Bagaimana suatu DESA, DAERAH DAN NEGARA BISA BANGKRUT?… Segera Atasi!!!!!!

Dalam akuntansi pemerintah dikenal berbasis kas dan berbasis akrual, dimana akuntansi kas itu difokuskan pada realisasi anggaran yang menghasilkan LRA, berbasis akrual difokuskan pada aset yang menghasilkan neraca. Dan untuk menjadikan suatu desa, daerah negara bisa diselesaikan masalah keuangannya serta ditingkatkan keuangannya adalah di neraca. Dimana neraca bisa mengukur kekayaan / nilai sebuah desa, daerah dan negara serta bagaimana ditingkatkannya. Jika hanya fokus pada kas dan belanja, dapat dimungkinkan negara akan mengalami kerugian bersama sama wajib pajak.


Untuk itu biizaa memperkenalkan GOVERMENT MODEL CANVAS, sebuah canvas untuk membuat rencana program pemerintah serta untuk mengukur keberhasilan pemerintah dalam menjalankan pembangunan. Lalu bagaimana suatu desa, daerah dan negara bisa menjadi miskin dan menanggung hutang yang sulit terbayar?… Perhatikan gambar dibawah ini:

Suatu desa atau pemerintah daerah yang hanya fokus di zona merah, akan cenderung mengalami kemunduran dan kemiskinan, walau kelihatannya megah. Karena menitik beratkan pada sumberdaya alam, manusia ( wajib pajak ) dan ekploitasi sumberdaya manusia dengan gaji kurang layak untuk menjalankan pemerintahan.




Hanya fokus di aktivitas, terlihat sibuk namun kurang fokus kepada hasil, berupa impact pada masyarakat. Fokus kepada mitra mitranya terutama mitra dalam proyek pembangunan. Cenderung fokus bagaimana anggaran habis, sumberdaya manusia terlihat bekerja dan anggaran terealisasi. Cenderung fokus pada anggaran bukan hasil dari anggaran tersebut. Dan masih sesuai dengan hukum, tetapi tidak mengembangkan hukum untuk pendapatan, dan impact terhadap masyarakat.

Jika suatu desa lebih fokus berada di zona merah, dan tidak segera berubah di zona hitam dimana semua aktivitas untuk menjawab kebutuhan masyarakat, dikomunikasikan dan berdiskusi dengan masyarakat, fokus pada pendapatan dan bagaimana impact atau hasil yang dihitung dengan indeks indeks pembangunan, maka dapat di duga desa, daerah atau suatu negara gagal, sebagai amanat rakyat.

Untuk desa dan daerah yang fokus pada zona merah, segera pikirkan dan bergeraklah menuju zona hitam, dimana seluruh kegiatan pemerintahan untuk menjawab kebutuhan, masalah dan harapan masyarakat, serta menghasilkan pendapatan dan peningkatan indeks pembangunan dengan cepat.


Untuk itu Canvas yang terdiri dari beberapa block tersebut menggambarkan bagaimana suatu desa, daerah dikelola dengan manajemen publik yang baik yang berorientasi pada publik ( masyarakat ). Dan Goverment Model Canvas tersebut dapat digunakan oleh pemerintah desa dalam membuat perencanaan / program dan diskusikan dalam musyawarah dusun, musyawarah desa maupun musrenbang ditingkat manapun berada. Kami akan menjelaskan satu persatu dari seluruh block dalam portal biizaa agar bisa dipahami dan digunakan oleh seluruh desa, daerah bahkan nasional. Semoga bermanfaat. @supriadiasia.

Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

BIIZAA ASIA
%d blogger menyukai ini: