Bisnis Online Shop
Solusi Personal

Bagaimana cara bisnis online shop mampu memenangkan persaingan?

Dunia bisnis online shop memberikan kemudahan tetapi juga memberikan tantangan, karena mudah dan luas itulah muncul persaingan. Dan dalam persaingan dibutuhkan kecepatan. Dan dalam kecepatan dibutuhkan cara binsis online shop yang mampu memenangkan persaingan. Lalu bagaimana binsis  online shop kita mampu memenangkan persaingan?




 

Untuk mampu memenangkan bisnis online shop ada 3 hal yang harus diamankan dahulu sebelum mampu menguasai pasar online shop yaitu lini belakang ( purchasing ), lini tengah ( producing ) dan lini depan ( marketing ) yang akan kita bahas selanjutnya. Untuk apa bisnis online dan bagaimana cara memulainya, bisa  buka tulisan langkah langkah cara bisnis online shop yang tepat. 

Lini yang pertama dalah lini belakang yang harus kita amankan, lini belakang sangat berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis online shop kita, karena akan menentukan keberlangsungan suatu bisnis online shop. Lini belakang tersebut berupa supplyer atau pemasok, bahan baku, sumber pendanaan atau keuangan dan sumber daya manusia yang siap untuk menjadi sumber dari layanan atau produk kita, dan lini belakang tersebut harus kita amankan.




Lini tengah dalam bisnis online shop adalah producing atau operating, dimana mengelola dengan cepat antara lini belakang untuk bisa dimanfaatkan atau digunakan oleh konsumen, sebuah sistem yang mampu menghubungkan lini belakang ( supplyer ) dan lini depan ( konsumen ). System ini harus flexible untuk mengikuti perkembangan konsumen dan kondisi lini belakang ( supplyer / bahan baku ). Salah satu hal yang penting dalam lini producing adalah distribusi atau pengiriman dari produsen ke konsumen. Lini producing atau operating ini yang menghubungkan konsumen dan produsen secara cepat, tetap dan menguntungkan

Lini depan dalam bisnis online shop adalah marketing atau pemasaran, dimana mengetahui konsumen yang memiliki kebutuhan untuk dipenuhi, masalah untuk diselesaikan dan harapan untuk dipenuhi. Dengan mengetahui kebutuhan, masalah dan harapan serta hubungan yang baik dengan konsumen, maka dengan mudah kita menata lini producing untuk mengkondisikan lini purchasing untuk memenuhi kebutuhan konsumen.




Ke tiga lini tersebut di atas perlu dibuat sebuah sistem yang efektif, efisien, ekonomis dan fleksible mengikuti perkembangan pasar atau trend pasar, dan tentunya butuh data dan informasi untuk mendukung keputusan bisnis kita. Tanpa data dan informasi kita akan lemah dalam menghadapi persaingan. Tentu itu dibutuhkan tools atau alat, yaitu:

  1. ERP ( Enterprise Resource Planning ) Perencanaan Sumberdaya Usaha.
  2. CRM ( Customer Relationship Management ) manajemen hubungan konsumen.
  3. SCM ( Supply Chain Management ) manajemen rantai pasok atau distribusi.

Ketiga hal tersebut di atas akan kita bahas dalam tulisan selanjutnya. Yang akan membimbing kita semua untuk mampu membuka, bertahan dan menag dalam persaingan bisnis online shop di Indonesia. ( supriadi asia ).




Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan