Bagaimana Konsep Memahami Masyarakat dalam Pelayanan Pemerintahan?…

Wellfare State adalah suatu konsep bagaimana masyarakat membayar kewajibannya ( pajak / retribusi ) dan selanjutnya pemerintah bertugas menyelesaikan masalah masalah yang bersifat sosial seperti infrastruktur, akses ekonomi, menjaga inflasi dan lain lain. Namun kadang antara kemampuan pemerintah dan harapan masyarakat masih belum bertemu titik ideal ( fit ), sehingga yang terjadi adalah gap, antara harapan masyarakat dan apa yang disajikan oleh pemerintah kurang ideal.

Dalam Goverment Model Canvas ( GMC ) yang telah penulis sampaikan, ada block public segment yang mencerminkan bagaimana kondisi atau profile dalam masyawrakat, ini yang akan kita bahas. Untuk lebih jelas bagaimana Goverment Model Canvas, bisa di lihat gambar di bawah ini:



 

Nomor 1 ( satu ) adalah public segment, merupakan blok untuk menganalisa profil masyarakat untuk dijawab dengan program program pemerintah nomor 2 ( dua ). Sehingga untuk membuat perencanaan pembangunan baik dalam tingkat desa, daerah maupun nasional benar benar memberikan jawaban atas kondisi masyarakat dan bukan kepentingan kepentingan pihak lain yang bukan kepentinga masyarakat yang dominan ( citizen centric ).

Dan di era teknologi informasi dan komunikasi dimana kebutuhan, problema dan harapan masyarakat berkembang pesat, maka perlu dipahami perubahan itu dengan Goverment Model Canvas. Kebijakan pemerintah bukan lagi dominan dari atas ke bawah, melainkan dari bawah ke atas ( bottom up ) yang sinergi dengan dari atas ke bawah ( top down ).  Dan tools GMC ( Goverment Model Canvas ) ini bisa digunakan sebagai alat dalam musdus ( musyawarah dusun ), musdes ( musyawarah desa ) atau dalam musrenbang. Untuk itu perlunya kita memahami public segment atau profil masyarakat. Untuk itu perhatikan gambar di bawah ini:

Untuk merencanakan sebuah program pemerintah dibutuhkan memahami profile masyarakat atau warganya yang terdiri dari 4 segment yaitu:

  1. Menjalankan regulasi, bahwa dalam membuat suatu program pemerintah perlu memperhatikan regulasi regulasi yang harus dijalankan, sebagai contoh adalah regulasi tentang standart minimal pelayanan baik di tingkat desa maupun daerah. Karena regulasi adalah kontrak sosial atau perjanjian sosial yang tertuang dalam undang undang ( peraturan ).
  2. Menyelesaikan Masalah Sosial, menyelesaikan masalah sosial merupakan hal yang prioritas. Dengan mengetahui masalah masalah sosial seperti kesehatan masyarakat, keamanan, ketertiban dan lain lain, akan mampu membuat program pemerintah yang akan menyelesaikan masalah masalah sosial.


  3. Kebutuhan Masyarakat, bahwa untuk mencapai tujuan baik individu maupun masyarakat, tentu masyarakat membutuhkan halhal yang bersifat publik, seperti infrastruktur, baik transportasi, irigasi, drainasi, energi dan lain lain.
  4. Harapan Masyarakat, setelah masyarakat masalahnya bisa diselesaikan, kebutuhan sosial terpenuhi maka kepuasa masyarakat perlu diperhatikan dan dijawab dengan program pemerintah. Sebagai contoh adalah menciptakan layanan prima ( excellent service ) dalam pelayanan masyarakat yang akan memenuhi Indeks Kepuasan Masyarakat yang tinggi.

Ke empat hal tersebut merupakan profile masyarakat yang harus diketahui oleh pemerintah dan disadari oleh masyarakat untuk diwujudkan dalam kebijakan publik secara bersama sama, baik pemerintah, legislatif, yudikatif dan komisi komisi yang mendukung.

Begitu juga antara harapan masyarakat dan kemampuan pemerintah perlu dipertimbangkan sehingga tetap dalam entitas negara yang harmonis, dalam hal ini ada Standart Pelayanan Minimal baik di desa maupun daerah, yang menjembatani antara harapan masyarakat dan kemampuan dari pemerintah. Dan apabila standart layanan pemerintah sudah terpenuhi dan mampu untuk memberikan kepuasan masyarakat, maka akan terjadi kondisi FIT. Dimana kondisi tersebut adalah kondisi yang ideal antara harapan masyarakat dan pelayanan pemerintah. Semoga bermanfaat dan menjadi masyarakat dan pemerintah yang damai dan saling menguatkan. @supriadiasia.

NB:

Bagaimana teknis untuk menganalisa profil masyarakat dan tools ( alat ) nya bisa mengundang team kami Biizaa Solution Provider di No WA: 085645524839

Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

BIIZAA ASIA
%d blogger menyukai ini: