Laba-dalam-Laporan-Keuangan-Akuntansi-BUMDes

Contoh Laporan Keuangan BUMDes Bidang Pariwisata | Download.

Laporan keuangan BUMDes adalah bahasa bisnis yang akuntable untuk disampaikan kepada baik stake holder ( Pemangku Kepentingan ) seperti masyarakat, pajak, pemerintah daerah maupun share holder ( pemegang saham ) Badan Usaha Milik Desa. seperti desa, investor dari masyarakat atau kreditur. Sehingga dengan laporan keuangan dapat disampaikan BUMDes dengan jelas dana diperoeh darimana, digunakan untuk apa dan menghasilkan apa.




Dan dalam membuat laporan keuangan BUMDes tergantung jenis usaha BUMDes untuk disesuaikan dengan jenis akuntansinya. Maka apabila usaha di bidang pariwisata lebih cenderung menggunakan akuntansi jasa, atau akuntansi usaha yang bergerak di bidang jasa. Berikut kami sampaikan secara sederhana akuntansi agar masyarakat awam akuntansi mudah memahami laporan keuangan BUMDes di bidang pariwisata.

Secara sederhana akuntansi akan menjawab dengan mudah dan akuntable pertanyaan sebagai berikut?

Dalam Laporan Keuangan BUMDes dana diperoleh dan menjadi kewajiban darimana?




Sehingga dengan neraca akan mudah untuk menjelaskan pasiva atau kewajiban bahwa dana BUMDes diperoleh darimana saja, dalam contoh neraca yang bisa di download, dana BUMDes diperoleh dari:

  1. Dana Desa atau Penyertaan Modal Desa.
  2. Dana Masyarakat atau investasi Masyarakat.
  3. Dana Investor atau pihak ketiga.
  4. Dan hutang Badan Usaha Milik Desa.

Gambar neraca bisa di lihat di bawah ini:

Sehingga setelah memahami dana BUMDes diperoleh darimana, maka dalam laporan keuangan BUMDes dapat disampaikan dana digunakan untuk apa saja, atau menjadi harta ( aktiva ) apa saja, dan BUMDes dapat menjelaskan akvtiva dalam neraca dalam bentuk:




  1. Harta Lancar.
  2. Harta Tetap.
  3. Piutang.

Sehingga dana dapat dijelaskan digunakan untuk harta lancar sebagai contoh ditaruh di bank, di taruh di kas, atau menjadi piutang jangka pendek. Sebagaimana gambar dibawah ini:

Dari dana diperoleh ( pasiva ) dalam bentuk kewajiban ( modal ) / hutang dan digunakan untuk ( aktiva ) dalam bentuk harta lancar maupun harta tetap juga piutang, maka dari kegiatan operasionalnya akan menghasilkan sebuah laba rugi. Dan dalam laporan laba rugi tersebut, maka bisa didapatkan informasi bahwa laba atau rugi merupakan pendapatan dikurangi biaya ,sebagaimana gambar di bawah ini:

Pendaptan-Laporan-RUgi-Laba-BUMDes
Pendaptan-Laporan-RUgi-Laba-BUMDes

Dari pendapatan tersebut dalam laporan laba rugi akan dikurangi biaya sebagai berikut:




Biaya-Laporan-Rugi-Laba-BUMDes
Biaya-Laporan-Rugi-Laba-BUMDes

Dan dari pendapatan dalam laporan pendapatan dan biaya keuangan BUMDes tersebut maka akan diketahui berapa laba atau rugi BUMDes sebagai berikut:

Laba-dalam-Laporan-Keuangan-Akuntansi-BUMDes
Laba-dalam-Laporan-Keuangan-Akuntansi-BUMDes

Dari neraca dan laporan laba rugi dalam laporan keuangan BUMDes tersebut dengan jelas dapat disampaikan dana diperoleh darimana, digunakan untuk apa dan menghasilkan apa. Maka komunikasi atau bahasa keuangan Badan Usaha Milik Desa lebih dengan mudah disampaikan kepada desa, masyarakat, badan permusyawaratan desa dan lain lainnya.




Hal hal yang perlu diperhatikan adalam membuat laporan keuangan BUMDes dalam usaha pariwisata adalah memahami bahwa usaha pariwisata merupakan usaha jasa, sehingga dalam merancang datau mendesain akun perkiraan sesuai dengan usaha pariwisata yang utama adalah apa saja pendapatan dan apa saja biaya serta apa saja peralatan sebagai aset atau harta tetap BUMDes yang digunakan untuk usaha tersebut.

Untuk lebih mudah memahami, silahkan dowload contoh dibawah ini:

1 Contoh Laporan Laba Rugi BUMDes Pariwisata 

2 Contoh Laporan Neraca BUMDes Pariwisata

3 Contoh Laporan Rincian Pendapatan dan Biaya 1 tahun Pariwisata

4 Contoh Laporan Rincian Transaksi Seluruh BUMDes Pariwisata

5 Contoh Laporan Riwayat Transaksi atau Jurnal BUMDes Pariwisata

Contoh contoh laporan keuangan BUMDes bidang pariwisata tersebut diatas, akan memberikan gambaran secara mudah bagaimana membuat laporan keuangan BUMDes bidang pariwisata.

Contoh Kemudahan Aplikasi Akuntansi UMKM dan BUMDes.




Bagikan manfaatnya..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BIIZAA ASIA