BUMDes Model Canvas | Tools Bedah BUMdes menuju Kemandirian Desa

BUMDes Model Canvas merupakan sebuah alat untuk memulai usaha Badan Usaha Milik Desa dan alat untuk membedah Badan Usaha Milik Desa dari berbagai aspek di desa. Sehingga Badan Usaha Milik Desa benar benar menjadi solusi bagi pembangunan ekonomi desa, negara dan memenuhi kebutuhan serta memberi solusi masyarakat desa.



Selama ini banyak kendala yang dihadapi dalam mendirikan BUMDes, atau BUMDes sudah berdiri pun tak bisa berjalan, tak mampu memberi kontribusi pada desa dan bahkan bermasalah. Oleh sebab itu BUMDes harus dibedah dengan memperjelas visi dan misi serta proyeksi ke depannya. Menjadi BUMDes yang feasible ( memenuhi kelayakan usaha ) dan layak untuk dijadikan lahan investasi masyarakat desa dan memberikan kontribusi pada pendapatan desa.

Oleh sebab itulah, saya Supriadi Asia telah membuat sebuah Tools atau alat untuk membedah desa dengan nama BUMDes Model Canvas. Dengan BUMDes Model Canvas akan bisa dijelaskan atau divisualisasikan Badan Usaha Milik Desa seperti apa, apa masalahnya dan bagaimana penyelesaiannya, hingga memproyeksi masa depan BUMDes secara terukur dan terpercaya.


BUMDes Model Canvas akan mengelola potensi desa agar bisa dimanfaatkan masyarakat desa secara maksimal melalui Badan Usaha Milik Desa. Menganalisa kebutuhan, masalah dan harapan konsumen / masyarakat desa untuk dipenuhi atau diberikan solusi dari produk produk Badan Usaha Milik Desa. Membangun hubungan dengan konsumen masyarakat desa, serta bagaimana menentukan apa yang dibutuhkan serta pembiayaannya.

Tidak hanya itu, tetapi juga mampu memahami dan mendapatkan laba dari seluruh aktivitas Badan Usaha Milik Desa yang akan mempengaruhi Indeks Pembangunan Desa dan PDRB ( Kabupaten ) dan Per Kapita. Hingga verifikasi aspek hukumnya, sehingga seluruh kegiatan Badan Usaha Milik Desa sesuai dengan koridor hukum yang aman dari resiko resiko hukum.


Dengan BUMDes Model Canvas akan dapat divisualisasikan apa yang dirumuskan, direncanakan dan dilakukan Badan Usaha Milik Desa serta proyeksi laba dan manfaat masa depan. Atau minimal 1 ( satu tahun anggaran ). @supriadiasia.

========================================================================

Jika tulisan ini bermanfaat, mohon untuk disebarkan seluas luasnya untuk pembangunan desa dan negara Indonesia.

========================================================================

Untuk mengikuti atau mengundang workshop BUMDes Model Canvas bisa menghubungi kami via: WA 085645524839

Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •