BUMDev aplikasi yang dibutuhkan untuk mengembangkan BUMDes.

Badan Usaha Milik Desa butuh sentuhan dan dukungan pemerintah daerah untuk mencapai tujuannya, mengatasi masalah masalahnya hingga sesuai apa yang diharapkan oleh desa maupun oleh masyarakat. Untuk itu butuh kebijakan pemerintah daerah dalam hal mengembangkan Badan Usaha Milik Desa. Untuk itu biizaa tech telah mengembangkan sebuah prototype aplikasi tersebut untuk membangun Badan Usaha milik desa. Aplikasi tersebut disebut dengan BUMDev.

BUMDev untuk menjawab permasalahan permasalah Badan Usaha Milik Desa yang selama ini biizaa tech alami, permasalahan permasalahan tersebut adalah sebagai berikut:




  1. Knowledge atau pengetahuan tentang Badan Usaha Milik Desa dan manajemen usaha.
  2. Skill atau ketrampilan untuk menyelesaikan tugas tugas untuk mencapai cita cita Badan Usaha Milik Desa.
  3. Tools atau alat untuk mempercepat dan melipatgandakan hasil dari kinerja Badan Usaha Milik Desa.

Berangkat dari masalah tersebut di atas, maka biizaa tech telah mengembangkan BUMDev dengan feature feature di bawah ini;

BUMDev atau BUMDesa Development adalah sebuah layanan pengembangan Badan Usaha Milik Desa yang terintegrasi serta All In One dalam pengembangan Badan Usaha Milik Desa yang terdiri dari:

Layanan Edukasi.

Yaitu sebuah layanan edukasi baik perilaku atau mindset social entrepreneur, pengetahuan, ketrampilan dan dukungan alat untuk membuka usaha BUMDesa ( Start Up ) menuju layak ( feasiblie ) dan bisa bertumbuh kembang ( scalable ) serta menjadi BUMDes Unggul atau Excellent BUMDes.




Dengan membekali attitude atau perilaku bisnis sosial, maka akan terbentuk kader kader ekonomi desa yang tertampung dalam Badan Usaha Milik Desa. Dengan membekali pengetahuan ( pengetahuan ) tentang bisnis, manajemen dan ekonomi desa akan mampu mengambil keptusan yang tepat yang bukan lagi individu atau parsial, tetapi berkolaborasi dan bersinergi dengan Desa. Dan dengan ketrampilan ekonomi desa, social business dan manajemen akan mampu menyelesaikan tugas tugas dalam menjalankan BUMDesa demi mendukung kemajuan Desa. Serta dengan dukungan alat atau toools atau teknologi mampu menghasilkan berlipat ganda dan berdaya guna.

Tidak hanya itu, dalam BUMDev juga dilakukan sharing educatio atatu edukasi berbagi, masyarakat yang memiliki ketrampilan dan pengetahuan bisa berbagi dan untuk memberikan edukasi kepada yang membutuhkan. Sharing education adalah strategi pengembangan sumberdaya desa dengan cara siapapun bisa jadi guru dan siapapun bisa jadi murid, saling belajar dan mengajar.

Tata Niaga Desa.

Tata Niaga Desa dengan strategi One Family One Business, bahwa setiap keluarga memiliki potensi ekonomi baik aset keluarga berupa tanah, tanaman, kendaraan dan ketrampilan anggota keluarga bisa menciptakan ekonomi. Maka BUMDev memberikan fasilitas untuk membangun usaha usaha keluarga dan di komunikasikan melalui toko onlie BUMDes. Dengan demikian akan mudah ditemukan potensi, peta potensi hingga dihubungkan dengan pasarnya. Dan BUMDes sebagai holding dari keluarga keluarga untuk membangun perkonomian bersama.

Market Linkage.




Market Linkage adalah strategi setelah membangun Tata Niaga Desa, produk masyarakat melalui BUMDes dipasarkan baik ke pasar retail ( langsung ) pasar Industri, dan Pasar Goverment atau pemerintahan. Dengan membangun B2C, B2B, B2G dan P2P akan tercipta pasar dan roda perekonomian yang lebih cepat.

Tools / Peralatan.

Dalam BUMDev disediakan feature peralatan peralatan BUMDesa, mulai dari keangan dengan sistem informasi akuntansi online yang terintegrasi dan bisa diakses baik share holder ( desa dan investor ) serta stake holder ( pemerintah, pajak dan masyarakat ) secara real time akan tahu perkembangan BUMDes. Tidak hanya aplikasi akuntansi, tetapi disediakan pula feature feature alat lain seperti feature untuk check up keuangan BUMDesa dengan rasio rasionya serta kontribusinya terhadap IDM ( Indeks Desa Membangun ).

BUMDev adalah sebuah platform yang bisa digunakan oleh pemerintah desa, daerah dan kabupaten untuk membangun perekonomian yang lebih kuat dan tersistem dengan bagus.




BUMDes adalah hasil riset dan pengembangan dari Biizaa Asia untuk mendukung pembangungan berbasis elektronik untuk mempercepat akselerasi pembangunan melalui pinggiran yaitu desa.

Untuk lebih memahami dan contoh dalam pengembangan Badan Usaha Milik Desa, bisa kunjungi website di bawah ini:

  1. BUMDes Online.
  2. BUMDev Aplication.  

Untuk memahami lebih lanjut tentang BUMDev bisa menghubungi customer service Biizaa Tech.


Bagikan manfaatnya..

BIIZAA ASIA © 2021 Biizaa Asia

Education Template