Laporan Neraca Keuangan Bumdes

Cara Mudah Menyampaikan Laporan Keuangan BUMDes | Download Contohnya.

Laporan Keuangan BUMDes, selain dilaporkan dalam bentuk tulisan atau data, pengurus BUMDes perlu memiliki ketrampilan bagaimana cara melaporkan keuangan dalam bentuk presentasi sehingga mudah dipahami oleh pihak pihak yang berkepentingan, seperti Pembina ( Kepala Desa ), Pengawas maupun BPD ( Badan Permusyawaratan Desa ) pada saat pelaporan dalam Musdes ( Musyawarah Desa ). Dan bahasa yang tepat untuk digunakan dalam laporan keuangan BUMDes adalah akuntansi, karena akuntani atau sistem informasi akuntansi merupakan bahasa keuangan usaha atau dalam hal ini BUMDes. Apabila belum bisa akuntasi dan belum memiliki aplikasi akuntansi yang mudah, bisa ikut pelatihan di sini.




Untuk mengkomunikasikan laporan keuangan BUMDes yang utama perlu kita sampaikan adalah 2 hal sebagai berikut yaitu:

  1. Neraca Keuangan BUMDes ( Posisi Keuangan BUMDes ).
  2. Laporan Laba / Rugi Keuangan BUMDes ( Hasil dari Operasional BUMDes ).

Yang pertama adalah bagaimana kita menyampaikan neraca laporan keuangan BUMDes. Neracana menjelaskan tentang sebuah posisi keuangan, yang secara awam dapat kita sampaikan dana diperoleh darimana, digunakan untuk apa dan menghasilkan apa serta posisi kekayaan terakhir seperti apat. Gambar di bawah ini adalah contoh laporan neraca keuangan BUMDes:

Laporan Neraca Keuangan Bumdes

Laporan Neraca Keuangan Bumdes

Dari gambar tersebut bisa kita jelaskan, bahwa menyampaikan laporan keuangan dimulai dari No 1, Yaitu pasiva. Pasiva adalah kewajiban yang berupa modal dan hutang, maka untuk menyajikan laporan keuangan bumdes dimulai dari berapa pasiva atau modal yang disetor oleh Desa, Penyertaan modal dari masyarakat atau hutang dari pihak lain. Di sini pengurus bumdes bisa menyampaikan dana diperoleh darimana saja dan jumlahnya berapa.




Selanjutnya pada No 2, tentang aktiva atau harta yang terdiri dari harta lancar yang terdiri dari kas dan piutang serta persediaan kalau BUMDes punya usaha dagang dan manufaktur. Selain harta lancar ada harta tetap atau aktiva tetap yang merupakan harta dalam bentuk gedung, kendaraan dan peralatan peralatan usaha. Dengan demikian di No 2 tersebut pengurus bisa bercerita Dana diperoleh dari mana di No 1 dan digunakan untuk apa saja secara seimbang di No 2. Harta yang diperoleh harus sama atau seimbang dengan harta yang digunakan.

Selanjutnya pada No. 3 adalah tentang laba atau rugi, laba atau rugi adalah hasil dari aktivitas perputaran uang di No. 2. Jadi dana yang diputar untuk kas, persediaan, peralatan dan lain lain itu menghasilkan laba atau rugi. Jika menghasilkan laba akan menambah kekayaan BUMDes, jika mengalami kerugian akan mengurangi kekayaan BUMDes.

Pada No 4 atau adalah ekuitas atau kekayaan BUMDes. Kekayaan BUMDes adalah posisi keuangan BUMDes yang dihitung dari modal awal ( posisi pasiva ) ditambah atau dikurangi dengan laba atau rugi. Apabila laba maka akan ditambahkan dan apabila rugi maka akan mengurangi harta semula. Contoh pada gambar tersebut di atas sebagai contoh:

Pasiva semula Rp. 115.000.000 + Laba Rp. 400.000 maka kekayaan BUMdes menjadi Rp. 115.400.000 karena telah mengalami laba Rp. 400.000.




Sekarang yang ke dua adalah tentang menyampaikan laporan laba rugi, laba rugi diperoleh dari Pendapatan dikurangi dengan Biaya, menghasilkan rugi / laba. Perhatikan gambar di bawah ini:

Laporan Laba Rugi Bumdes
Laporan Laba Rugi Bumdes

Dari gambar di atas dapat diceritakan bahwa selama periode akuntansi, mendapatkan pendapatan darimana saja dan berapa jumlahnya di jelaskan pada No. 1 di gambar. Selanjutnya dari pendapatan tersebut dikurangi biaya lihat No. 2. Baik biaya operasional maupun di luar operasional. Maka pendapatan di kurangi biaya akan menghasilkan laba atau rugi. Apabila pendapatan lebih besar dari biaya maka BUMDes akan mengalami laba. Sebaliknya apabila biaya melebihi laba, maka akan mengalami kerugian. Pada gamber dengan No. 3 menunjukan posisi BUMDes laba atau rugi. Sebagai contoh di gambar tersebut mengalami laba Rp. 400.000.

Berikut cara mudah dan sederhana menyampaikan laporan keuangan BUMDes kepada pihak lain, dengan metode mudah, dana diperoleh darimana, digunakan untuk apa, menghasilkan apa, dan posisi terakhir keuangan BUMDes seperti apa. ( supriadi asia / Biizaa Asia ).




Contoh Laporan Neraca dan Laba Rugi bisa di downloa di bawah ini:

  1. Neraca Saldo BUMDes Simpan Pinjam.
  2. Laporan Laba Rugi BUMDes Simpan Pinjam.

Video Video Akuntansi BUMDes.

[youtube videoid=”eumpe-gsRSo” height=”100%” width=”100%”]

Summary
Cara Mudah Menyampaikan Laporan Keuangan BUMDes | Download Contohnya.
Article Name
Cara Mudah Menyampaikan Laporan Keuangan BUMDes | Download Contohnya.
Description
Selain menyajikan data dan informasi keuangan harus bisa menyampaikan dengan penjelasan verbal.
Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan komentar

BIIZAA ASIA