Contoh Analisa Hukum Menggunakan LAC 1365 KUHPerdata.

LAC atau Legal Analytic Canvas adalah sebuah alat bantu untuk menganalisa sebuah peristiwa atau perbuatan hukum terhadap suatu peraturan perundang undangan sehingga memudahkan  kita untuk membuat pendapat hukum ( legal opinion ). Tentang Legal Analytic Canvas sudah kami sampaikan dalam tulisan sebelumnya.




Dalam kesempatan ini, biizaa akan menyampaikan contoh analisa terhadap suatu peristiwa robohnya sebuah tower jaringan telekomunikasi yang menimpa sebuah hotel sehingga mengakibatkan kerugian bagi pemilik hotel karena kelalaian atau kesalahan dari pemilik tower tersebut.

Dalam analisa tersebut dikupas mulai dari adanya kerugian atau suatu masalah, selanjutnya menganalisa subyek hukum, perbuatan hukum, akibat hukum dan kerugian kerugian yang di derita sebagai dasar untuk menganalisa. Juga menganalisa pembuktian pembuktian dan mendesain sebuah posita ( fundamentum petendi ) sebagai dasar gugatan dan membuat pula petitum apa yang dimintakan oleh penggugat.

Sebagaimana permintaan pembaca ada yang memohon contoh analisa kasus 1365 KUHPerdata, maka kami buat dan kami sampaikan kepada pembaca biizaa ( Biizaa Reader ). Kami akan terus mengembangkan tools, aplikasi hukum untuk mendukung kinerja aparat penegak hukum di Indonesia.




Untuk lebih lanjut silahkan membaca dahulu Legal Analytic Canvas selanjutnya anda dowload contoh serta form Legal Analytic Canvas 1365KUHPerdata.

  1. Template Legal Analytic Canvas.
  2. Contoh Legal Analytic Canvas 1365 KUHPerdata.

Semoga bermanfaat dan mohon disebarluaskan untuk membangun hukum di Indonesia.

Disclaimer: LAC ( Legal Analytic Canvas ) sekedar alat bantu, bukan merupakan advice.




 


Bagikan manfaatnya..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Ada yang bisa kami bantu? .
Image Icon
Profile Image
Biizaa Service Perlu bantuan ? Online
Biizaa Service