Biizaa Business Model Canvas

Biizaa Business Model Canvas adalah sebuah alat ( tools ) untuk merencanakan atau mengevaluasi usaha dengan sederhana dan mudah tetapi powefull mencakup segala lini dalam usaha. Dengan Biizaa Business Model Canvas calon pengusaha akan mudah untuk merencanakan bisnis untuk menghadapi begitu cepatnya perubahan, terutama perubahan pasar.




Jika jaman dahulu untuk membuat perencanaan usaha dibutuhkan berlembar lembar yang tebal dalam sebuah dokumen hard copy ( satu bendel ), maka dengan Biizaa Business Model Canvas merencanakan bisnis lebih sederhana tetapi mencakup lengkap berbagai hal atau lini dalam usaha, dengan cara cukup mengisi form dan mendapatkan print out hasilnya.

Biizaa Business Model Canvas sebagai alat visualisasi rencana dan review usaha, artinya dengan menyusun Biizaa Business Model Canvas, maka rencana bisnis akan mudah untuk dilihat, disampaikan, dianalisa dan digunakan sebagai dokumen perencanaan usaha. Hanya cukup satu lembar mampu menggambarkan sebuah rencana usaha.




Untuk menjalankan Biizaa Business Model Canvas, cukup dengan mengisi form dan selanjutnya diberikan link untuk mendownload file pdf yang merupakan hasil dari perencanaan usaha.

Langkah langkah memanfaatkan Biizaa Business Model Canvas adalah sebagai berikut :

A. Data Pengguna.

  1. Isikan Nama.
  2. Isikan Alamat Email.
  3. isikan No Telp / Whatsapp.




B. Data Bisnis.

  1. Isikan Peluang Pasar. Langkah pertama adalah mengisi peluang pasar, karena dalam Biizaa Business Model Canvas, diutamakan mencari peluang pasar dahulu sebelum merencanakan usaha. Peluang dapat ditemukan dengan menganalisa kebutuhan pasar untuk dipenuhi, masalah pasar untuk diselesaikan dan harapan pasar untuk diwujudkan.
  2. Isikan Sumberdaya, langkah kedua adalah mengisi sumberdaya yang anda miliki yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan pasar, menyelesaikan masalah pasar, dan mewujudkan harapan pasar, sehingga nomor 2 ini adalah bahan baku untuk memenuhi peluang pasar nomor 1.
  3. Isikan Segmentasi, jika anda sudah menemukan peluang pasar, maka butuh diisikan target atau segmentasi pasar anda agar pasar jelas siapa yang dituju dengan segala peluangnya.
  4. Isikan Nilai Produk, nilai produk adalah manfaat apa yang akan kita tawarkan melalui produk baik barang maupun jasa yang akan kita pasarkan.
  5. Isikan Channel, channel atau distribusi adalah bagaimana produk anda dikenal dan mudah dimanfaatkan oleh konsumen, bisa melalui promosi sosial media dan lain lain.
  6. Isikan Hubungan Masyarakat ( Humas ), bahwa pembeli akan melakukan repeat order atau pembelian berulang jika kita bangun hubungannya dengan baik, oleh sebab itu maka butuh dibangun hubungan konsumen, bisa menggunakan grup whatsapp atu grup grup lain, atau layanan pasca jual.
  7. Isikan Mitra, artinya untuk membangun bisnis sukses dibutuhkan mitra, baik mitra belakang ( pembelian / pembelanjaan ) bahan baku, maupun penjualan seperti reseller, agen, distributor dan lain lain, sehingga jelas siapa partner kita.
  8. Isikan Aktivitas, artinya adalah anda harus menyusun pokok pokok apa saja yang harus anda lakukan dengan membuat rencana atau jadwal kegiatan untuk memulai dan mencapai tujuan usaha anda.
  9. Isikan sumberdaya, yaitu mengisikan sumberdaya apa yang yang perlukan, misalnya kebutuhan sumberdaya manusia, kebutuhan sumberdaya alat, kebutuhan sumberdaya modal, kebutuhan sumberdaya alam dan lain lain, sehingga anda tahu apa yang harus anda persiapkan.
  10. Isikan Struktur Anggaran, untuk memulai bisnis anda perlu mengisi darimana suber dana diperoleh, dan bagaimana menentukan pos pos anggaran dari usaha anda. Sebagai contoh untuk kas, untuk operasional, beli peralatan dan lain lain.
  11. Isikan Sumber Pendapatan, dalam usaha kita harus tahu darimana sumber pendapatan kita, sehingga dengan mengetahui sumber pendapatan dariman mana saja dalam kegiatan usaha akan mudah untuk memperoleh pendapatan dan mengembangkannya.
  12. Isikan Resiko, terutama resiko ekternal baik dalam resiko politik, resiko ekonomi, resiko sosial, resiko teknologi, resiko ekologi, dan resiko legal atau resiko hukum, dengan menuliskan resiko anda akan bisa mengendalikan resikonya.
  13. Isikan Kontribusi Publik, untuk merencanakan usaha kita perlu memberikan kontribusi publik, baik berupa pajak, sumbangan, CSR dan lain lain untuk mendukung usaha kita.




Selanjutnya setelah mengisi data bisnis anda perlu mengisi judul usaha dan deskripsi atau gambaran usaha anda dan selanjutnya tombol KIRIM untuk mengirimkan data.

Setelah melakukan tombol kirim, beberapa saat akan ada konfirmasi kiriman berhasil dan selanjutnya ada link DOWNLOAD, link tersebut untuk mendownload hasil perencanaan usaha anda.

Video Tutorial 

Untuk merencanakan usaha atau mereview usaha anda dengan menggunakan Biizaa Model Canvas, anda dapat mengisi form di bawah ini dan mendownload hasilnya.





    DATA PEMBUAT
    Nama

    E-mail

    No Telp / Whatsapp


    DATA RENCANA USAHA
    1. Apa peluang pasar Anda ?

    2. Apa sumberdaya yang Anda miliki ?

    3. Siapa Segmen Pasar Anda ?

    4. Nilai / Manfaat apa yang Anda Tawarkan Ke Pasar ?

    5. Bagaimana produk Anda dapat dimanfaatkan ?

    6. Bagaimana Anda membangun hubungan dengan konsumen ?

    7. Bagaimana Rencana Kegiatan Anda ?

    8. Sumberdaya ( SDM, Alat, Bahan ) apa yang Anda butuhkan ?

    9. Siapa partner kerjasama sukses Anda ?

    10. Bagaimana Struktur Anggaran usaha Anda ?

    11. Darimana sumber pendapatan usaha Anda ?

    12. Bagaimana resiko usaha Anda ?

    13. Apa kontribusi usaha Anda terhadap masyarakat ?






    Bagikan manfaatnya..
    •  
    •  
    •  
    •  
    •  
    •  
    •  
    BIIZAA ASIA © 2021 Biizaa Asia
    Ada yang bisa kami bantu? .
    Image Icon
    Profile Image
    Biizaa Service Perlu bantuan ? Online
    Biizaa Service