Biizaa Village Economic Empowerment Sebagai Solusi Ekonomi Desa.

Dalam mengembangkan perekonomian desa, Biizaa telah mengembangkan sebuah platform yang disebut dengan BVEE ( Biizaa Village Economic Empowerment ), sebuah platform berbasis sharing economic ( ekonomi berbagi ) untuk mempercepat penyelesaikan masalah perekonomian desa, pengentasan kemiskinan dan masalah masalah sosial ekonomi lainnya.

Bagaimana bentuk Biizaa Village Economic Empowerment dalam Solusi Ekonomi Desa?..




Permasalahan ekonomi desa dihadapkan pada beberapa hal, diantaranya adalah akses pasar, akses keuangan, akses pekerjaan dan kondisi sumber daya manusia yang perlu di upgrade agar mampu berdaya saing dalam persaingan dunia kerja.

Permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan dua pendekatan yaitu dengan cara membangun sistem ekonomi berbasis enterpreneurship ( kewirausahaan ) dan berbasis human capital atau modal sumberdaya manusia yang memiliki kemampuan atau kompetensi dalam dua kerja. Intinya menjadi pengusaha atau menjadi tenaga kerja yang kompeten dalam meningkatkan perekonomian desa. Dan dari masalah tersebut maka dibuat dua program utama yang terdiri dari:

SMEs development ( pengembangan UMKM ) dimana dengan memberikan pelatihan, inkubasi, alat dan akses ekonomi baik berupa pasar, modal dan bahan baku lebih mudah dan cepat. Dengan cepat mampu membangun umkm atau pengusaha muda dengan memberikan fasilitas tersebut.




HCD ( Human Capital Development ) yaitu membangun sumberdaya manusia untuk siap menjadi tenaga kerja dan siap untuk menyelesaikan pekerjaan atau disalurkan dalam pasar kerja, untuk itu diberikan fasilitas pelatihan dunia kerja, alat dunia kerja berupa template lamaran, curriculum vitae dan lain lain hingga diberikan akses ke pasar kerja.

Dari masalah ekonomi, pengangguran dan masalah sosial ekonomi lainnya, maka di jawab dengan program SMEs Development dan HCD ( Human Capital Development dalam sebuah platform berbasis teknologi informasi dalam membangun ekonomi desa?…

Yang pertama adalah platform edukasi baik untuk pengusana maupun dunia kerja, dalam sebuah platform tersebut diberikan materi materi tentang usaha dan dunia kerja, sehingga dengan mudah masyarakat untuk belajar, memulai usaha dan berkarir dengan membaca dan belajar dari platform edukasi masyarakat tersebut. Kebutuhan pengetahuan dan ketrampilan dalam usaha ( bisnis ) dan bekerja disediakan dalam platform tersebut.




Yang kedua adalah platform alat ( tools ) baik untuk pengusaha maupun dunia kerja, disediakan alat alat yang dibutuhkan oleh masyarakat desa dalam berbisnis dan mendapatkan pekerjaan. Alat tersebut bisa berupa template template lamaran kerja, curriculum vitae, perjanjian kerja dan lain lain yang dibutuhkan oleh dunia kerja, masyarakat bisa dengan mudah mendownload, mengedit dan menggunakan untuk kepentingan mendapatkan pekerjaan dan meningkatkan karirnya. Dalam pengembangan UMKM maka disediakan alat untuk bisnis, mulai dari template template usaha seperti surat penawaran, template akuntansi atau laporan keuangan, aplikasi atau software dan lain lain dimana masyarakat tinggal download dan menggunakan untuk peningkatan usahannya. Apapun kebutuhan alat dan aplikasi disedikan dalam platform Biizaa Village Development Service.

Yang ketiga adalah adalah platform akses pasar, untuk pengembangan UMKM dibuatkan platform ekonomi berbagai, baik berupa toko online, dimana masyarakat dapat menjual produknya, dapat belanja lebih murah dan mudah ke tetangga dan masyarakat lain bisa menjualkan produk dengan mendapatkan fee penjualan, dimana platform itu dikendalikan oleh BUMDes, atau Badan Usaha Milik Desa. Masyarakat bisa belanjar ( bahan ) memproduksi, menjual dan yang lain bisa belanja dan ikut menjualkan masyarakat lainnya.




Begitu juta untuk tenaga kerja, masyarakat yang membutuhkan tenaga kerja bisa mengupload lowongan baik harian, magang atau tetap dalam platform dan masyarakat lain bisa melamar dengan mudah. Sehingga kebutuhan tenaga kerja dan penyelesaian pengangguran lebih cepat teratasi.

Dari platform tersebut, maka BUMDes ( Badan Usaha Milk Desa ) menjadi pihak yang memegang kendali dari platform, sekaligus menjadi holding UMKM dan Koperasi di Desa terlebih untuk meraih pasar di luar desa, karena seluruh data dan informasi tentang produk barang dan jasa di dalam desa telah diketahui dan bisa di dukung pemasaran ke luar. Maka BUMDes akan membangun apa yang disebut dengan CRM ( Customer Relationship Management ) dimana produk desa dipasarkan kepada pasar pengguna di luar desa, pasar industri dan pasar pemerintahan dengan mudah. Setiap kebutuhan pasar dapat dipenuhi oleh BUMDes ( Badan Usaha Milik Desa ) karena BUMDes telah memiliki data dan informasi produk baik berupa barang atau jasa di desanya.




Dengan demikian, maka Desa dapat menyelesaikan masalah kemiskinan, pengangguran dan ekonomi ( pendapatan desa ) lebih cepat dan lebih berdaya saing dengan menggunakan platform Biizaa Village Economic Empowerment. Contoh dari Biizaa Village Economic Empowerment bisa dilihat di https://pesudukuh.biizaa.com salah satu desa di Kabupaten Nganjuk yang menjadi riset dan pengembangan BVEE ( Biizaa Economic Empowerment ).

Bagi desa lain yang ingin mengembangkan bersama kami, bisa menghubungi customer sercice kami melalui WA 085645524839.




Bagikan manfaatnya..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BIIZAA ASIA