Alur Dalam Menjalin Kerjasama Usaha

Dalam bisnis tak lepas dari kerjasama dengan pihak lain, untuk itu dibutuhkan alur dalam bekerjasama, sehingga hubungan bisnis saling menguntungkan dan hubungan terus berkelanjutan. Dalam kesempatan ini biizaa akan menyampaikan alur kerjasama usaha sebagai berikut :




Proposal Bisnis

Proposal bisnis adalah langkah awal sebagai komunikasi pembuka dalam kerjasama, sehingga calon mitra kerjasama kita bisa memahami labih dahulu apa maksud, tujuan dan manfaat serta gambaran kerjasama yang kita tawarkan. Proposal dibuat sedetail mungkin sehingga calon mitra akan mudah memahami dan untuk melangkah ke tahap berikutnya.

Negosiasi Bisnis

Langkah ke dua adalah negosiasi bisnis, setelah memahami proposal dengan maksud, tujuan, manfaat serta gambaran kerjasama, maka akan dilakukan negosiasi bisnis, dengan menegaskan apa yang dituangkan dalam proposal dan menyepakati apa apa saja yang diambil dalam kerjasama.




Nota Kesepahaman.

Nota Kesepahaman atau Kesepakatan, dituangkan dalam MoU ( Memorandung Of Understanding ), yang berisi tentang kesepakatan kesepakatan yang dicapai untuk melakukan kerjasama. MoU belum mengikat, tetapi dalam perjanjian kerjasama dijadikan sebagai dasar melakukan perjanjian atau kerjasama, sehingga dalam perjanjian atau kontrak kerjasama, didasari dengan hal hal yang tidak melanggar hukum, sebagaimana diatur dalam syarat sah perjanjian dalam pasal 1320 KUHPerdata, yaitu perjanjian tidak melawan hukum atau oleh sebab yang halal.

Perancangan Kontrak.

Tahap ke tiga adalah perancangan kontrak, dari kesepakatan dalam MoU, dijadikan sebagai dasar atau alasan alam merancang kontrak. Dan dalam kontrak lebih ditegaskan aturan, hak, kewajiban serta penyelesaian sengketa.




Kontrak adalah perjanjian yang dibuat secara tertulis dan digunakan sebagai alat untuk pembuktian di pengadilan dan fungsi kontrol dalam melaksanakan perjanjian.

Negosiasi Kontrak.

Oleh karena kontrak sudah mengikat dan menyangkut hak dan kewajiban para pihak, maka butuh dinegosiasikan agar ke depan tidak terjadi permasalahan atau sengketa, hak dan kewajiban serta klausula lain, dibahas satu per satu dan disepakati untuk selanjutnya ditandatangani.

Pelaksanaan Kerjasama.

Pelaksanaan kerjasama butuh di review dalam kurun waktu tertentu dengan melihat apa yang diatur dalam kontrak dan apa yang telah dilakukan, dan memberikan peringatan ( teguran / somasi ) apabila ada pihak pihak yang melakukan wan prestasi ( ingkar janji ).




Laporan Kerjasama.

Laporan kerjasama merupakan langkah akhir dalam kerjasama, baik secara periode maupun pada saat akhir kontrak, sehingga para pihak dapat mengevaluasi kerjasama dan mengambil keputusan ke depan atas kerjasama tersebut.

Di atas adalah alur dan pemahaman tentang sistem kerjasama usaha atau bisnis yang perlu dilakukan agar lebih termenej dengan baik dan membangun hubungan kerjasama yang baik.

 

Biizaa mensupport bagi perusahaan yang menyusun mulai dari proposal bisnis, draft MoU, draft perjanjian dan lembar evaluasi pelaksanaan perjanjian.

BIIZAA ASIA © 2021 Biizaa Asia

Education Template