Gratis aplikasi akuntansi 6 bulan ?

Business Model Canvas

Business Model Canvas Application

Di era informasi dan komunikasi perubahan begitu cepat, persaingan bukan lagi besarnya usaha atau besarnya modal, tetapi lincahnya untuk berubah dan menyesuaikan perkembangan jaman. Agar cepat mengikuti perubahan perkembangan jaman maka dibuatlah apa yang disebut dengan Business Model Canvas.

Apakah Business Model Canvas?

Bisnis model canvas merupakan sebuah tool dalam strategi manajemen untuk menterjemahkan konsep, konsumen, infrastruktur maupun keuangan perusahaan dalam bentuk elemen-elemen visual.

Dengan bisnis model canvas kita mudah untuk menerjemahkan atau memvisualisasikan bisnis hanya dengan 1 lembar yang terdiri dari beberapa blok sebagaiman gambar di bawah ini:

Business Model Canvas
Business Model Canvas

Apa saja isi ( blok dari business model canvas ) ?…




  1. Peluang Pasar, bahwa bisnis butuh dimulai dari peluang pasar yang terdiri dari kebutuhan konsumen untuk dicukupi, masalah konsumen untuk diselesaikan dan harapan konsumen untuk diwujudkan. Maka apabila kita mengetahui ke tiga hal tersebut dan menggunakan sebagai dasar untuk membuka usaha, maka kemungkinan produk laku tinggi.
  2. Sumberdaya, bahwa untuk menjawab kebutuhan, masalah dan harapan pasar kita butuh memiliki informasi sumberdaya untuk kita rencanakan, baik sumberdaya bahan baku atau sumberdaya alam, sumberdaya manusia dan sumberdana untuk modal.
  3. Segment Pasar, bahwa bisnis dimulai dari segment pasar yang dituju dengan masalah, kebutuhan dan harapan untuk diselesaikan, dengan memiliki gambaran pasar ( captive market ) maka akan mudah untuk menentukan solusi, produk maupun layanan.
  4. Produk Yang Ditawarkan, setelah memahami segment pasar atau pasar yang dituju dengan segala masalahnya, kebutuhan dan harapannya, maka butuh disiapkan solusi, produk atau layanan guna menjawab kebutuhan, masalah dan harapan konsumen tersebut. Maka dibuatlah produk untuk langkah ke empat.
  5. Channel / Distribusi, chanel atau distribusi kita gunakan untuk saluran agar calon konsumen dengan mudah mengetahui informasi dari produk kita hingga dengan mudah pula menikmati atau memanfaatkan produk kita.
  6. Hubungan Konsumen, bahwa konsumen yang telah membeli tetapi butuh dijalin komunikasi agar menjadi pelanggan, teratasi keluhan keluhannya dan bisa menjadi mitra yang baik dan mendukung kemajuan perusahaan.
  7. Kegiatan / Inisiasi, kita harus mampu merencanakan dan menunjukan kegiatan apa saja yang perlu kita lakukan mulai dari akhir hingga perusahaan berjalan.
  8. Sumberdaya, sumberdaya adalah apa saja yang kita butuhkan untuk memproduksi baik jasa maupun produk, diantaranya adalah kebutuhan sumberdaya manusia, sumberdaya alam sebagai bahan baku dan sumberdaya manusia.
  9. Partner, bahwa di era teknologi informasi dan komunikasi dibutuhkan partner untuk sukses, maka kita harus memiliki partner tersebut yang kita masukan dalam business modal canvas.
  10. Struktur Anggaran, struktur anggaran adalah menentukan bagaimana perusahaan dibiayai dan perincian biaya tersebut digunakan untuk apa, sehingga mudah dianggarkan dan dipertanggungjawabkan.
  11. Sumber Pendapatan, sumber pendapatan digunakan untuk mengetahui dalam aktivitas usaha tersebut apa saja yang bisa menjadi sumber pendapatan dari usaha.




11 hal tersebut merupakan blok dan langkah langkah untuk merencanakan usaha menggunakan BMC ( Business Model Canvas ) dan biizaa telah mengembangkan Business Model Canvas dengan menambahkan 2 blok utama, yaitu ERP ( Enterprise Resource Planning ) atau manajemen perencanaan sumberdaya yang merupakan lini belakang perusahaan dan CRM ( Customer Relationship Management ) yang merupakan lini depan perusahaan yang menghasilkan print out sebagaimana contoh gambar di bawah ini:

Contoh Bumsiness Model Canvas

Dengan memiliki perencanaan bisnis seperti gambar di atas akan lebih mudah untuk memvisualisasikan atau mengkomunikasikan rencana bisnis kita. Sedernana tetapi lebih powerfull.

Untuk lebih mudah kami menyiapkan aplikasi BMC ( Business Model Canvas ) yang bisa digunakan sebagai alat bantu merencanakan sebuah usaha anda dengan cukup mengisi form di bawah ini dan akan menghasilkan print out yang kita harapkan dan bisa kita gunakan untuk mengkomunikasikan ide atau rencana usaha.

PETUNJUK PENGGUNAAN

Isi formulir di bawah ini, dengan menjawab pertanyaan. Contoh jawaban silahkan klik tanda (i) di belakang pertanyaan. Selanjutnya klik print out untuk mendapatkannya.

 

 

Untuk mendapatkan hasil print out dapat melakukan donasi ke data di bawah ini:
Donasi via pula reguler085645524839 / 085856959116
Donasi via transfer bankBRI (002) 375201023257535

Contoh Bumsiness Model CanvasCONTOH HASIL

Tool ini bisa dipasang di web lain

Button Order

 




Apakah tulisan ini bermanfaat?...

Klik bintang untuk menilai

Rata Rata Penilaian 0 / 5. Jumlah Vote: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Bagikan manfaatnya..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
BIIZAA ASIA
Ada yang bisa kami bantu? .
Image Icon
Profile Image
Biizaa Service Perlu bantuan ? Online
Biizaa Service