68745334 2446483352039958 3026516595674447872 N

Apa Yang Harus Dipersiapkan Dalam Membuat Laporan Keuangan BUMDes ?

Bahwa kekayaan BUMDes sebagian atau seluruhnya adalah kekayaan desa yang dipisahkan untuk kesejahteraaan masyarakat, oleh sebab itu maka kakayaan itu harus dibuat laporan keuangan BUMDes yang menjelaskan darimana kekayaan diperoleh, digunakan untuk apa saja kekayaan tersebut dan menghasilkan apa saja kekayaan tersebut.

Sumber kekayaan BUMDes bisa dari penyertaan modal desa yang dianggarkan melalui pembiayaan desa untuk BUMDes, bia juga dari dana masyarakat maupun dari pihak lain, investor atau mitra usaha. Dengan demikian laporan keuangan BUMDes mencerminkan darimana kekayaan bersumber dan kepada siapa dikembalikan dan dipertanggungjawabkan. Sumber kekayaan ini akan masuk dalam laporan pasiva.




 

Lalu dana tersebut digunakan untuk apa, seperti kas, peralatan, perlengkapan, biaya, persediaan dan lain lain sehingga menghasilkan pendapatan, dijelaskan dalam aktiva, sehingga dengan jelas dana itu bersumber darimana hingga digunakan untuk apa dan menghasilkan apa. Apakah rugi atau laba. Bahwa dalam bisnis tahun pertama tidak harus untung atau laba, bisa jadi rugi, karena masih dalam tahap start up diantaranya customer acquisition ( mencari konsumen tetap ), namun harus bisa diprediksi kapan suatu BUMDes itu labag. Dengan mampu menjelaskan mengapa BUMDes masih rugi dan proyeksi untuk laba, maka manajemen BUMDes masih tetap terjaga kredibilitasnya.

Darimana keuangan itu bersumber dan digunakan untuk apa serta menghasilkan apa, itu disebut dengan neraca yang menjelaskan posisi keuangannya. Untuk hasil gloal laporan dalam bentuk laporan rugil laba. Setelah membuat neraca dan ada keseimbangan darimana dana diperoleh dan digunakan untuk apa maka sehingga dapat diketahui rugi atau laba.

Lalu bagaimana kita bisa membuat laporan keuangan bumdes neraca dan rugi laba?

Tentu menggunakan alat bantu yang disebut dengan akuntansi, akuntansi yang akan merekam seluruh kegiatan transaksi hingga laporan dan membangun sistem informasi keuangan. Data transaksi setiap waktu akan direkam atau dicatat dan akan dioleh oleh akuntansi menjadi suatu informasi, dan informasi tersebut adalah neraca, laporan rugi laba dan informasi yang dibutuhkan oleh pengelola, pengawas dan pembina BUMDes.

Diperoleh darimana aplikasi akuntansi Laporan Keuanga BUMDes ?

Di internet maupun di play store telah menyediakan banyak aplikasi akuntansi yang bisa digunakan oleh Badan usaha Milik Desa dalam membuat laporan. Dan lengkap ada yang berbasis website maupun ada yang berbasis android sehingga memudahkan mencatat, melaporkan dan membuat sebuah sistem informasi akuntansi. Kami mereferensikan aplikasi akuntansi yang berstandart ETAP EMKM, karena kebanyakan BUMDes masih di kelas EMKM. Aplikasi tersebut adalah:




  1. Lamikro dari Kementrian Perindustrian Dan Perdagangan Indonesia. Lamikro bisa di download di play store.
  2. SI APIK dari Bank Indonenesia, yang memiliki featur lengkap dan bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis laporan keuangan.

Kedua aplikasi akutansi terseut dibuat dan disajikan oleh pemerintah dan berstandart ETAP EMKM, sehingga memenuhi standart pelaporan keuangan untuk usaha kecil, menengah atau Badan Usaha Milik Desa.

Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

BIIZAA ASIA
%d blogger menyukai ini: