Cocokah saya sebagai Kepala Desa?… Ayo Kita Cek Dengan Analisa DISC.

Untuk memilih karir baik dalam politik maupun dalam perusahaan kita perlu memahami psikologi kita sendiri. Agar kita mampu mengembangkan diri dan mampu bekerjasama dengan orang lain. Dengan memahami kepribadian sendiri dan memahami orang lain akan tercipta hubungan yang baik dan saling mendukung.



Untuk mengenal kepribadian ada beberapa hal untuk mengenalnya. Ada yang membagi dengan  4 tipe kepribadian manusia yakni sanguinis, plekmatis, koleris dan melankolis. Ada juga yang dengan menggunakan DISC yang dikembangkan oleh seorang yang bernama William Moulton Marston. DISC itu terdiri dari:

    1. Dominance, adalah kepribadian yang ingin tantangan, menyukai keputusan yang cepat, tidak takut dalam konflik, percaya diri dan memiliki visi yang besar dalam lingkungannya. Kepribadian ini yang akan menuntut baik terhadap diri sendiri maupun orang lain. Jika dalam keadaan terdesak cenderung kurang komunikatif dan kurang memiliki pendekatan emosional kepada lingkungan. Kepribadian ini cocok sebagai leader atau pemimpin.
    2. Influence, adalah kepribadian yang suka berhubungan dengan orang lain, sahabatnya banyak dan bekerja dengan orang lain. Kepribadian ini antusias dan semangat, mudah percaya kepada orang lain dan sangat menghargai orang lain. Nyaman dalam sebuah kelompok namun memiliki kecerobohan dan tidak rapi atau teliti. Lalu profesi apa yang cocok dengan kepribadian seperti ini, yaitu: Presenter, Negosiator, Motivator dan lan lain.
    3. Constienciouness, yaitu kepribadian yang memiliki kesabaran, tekun dan perhatian. Tenang dan tidak bosan terhadap kebiasaan rutin. Menyuaki ketenangan, tidak menyukai konflik dan tidak menyukai perubahan. Cenderung memilih teman dan menghindari konflik. Lalu profesi apa yang cocok dengan kepribadian seperti ini, yaitu: Staf Adminisrtrasi, Asisten dan sejenisnya.
    4. Steadindess, Kepribadian ini memiliki ciri yang menyukai hal hal yang detail atau sempurna, mengikuti prosedur dan tanggungjawab. Kepribadian ini dalam kelompok penuh pertimbangan, kritis, menyukai kesempurnaan, memiliki standart pekerjaan dan serius dalam menjalankan pekerjaan. Namun kepribadian ini lambat dalam mengambil keputusan dan kurang dapat menerima perubahan dalam kelompok. Lalu profesi apa yang cocok dengan kepribadian seperti ini, yaitu: Akuntan, Auditor, Keuangan dan sejenisnya.



Di atas merupakan dasar kepribadian yang dimiliki oleh seseorang, untuk menjadi seorang Kepala Desa, Kepala Daerah kita harus mampu mengembangkan diri ( self development ) sesuai dengan kebutuhan pekerjaan. Bagi yang menjadi kepala desa tetapi masih cocok menjadi staf administrasi, maka segera mengembangkan diri dalam hal kepemimpinan ( leadership ) dengan mengembangkan kepribadian maka kita akan lebih bisa menyesuaikan dengan tuntutan pekerjaan. Untuk test kepribadian dengan disc system silahkan menghubungi wa kami, kami akan kirimkan link nya. @supriadiasia.

Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

BIIZAA ASIA
%d blogger menyukai ini: