap 01:
Tahap pertama dalam siklus akuntansi perusahaan jasa adalah melakukan analisis terhadap transaksi. Alat yang digunakan untuk menganalisis transaksi adalah dengan sistem akuntansi jurnal berpasangan ( debit vs kredit ).

Dalam menggunakan sistem ini untuk melakukan analisis terhadap sebuah transaksi, caranya begini:

Pahami penjelasan transaksi untuk menentukan transaksi tersebut masuk pada pos aset, kewajiban, modal, pendapatan atau beban?

Tentukan pengaruh ( lawan ) transaksi terhadap pos-pos tersebut, menambah atau mengurangi. Ikuti aturan debit kredit untuk mencatat transaksi.




Tahap 02:
Input Jurnal, input jurnal sesuai dengan analisa, sebagai contoh adalah input jurnal modal yang dimana kita mencatat modal kita kredit dan kas kita debit, apabila dimasukan kas. Contoh gambar di bawah ini:

Image 2020 10 23 094406

Tahap 03:
Tahap ke tiga adalah menindahkan transaksi yang kita input ke akun buku besar atau ini yang disebut dengan poting, tetapi dalam aplikasi yang kita gunakan sudah secara otomatis masuk dalam pos pos buku besar. Namun apabila manual kita akan melakukan langkah manual untuk memposting ke buku besar.

Tahap 04:
Tahap ke empat adalah menyusun laporan keuangan dan di dalam aplikasi tersebut telah disediakan menu menu laporan keuangan yang dibutuhkan, sebagaimana gambar di bawah ini:

Image 2020 10 23 095024

Tahap 05.
Yang ke lima adalah membuat ayat jurnal penutup sesuai dengan periode tahun akuntansi yang digunakan.




Berikut adalah contoh contoh laporan keuangan akuntansi Jasa, khususnya simpan pinjam dan persewaan alat:

  1. Laporan Customer Trial Balance
  2. Laporan Daftar Detail Pelanggan atau Nasabah
  3. Laporan Kegiatan Jurnal
  4. Laporan Laba Rugi
  5. Laporan Neraca
  6. Laporan Posisi Hutang Nasabah
  7. Laporan Rincian Pengeluaran Tahunan
  8. Laporan Transaksi Jurnal Umum

Berikut link aplikasi Akuntansi BUMDes & UMKM.

Apakah tulisan ini bermanfaat?...

Klik bintang untuk menilai

Rata Rata Penilaian 0 / 5. Jumlah Vote: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan manfaatnya..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

BIIZAA ASIA
Ada yang bisa kami bantu? .
Image Icon
Profile Image
Biizaa Service Perlu bantuan ? Online
Biizaa Service