Analisa Perbuatan Melawan Hukum

Tools analisa Perbuatan Melawan Hukum adalah sebuah alat bantu untuk menganalisa sebuah perbuatan melawan hukum, dengan menganalisa area sebagai berikut :

Peristiwa dan Kerugian

Oleh karena suatu perkara perbuatan melawan hukum dikarenakan adanya peristiwa dan kerugian, maka butuh dianalisa terhadap peristiwa dan kerugiannya seperti apa.

Para Pihak

Para pihak merupakan hal yang perlu dianalisa terkait kapasitasnya baik sebagai penggugat dan tergugat dalam perkata Perbuatan Melawan Hukum.

Penggugat

Analisa Penggugat adalah analisa tentang legal standing baik kemampuan melakukan perbuatan dalam bentuk mengajukan gugatan dan adanya hubungan hukum sehingga memiliki kapasitas atau legal standing dalam mengajukan gugatan.

Tergugat

Analisa Tergugat adalah analisa tentang kecakapan seseorang untuk mempertanggungjawabkan hukum secara perdata, sehingga layak untuk digugat, serta kelengkapan para tergugat dalam perkara.



Unsur Perbuatan Melawan Hukum

Untuk dapat dinyatakan bersalah dan dihukum untuk bertaanggungjawab dalam hal kerugian maka butuh dianalisa unsur unsur yang terdapat dalam perbuatan melawan hukum sebagaimana diatur dalam Pasal 1465 KUHPerdata.

Adanya Perbuatan Melawan Hukum

Analisa pertama adalah analisa tentang adanya perbuatan yang melawan hukum baik secara sempit maupun secara luas.

Adanya Kesalahan Pelaku

Adanya sifat salah atau kesalahan dari pelaku, baik karena kesengajaan atau karena kelalaian pelaku, sehingga menyebabkan atas suatu kerugian.

Adanya Kerugian

Adanya kerugian baik materiel yang bisa dihitung dengan angka dan imateriel.

Adanya Hubungan Antara Perbuatan Yang Melawan Hukum Dan Kerugian.

Menganalisa bahwa perbuatan melawan hukum tersebut merupakan akibat atau memiliki hubungan sebab akibat dengan terjadinya kerugian yang dialami oleh korban atau penggugat.



Analisa Posita dan Petitum

Setelah kita menganalisa terhadap peristiwa, kerugian, para pihak atau subyek hukum, sertaa unsur unsur perbuatan melawan hukumnya, maka kita dapat menyimpulkan tentang posita dan petitumnya.

Analisa Posita

Analisa Posita adalah analisa tentang duduk perkara yang berisi uraian tentang perbuatan melawan hukum yang perlu kita rumuskan dalam sebuah analisa.

Petitum

Analisa Petitum adalah analisa apa saja yang kita mintakan kepada Majelis Hakim untuk diputuskan dalam suatu perkara.

 

Pendapat Dan Rekomendasi.

Pendapat dan Rekomendasi adalah hasil dari analisa semua variable sebelumnya dan selanjutnya diberikan naset atau rekomendasi apa yang dilakukan.

Hasil dari analisa dalam bentuk pdf akan terkirim dalam lampiran alamat email yang anda isikan.

Pembuat

Data Pembuat Analisa Perbuatan Melawan Hukum.


Kasus Posisi

Uraian Peristiwa dan Kerugian.


Uraian Para Pihak

Uraian Para Pihak Baik Tergugat Maupun Penggugat


Uraian Unsur Perbuatan Melawan Hukum

Uraian Unsur Perbuatan Melawan Hukum dan Pembuktiannya.


Uraian Posita dan Petimum

Uraian Posita dan Petitum Sebagai Dasar Mengajukan Gugatan.


Pendapat dan Rekomendasi

Pendapat Dan Rekomendasi Atas Perkara