Bagaimana menceritakan Kondisi BUMDes agar pihak lain paham?…

Badan Usaha Milik Desa selain memiliki kepentingan usaha ( profit ), juga untuk kepentingan sosial yaitu benefit ( manfaat sosial ), diantaranya memenuhi kebutuhan masyarakat, menyelesaikan masalah masyarakat dan membantu harapan masyarakat untuk mewujudkan impiannya di bidang ekonomi.



Oleh karena ada tujuan sosial dalam membangun BUMDes, maka BUMDes harus bisa dijelaskan mengapa di dirikan, bagaimana prosesnya dan bagaimana ramalan ( proyeksi hasilnya ) sehingga masyarakat bisa memahami dan jusru mendukung BUMDes sebagai penggerak ekonomi koiektif yang merupakan holding dari semua usaha di desa, baik usaha mikro, menengah, koperasi, pokmas maupun kelompok usaha lain di masyarakat.

Untuk mampu menjelaskan hal itu dibutuhkan alat ( Tools ) yang dinamakan BUMDes Model Canvas, suatu alat yang mempu menjelaskan hal hal sebagai berikut:



  1. Tujuan BUMDes, yaitu memenuhi kebutuhan, menyelesaikan masalah dan membantu harapan masyarakat atau konsumen di Desa.
  2. Produk / Layanan Apa untuk menjawab atas kebutuhan, masalah dan harapan konsumen atau masyarakat.
  3. Distribusi atau Channel, yaitu bagaimana seluruh masyarakat mampu mengakses atau memanfaatkan produk atau layanan BUMDes.
  4. Hubungan Dengan Masyarakat, yaitu bagaimana BUMDes membangun hubungan dengan masyarakat, sehingga memahami kebutuhan, masalah dan harapan masyarakat serta perubahan perubahannya. Sehingga BUMDes mampu mengikuti perubahan atau perkembangan masyarakat / konsumen.
  5. Aktivitas BUMDes, menjelaskan apa saja aktivitas yang dilakukan BUMDes untuk memenuhi kebutuhan, menyelesaikan masalah dan membantu harapan masyarakat.
  6. Sumber Daya, Sumber Daya apa saja yang dibutuhkan oleh BUMDes untuk memenuhi Kebutuhan, Menyelesaikan Masalah dan Membantu Harapan Masyarakat terwujud. Baik sumberdaya manusia, sumberdaya keuangan, sumberdaya alam dan informasi.
  7. Partner Kunci, yaitu siapa saja yang menjadi partner untuk mensukseskan BUMDes, baik dari Pemerintah Daerah, Pemerintah Pusat, Konsultan dan lain lain.
  8. Struktur Anggaran, Bagaimana anggaran BUMDes baik mulai dari merencanakan BUMDes maupun sudah berjalan, anggaran tahunan yang bisa dijelaskan kepada masyarakat.
  9. Sumber Pendapatan, dalam hal ini BUMDes harus mampu menjelaskan sumber pendapatan yang diperoleh dari kegiatan BUMDes apa saja, misalnya sumber pendapatan PPOB, sumber pendapatan jasa penjualan dan lain lain.
  10. Aspek Hukum, menjelaskan aspek hukum BUMDes, mulai dari dasar hukum, standart akuntansi BUMDes dan lain lain yang menjadi dasar hukum maupun payung hukum BUMDes di dirikan.
  11. Pengaruh Terhadap Pembangunan, dalam hal ini BUMDes mampu menjelaskan bahwa akititas serta pandapatan BUMDes mampu menjelaskan pengaruh terhadap Pembangunan Desa, Indeks Pembangunan Desa, Indeks  Kepuasan Konsumen dan lain lain.



Setidaknya 11 hal ini yang bisa dijelaskan oleh Pengelola BUMDes maupun Desa, sehingga BUMDes mendapatkan dukungan masyarakat dan saling bekerjasama untuk membangun ekonomi Desa. 11 hal tersebut dapat memanfaatkan BUMDes Model Canvas.

Selain hal tersebut di atas, Akuntansi adalah bahasa bisnis, dimana dengan akuntansi bisa dipertanggungjawabkan keuangan BUMDes, proyeksi dan kondisi keuangan BUMDes. Sistem Informasi Akuntansi sangat dibutuhkan untuk menjelaskan BUMDes kepada Masyarakat, Desa, Pengawas dan Pembina. @Supriadiasia.

Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Mengelola Desa / Daerah Ala Universitas Dengan Knowledge Management.

Sel Jul 30 , 2019
Pengetahuan merupakan hal yang penting dalam membangun sebuah daerah. Karena pengetahuan dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan. Seseorang yang tidak mengetahui tentang teknologi akan lemah dalam mengambil keputusan teknologi. Begitu juga dalam pembangunan daerah. Di era internet, pengetahuan berkembang luas dan bisa di akses dimana saja. Dan itu selain […]
BIIZAA