Bagaimana Manajemen Publik Pemerintahan Ke Depan?..

Paradigma ekonomi telah bergeser dari era agraris menuju industri, industri menuju informasi dan ke depan sudah berbasis IoT ( Internet Of Things ) dimana bukan lagi manusia yang dihubungkan ( conecting people ) tetapi sudah benda, manusia dan software yang terintegrasi. Oleh sebab itu manajemen publik pun harus memahami perubahan itu dan memiliki proyeksi atau gambaran pemerintahan ke depan itu seperti apa.

Ada beberapa hal yang biizaa sampaikan dalam manajemen publik pemerintahan masa depan, yaitu:

  1. Cara Pandang Dalam membuat Visi dan Misi Pemimpin Publik.
  2. Perilaku Individu maupun organisasi Pemerintahan.
  3. Proses, Hasil atau Outcome Dari Proses Pemerintahan Seperti Apa.

Yang pertama adalah tentang cara pandang membuat visi misi baik desa, daerah maupun nasional dengan beberapa pendekatan atau lencsa sebagai berikut:

  1. Berorientasi Kepada Masyarakat dengan melakukan pendekatan dan komunikasi dengan masyarakat sebelum menentukan visi dan misi pemimpin, sehingga visi dan misi yang dibuat oleh calon pemimpin publik benar benar menjadi jawaban atas masalah, kebutuhan dan harapan masyarakat.
  2. Keseimbangan Eksternal dan Internal, memahami kapasitas internal pemerintahan sangat penting untuk diselaraskan dengan kebutuhan, masalah dan harapan masyarakat. Apabila tidak ada keseimbangan yang terjadi justru bukan penyelesaian, melainkan gap antara masyarakat dan pemerintah.
  3. Berkelanjutan atau sustainable, artinya dalam membuat visi dan misi pemimpin publik perlu memperhatikan bahwa visi dan misi tersebut bisa dijalankan sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang

Ketiga hal di atas perlu diperhatikan dalam membuat visi dan misi seorang calon pemimpin publik. Selanjutnya adalah tentang perilaku apa yang perlu dimilki oleh pemerintah masa depan, akan kami paparkan dibawah ini:

  1. Ketangkasan / Kelincahan pemerintah dalam menghadapi atau mengantisipasi perubahan perubahan yang begitu cepat, baik ketangkasan dalam bidang pelayanan, keuangan dan menghadapi situasi yang terus dan cepat berubah.
  2. Inovatis, yaitu mampu mendapatkan ide serta mengaplikasikan untuk menjawab kebutuhan, masalah dan harapan publik.
  3. Terhubung, baik dalam internal organisasi pemerintahan atau antar bagian selalu terhubung, ke atas dengan pemerintah pusat selalu terhubung dan ke bawah dengan masyarakat juga selalu terhubung dengan membangun komunikasi yang baik.
  4. Transparan, transparan merupakan hal penting untuk membangun kepercayaan masyarakat dan untuk mengetahui kondisi yang harus dipahami dan diselesaikan bersama sama.

Dan yang trakhir adalah proses dari input, menjadi output untuk menjawab kebutuhan, masalah dan harapan masyarakat dengan hal nomor satu dan nomor dua. @supriadiasia.

Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

BIIZAA ASIA
%d blogger menyukai ini: