Bagaimana Menjelaskan Visi, Misi dan Strategi Badan Usaha Milik Desa?

Badan Usaha Milik Desa, selain memiliki usaha sendiri tetapi juga bisa menjadi holding dari usaha usaha yang ada di desa. Untuk mendapatkan dukungan baik dari pemerintah dan masyarakat atau stake holder lainnya, maka Badan Usaha Milik Desa harus bisa dijelaskan dengan baik visi, misi dan strateginya untuk mencapai tujuan Badan Usaha milik Desa.

OMTI sebagai langkah menjelaskan visi, misi dan strategi Badan Usaha Milik Desa. yang dimaksud dengan OMTI adalah sebagai berikut:

O = Objective

M = Measurable.

T = Target

I = Inisiative.

Objective atau diartikan sebagai tujuan, dalam hal ini Badan Usaha Milik Desa perlu bisa memberikan gambaran tujuan didirikannya Badan Usaha milik desa apa. Visi dan misi Badan Usaha Milik Desa, dirumuskan dan disampaikan dengan jelas kepada stake holder.

Measurable, artinya adalah terukur. Mengaitkan dengan tujuan tujuan Badan Usaha Milik Desa dengan ukuran ukuran tertentu, sebagai contoh adalah tujuan keuangan, tentunya tujuan keuangan adalah pendapatan dan laba, dengan demikian Badan Usaha Milik Desa harus membuat ukuran tentang keuangan, bisa menggunakan rasio rasio keuangan, seperti rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio profitabilitas dan lain lain.

Target, bahwa untuk meningkatkan performa Badan Usaha Milik Desa harus memiliki target yang bagus ( smart ), dengan target kegiatan dan sumberdaya Badan Usaha Milik Desa, lebih bagus dan cepat tercapai sasarannya.

Inisitative, jika sudah memilikii target hasil maka diperlukan target upaya, atau langkah apa yang harus dilakukan untuk mencapai target tersebut, baik langkah tiap hari, tiap bulan maupun tiap tahunnya.

Dengan OMTI tersebut sebuah Badan Usaha Milik Desa akan mudah dipahami oleh stake holder ( pemangku kebijakan ) dan share holder ( pemegang saham ). @supriadi.

========================================================================

Bagaimana membuat konsep dan analisa OMTI Badan Usaha Milik Desa 

Bisa mengundang kami untuk workhop di desa / BUMdes Anda

Dalam Workshop BSC For BUMDes ( Balance Score Card For BUMDes )

========================================================================

Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Pentingnya BSC ( Balance Score Card ) untuk Badan Usaha Milik Desa.

Jum Agu 30 , 2019
Badan Usaha Milik Desa, selain memiliki tujuan profit ( laba ) juga memiliki tujuan sosial. Dan tujuan tersebut harus seimbang agar Badan Usaha Milik Desa mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, terutama masyarakat. Oleh sebab itu Badan Usaha Milik Desa, perlu mempertimbangkan keseimbangan tujuan baik keuangan ( finansial ) maupun non […]
BIIZAA