Bagaimana BUMDes bisa meningkatkan pendapatan?…

Salah satu tujuan usaha adalah pendapatan, diantaranya Badan Usaha Milik Desa, lalu bagaimana Badan Usaha dapat meningkatkan pendapatannya. Maka harus diketahui hal hal yang bisa digunakan untuk meningkatkan pendapatannya. Karena suatu organisasi usaha atau bisnis, tanpa menetapkan tujuan, terutama tujuan keuangan, dapat dipastikan suatu usaha tersebut tidak akan untung. Dan mengalami kerugian, karena tidak jelas arah keuangan, sdm dan sumberdaya lain.

Kini biizaa akan menyampaikan hal hal atau tujuan tujuan yang perlu ditetapkan oleh Badan Usaha Milik Desa untuk meningkatkan pendapatan sebagai berikut:

  1. Memiliki tujuan meningkatkan pendapatan pemegang saham atau penyerta modal, dalam hal ini baik desa sebagai penyerta modal maupun dari pemegang saham lainnya seperti pemegang saham dari masyarakat desa. Dengan menetapkan tujuan ini, dan berusaha mencapai maka pendapatan akan naik.
  2. Memiliki tujuan peningkatan pendapatan ( revenue ) dengan menetapkan target pendapatan di akhir tahun atau dalam tiap bulan maka secara otomatis akan berusaha mencapai tujuan pendapatan yang ditargetkan tersebut.
  3. Mengelola biaya atau anggaran, dalam hal ini Badan Usaha Milik Desa harus selalu mengevaluasi biaya biaya yang dikeluarkan dalam operasional Badan usaha Milik Desa, dengan mengevaluasi maka akan menemukan hal hal yang bisa dipangkas secara efektif dan efisien.
  4. Mempertahankan Kondisi Keuangan, kondisi keuangan baik dalam pendapatan, kekayaan BUMDes harus dipertahankan agar tidak berkurang kekayaan, dengan begitu akan berusaha untuk mempertahankan pendapatan dan cenderung meningkatkan pendapatan Badan Usaha Milik Desa.
  5. Menyeimbangkan Anggaran, buatlah tujuan penyeimbangan anggaran baik untuk operasional maupun untuk modal. Jika anggaran tidak seimbang, maka bisa jadi operasional tinggi namun modal yang diputar rendah dan perputaran uang rendah, akhirnya Badan Usaha Milik Desa, tidak mampu membiayai dirinya sendiri.
  6. Menambahi Sumber Pendapatan ( Revenue Stream ), selalu berusaha dan membuat target penambahan sumber pendapatan, misalnya menyewakan alat, tempat dan lain lain yang tidak terpakai dalam operasional usaha Badan usaha Milik Desa.

Ke enam hal tersebut yang bisa kita gunakan acuan untuk meningkatkan pendapatan Badan Usaha Milik Desa. Ke enam hal tersebut dapat digunakan tujuan dalam Badan Usaha, lalu dibuat rencana sukses atas tujuan di atas. @Supriadiasia.

Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

BIIZAA ASIA
%d blogger menyukai ini: