Vee1

BUMDes 2021 Biaya Rendah Pendapatan Tinggi Dengan VEE ( Village Economic Empowerment )

Tahun 2020 dipenuhi dengan fenomena covid 19 yang telah menurunkan pertumbuhan ekonomi, sehingga dibutuhkan perencanaan BUMDes di tahun 2021 yang pro atau sesuai dengan kondisi, yaitu dengan investasi rendah tetapi pendapatan lebih tinggi. Oleh sebab itu biizaa.com mencari terobosan dengan VEE ( Village Economic Empowerment ) untuk memberikan gambaran, konsep dan aplikasi langsung kepada BUMDes untuk mampu merencanakan sebuah usaha BUMDes dengan biaya atau penyertaan modal rendah tetapi memiliki benefit ( manfaat ) pada masyarakat dan profit ( laba ) serta Pendapatan Asli Desa yang tinggi.

Apakah bentuk VEE ( Village Economic Empowerment ) ?




VEE atau village economic empowerment adalah suatu pemberdayaan ekonomi BUMDes dengan mekanisme korporasi yaitu BUMDes. BUMDes menjalankan sebuah platform atau aplikasi untuk menumbuhkan ekonomi desa bersama sama dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah serta Koperasi di Desa. VEE terdiri dari 3 bagian, yaitu:

Bagian pertama adalah Village Resource Planning, adalah sebuah bagian dari platform VEE untuk membangun database dan informasi sumberdaya desa, diantaranya adalah Sumber Daya Manusia dengan Ketrampilannya hingga di oleh menjadi usaha jasa. Sumberdaya Alam atau alat yang diolah menjadi produk untuk memenuhi kebutuhan di desa maupun dipasarkan ke seluruh dunia. Sumberdaya Uang atau modal baik dimasyarakat atau di pemerintahan desa untuk membiayai peluang peluang usaha.

Bagian kedua adalah Village Value Process  adalah sebuah proses untuk merencanakan dan membuat dari sumberdaya desa baik sumberdaya manusia, sumberdaya alam atau alat, sumberdaya uang untuk dijadikan nilai atau manfaat dalam bentuk produk barang atau jasa. Sehingga dengan mudah dan cepat mengolah sumberdaya menjadi produk sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Bagian ketiga adalah Village Relationship Management adalah sebuah proses mengumpulkan, menganalisa dan melayani masyarakat atau konsumen dengan cepat sesuai dengan kebutuhannya. Dengan village relationship management ini akan ditemukan database dan informasi tentang kebutuhan masyarakat untuk dipenuhi, masalah masyarakat untuk diselesaikan dan harapan masyarakat untuk diwujudkan. Dan pemenuhan kebutuhan, penyelesaian masalah serta mewujudkan harapan ini dengan Village Value Process dengan bahan baku atau sumberdaya Village Resource Planning.




Maka BUMDes dalam Village Economic Empowerment ini menjalankan 3 lini sekaligus, yaitu:

  1. Lini depan ( Village Relationship Management ) mengolah data konsumen, mengetahui kebutuhan, masalah dan harapan konsumen atau masyarakat yang terus berubah.
  2. Lini tengah ( Village Value Process ) mengolah sumberdaya desa untuk menjadi solusi konsumen atau masyarakat.
  3. Lini belakang ( Village Resource Planning ) mengolah sumberdaya baik sumberdaya manusia, sumberdaya alam dan sumberdaya keuangan untuk siap dioleh mejadi produk untuk menjawab kebutuhan konsumen.

Lalu bagaimana proses VEE ( Village Economic Empowerment ) itu dijalankan?




Ada 2 tahapan untuk menjalankan platform VEE ( Village Economic Empowerment ) yaitu dengan dengan cara sebagai berikut:

  1. Membangun Platform, dengan kebutuhan hosting, domain, dan sistem VEE sebagai engine ( mesin ) untuk menjalankan VEE ( Village Economic Empowerment ).
  2. Aplikasi VEE ( Village Economice Empowerment ), aplikasi ini dapat dilakukan dengan:
    1. Input sumber daya, input sumberdaya bukan dilakukan dengan mendata potensi desa, baik keuangan atau modal, sumberdaya alam dan sumberdaya manusia, melainkan masyarakat diberikan kesempatan untuk menginput sendiri sebagai penjual ( seller ). Dengan memposisikan sebagai penjual, maka masyarakat secara otomatis akan memposting produknya, baik berupa barang, jasa atau barang barang yang disewakan ke platform. Dengan begitu akan terkumpul database dan informasi potensi desa, baik berupa jasa, barang maupun barang yang disewakan. Juga uang yang ditawarkan untuk dipinjamkan kepada masyarakat lain.
    2. Proses Nilai, atau adding value, dari produk produk baik berupa barang dan jasa tersebut, BUMDes bisa mengelola menjadi produk baru dari semua sumberdaya di desa dan juga bisa menjual langsung. Maka setelah terkumpul secara sistematis dengan struktur data atau kategori produk, dengan mudah jika ada yang membutuhkan BUMDes telah menyediakan.
    3. Proses Pemasaran dan distribusi, dengan mengumpulkan calon calon pembeli baik pembeli langsung ( konsumen langsung ), industri dengan kebutuhannya, pemerintah desa atau daerah lain yang membutuhkannya atau dengan kata lain memiliki data dan informasi masi tentang kebutuhan, masalah dan harapan untuk dilayani oleh BUMDes dari produk produk baik berupa barang dan jasa yang telah di upload oleh masyarakat.

Apakah fungsi dari VEE sebagai solusi usaha berinvestasi rendah dan berpendapatan tinggi?




Untuk membangun VEE tersebut hanya dibutuhkan biaya terjangkau untuk mendapatkan domain, hosting, dan sistem VEE serta pelatihan operasional dan pendampingan operasional juga pengembangan. Dan pendapatan diperoleh dari fee baik dari penjual dan pembeli, tergantung mengaturnya, juga langsung bisa dipotong atau dipungut PADes dalam transaksinya. Dan manfaat lain adalah dapat menghidupkan roda perekonomian desa.

VEE juga memberikan feature setiap masyarakat mempunyai halaman toko online sendiri yang terintegrasi dengan toko online BUMDes, sehingga dengan leluasa berimprovisasi atas tokonya yang juga disertai dashboard atau halaman laporan penjualan dan analisanya.

VEE sebagai pusat informasi ekonomi desa, dengan memiliki VEE maka potensi dan produk desa baik barang maupun jasa mudah untuk dikomunikasikan, disebarkan atau dijadikan tujuan konsumen yang ingin membeli produk. VEE sebagai pusat transaksi, dengan adanya platform VEE maka transaksi lebih mudah, di dukung dengan pembayaran online dan juga pengiriman yang sudah terintegrasi dengan kurir atau jasa pengiriman. Selain sebagai pusat informasi, transaksi juga sebagai pusat komunikasi, karena dalam setiap produk antara pembeli dan penjual bisa langsung melakukan chat melalui aplikasi tersebut.

 Selain fungsi informasi, transaksi dan komunikasi, juga ada fungsi edukasi, dimana dalam featurenya disediakan tentang pengetahuan, ketrampilan dan alat berupa formulir serta aplikasi untuk mendukung usaha di masyarakat.




Bagi desa atau instansi yang ingin kami presentasi atas program VEE ( Village Economic Empowerment ) bisa menghubungi customer service kami di whatsapp: 085645524839. ( supriadi asia / biizaa.com ).

Untuk mencoba aplikasi silahkan klik gambar di bawah ini:

Vee1
Vee1

Bagikan manfaatnya..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

BIIZAA ASIA
Ada yang bisa kami bantu? .
Image Icon
Profile Image
Biizaa Service Perlu bantuan ? Istirahat
Biizaa Service