Memahami Desa Wisata, Panduan, Regulasi dan Contoh Peraturannya.

Salah satu cara untuk meningkatkan kemajuan desa adalah dengan memanfaatkan potensi desa baik sumberdaya alam, sumberdaya manusia maupun modal yang dimiliki desa. Dan yang bisa dilakukan adalah dengan mengolah sumber daya tersebut menjadi bermanfaat, baik alam, sumberdaya manusia maupun modal seperti dana desa maupun  anggaran dana desa.


Dalam hal ini biizaa akan membahas tentang bagaimana membangun sebuah desa wisata. Desa wisata bukan sekedar membangun desa untuk memiliki obyek wisata, melainkan satu kesatuan dalam suatu kebijakan publik di desa secara terintegrasi dan berkelanjutan. Mulai dari musdus, musdes, musrenbangdes dan menjadi peraturan desa untuk mendukung desa wisata yang memiliki kekuatan hukum.

Apa saja yang bisa dikembangkan dalam desa wisata:

Yang pertama adalah sumber daya alam, apabila desa memiliki sumber daya alam termasuk budaya, maka bisa dikembangkan dan diolah menjadi bermanfaat untuk menambah pendapatan asli desa serta masyarakat lingkungan.

Yang kedua adalah sumber daya manusia, manusia yang kreatif akan mampu membuat sebuah desa memiliki wisata buatan, seperti kampung Inggris di Pare Kediri. Walau tidak memiliki sumber daya alam atau pemandangan yang bagus namun mampu menciptakan sebuah desa atau kampung yang bermanfaat dan bernilai.


Dan untuk membangun desa wisata, maka dibutuhkan referensi baik pedoman, petunjuk maupun regulasi tentang desa wisata, maka kali ini biizaa akan menyajika beberapa regulasi, contoh regulasi dan petunjuk dalam membangun desa wisata. Yang akan kami sampaikan dibawah ini:

  1. Panduan Pengembanga Desa Wisata Hijau.
  2. Permenpar No 3 Tahun 2018 Ttg DAK Fisik Bidang Pariwisata.
  3. Contoh Perbup Desa Wisata.
  4. Paparan Pengembangan Desa Wisata.
  5. Pedoman Pengelolaan Wisata Berbasis Lokal.
  6. Panduan Desa Wisata.
  7. Contoh Perdes Desa Wisata.
  8. Permenpar Wisata Berkelanjutan.




Semoga denga membaca dan memahami beberapa regulasi, panduan dan contoh kebijakan dalam bentuk peraturan bupati dan peraturan desa akan membangu pengembangan desa wisata di Indonesia. Untuk lebih lengkap pembaca bisa menambahkan di komentar, dan untuk pertanyaan juga bisa di kolom komentar @supriadiasia.

Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan