Cara Mencatat / Jurnal Penyertaan Modal Desa Ke BUMDesa

Dalam Akuntansi BUMDesa menjurnal atau mencatat dalam sistem informasi akuntansi adalah hal yang penting untuk dipahami, berikut kami sampaikan cara atau teknis dalam menjurnal, terutama menjurnal atau mencatat penyertaan modal dari desa hingga melihat hasil neracanya sehingga kita ketahui posisi keuangan BUMDes.




Yang pertama dilakukan dalam sistem informasi akuntansi adalah masuk ke sistem, sebagai contoh kita masuk ke sistem Akuntansi Tech  setelah kita memasukan username dan password, dan kita disajikan pada halaman / dashboard akuntansi, maka kita lakukan hal sebagai berikut:

Langkah pertama adalah kita pilih menu Bank dan Jurnal Umum > Input Jurnal hingga kita disajikan pada halaman di bawah ini:

Yang kita lakukan adaha dengan mengisi tanggal transaksi, tanggal transaksi akan otomatis terupdate sesuai tanggal, namun apabila kita melakukan transaksi di lain tanggal, kita perlu menyesuaikannnya.

Selanjutnya kita menganalisa bukti transaksi dalam hal ini adalah slip atau bukti transfer dari rekening kas desa ke rekening badan usaha milik desa. Setelah menganalisa kita memasukan mulai dari keterangan akun, mengisi debit dan kredit yang tentunya Tabungan BUMDesa Debit dan Penyertaaan Modal Desa Kredit sebagai pencatatan rekening kas desa ditransfer untuk rekening tabungan bumdes sebagai penyertaan modal, lalu kita tambah barang sebagai eksekusi atas transaksi.




Selanjutnya kita iput memo besar dengan keterangan transaksi, yaitu telah diterima transfer penyertaan modal desa dari rekening kas desa ke rekening bumdesa. Untuk lebih jelas hasilnya, bisa melihat gambar di bawah ini:

Setelah mengisi semua form jurnal, yang dilakukan adalah proses jurnal, dengan demikian tercatat sudah transaksi yang kita lakukan, yaitu transfer penyertaan modal desa ke rekening bumdesa yang akhirnya kita disajikan pada halaman untuk cek jurnal atau mencetak hasil jurnal serta upload bukti elektroniknya.

Tanda merah merupakan feature kita bisa mengupload bukti elektronik, dengan cara memfoto bukti dan meng uploadnya dalam sistem informasi akuntansi. Dengan demikian setiap transaksi secara tertata kita bisa memiliki bukti transaksi elektroniknya yang mengikuti transaksi.




Lihat Neraca

Setelah kita input jurnal penyertaan modal desa dengan cara transfer dari rekening kas desa ke rekening kas bumdesa, maka untuk awal kita perlu cek pengaruhnya terhadap neraca. Dan langkah langkah yang perlu kita lakukan adalah melihat neraca sebagai berikut:

Kita pilih Bank dan Jurnal Umum >> Laporan Akun GL hingga kita disajikan halaman sebagai berikut:

Untuk menghasilan laporan neraca kita pilih menu neraca saldo >> selanjutnya kita bisa memilih bentuk laporan apakah pdf atau excell >>  selanjutnya kita pilih waktu laporan yang kita butuhkan dan kita .>> tampilkan laporan, maka secara otomatis akan muncul jendela baru dengan laporan neraca seperti di bawah ini:

Dengan begitu kita telah memiliki neraca yang bisa kita gunakan untuk cek, apakah jurnal penyertaan modal dari rekening kas desa sudah masuk ke tabungan bumdesa. Maka secara otomatis, kita memiliki neraca yang dapat bercerita uang dari rekening kas desa telah ditransfer dan menjadi tabungan badan usaha milik desa.




Di atas merupakan kemudahan kemudahan untuk membuat laporan keuangan BUMDesa. Untuk mengikuti pelatihan dan mendapatkan aplikasi gratis silahkan kunjungi Akuntansi Tech. 

Download Contoh Neraca Transfer Dari Rekening Kas Desa Ke Rekening BUMDesa.

[fvadd]


Bagikan manfaatnya..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

BIIZAA ASIA © 2021 Biizaa Asia
Ada yang bisa kami bantu? .
Image Icon
Profile Image
Biizaa Service Perlu bantuan ? Online
Biizaa Service