Akhir Tahun Perlu Mempersiapkan Laporan Keuangan Dan Kinerja BUMDes

Badan Usaha Milik Desa merupakan sebuah badan usaha yang perlu memberikan akuntabilitas atau Laporan Keuangan Dan Kinerja BUMDes kepada Desa, khususnya Musyawarah Desa ( Musdes ) sebagai lembaga tertinggi dalam Badan Usaha Miliki Desa.

Mengapa Laporan Keuangan Dan Kinerja BUMDes akhir tahun?..

Laporan keunangan dan kinerja bumdes dilakukan akhir tahun, karena mengikuti siklus akuntansi dalam laporan keuangan, karena dalam akuntansi siklus tahunan akan mempengaruhi banyak hal, diantaranya adalah penyusutan, membedakan harta tetap dan harta lancar dan lain lain, dan semua itu ditentukan oleh siklus tahunan. Sebagai contoh jika memiliki hutang yang jatuh tempo tidak melebihi 1 ( satu ) tahun, maka menjadi hutang lancar. Namun jika memiliki hutang yang jatuh tempo lebih dari satu tahun, maka bisa dinamakan hutang ( bukan hutang lancar ). Disitulah maka laporan keuangan Badan Usaha Milik Desa perlu setiap akhir tahun dilakukan.




Sedangkan laporan kinerja juga ditentukan setiap tahun, karena salah satu fungsi BUMDes adalah membangu tugas pemerintah desa dalam mencapai tujuan tujuannya, baik dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa, maupun dalam rencana anggaran dan pendapatan desa berlaku siklus tahunan. Sehingga dalam laporan BUMDes perlu dijelaskan pencapaian indikator indikator yang membangu pencapaian indikator di desa, yaitu Indeks Desa Membangun ( IDM ).

Apa saja yang perlu dilaporakan dalam Laporan Keuangan dan Kinerja BUMDes?

Yang pertama adalah laporan keuangan, laporan keuangan BUMDes mengacu pada jenis dan usaha BUMDes atau besar modal BUMDes yang mempengaruhi apakah menggunakan standart akuntansi keuangan ETAP EMKM atau UMUM ditentukan oleh berbagai hal dalam BUMDes, yang tentunya perlu melihat dahulu usaha dan unit usaha BUMDes.

Jika BUMDes atau unit BUMDes belum memiliki Badan Hukum seperti PT dan memilik omzet di bawah 48 Milyar, maka BUMDes tersebut tunduk pada Standart Akuntansi Keuangan ETAP / EMKM, yang perlu melaporkan minimal 3 hal yaitu:

  1. Neraca yang merupakan posisi keuangan, bersumber darimana, digunakan untuk apa dan menghasilkan apa.
  2. Laba / Rugi merupakan hasil dari kinerja keuangan yang menerangkan apakah suatu BUMDes itu laba atau rugi.
  3. Perubahan Modal atau Perubahan Ekuitas, yaitu perubahan kekayaan BUMDes dari tahun sebelumnya sampai akhir tahun berjalan.

Ketiga hal tersebut yang perlu dilaporkan dalam laporan keuangan BUMDes. Dan BUMDes juga dapat menyampaikan tentang rasio rasio kesehatan keuangan BUMDes apabila diperlukan.

Yang kedua adalah laporan kinerja BUMDes, dalam hal ini bumdes selain badan usaha juga memiliki fungsi mencapai desa mandiri atau kemandirian suatu desa. Dengan demikian maka kemandirian desa diukur dari indeks desa membangun ( IDM ), sehingga pencapaian kinerja dan target atas pencapain kinerja yang tertuang dalam Indeks Desa Membangun perlu dilaporkan. Ada 3 kelompok besar dalam indeks desa membangun, yaitu:

  1. Indeks Ketahanan Ekonomi.
  2. Indeks Ketahanan Sosial.
  3. Indeks Ketahanan Ekologi.

Tiga indeks tersebut yang perlu dilaporkan dalam akuntabilitas Badan Usaha Milik Desa.




Dengan 2 laporan baik keuangan dan kinerja tersebut, maka Badan Usaha Milik Desa akan mampu menjadikan solusi permasalahan permasalahan di desa dengan pendekatan korporasi atau pendekatan usaha. Secara keuangan akan menguntungkan dan memberikan penambahan Pendapatan Asli Desa, di sisi lain dalam Kinerja akan membangu desa dalam mencapai Kemandirian atau Indeks Desa Membangun.

Setelah melaporkan kinerja keuangan dan kinerja Badan Usaha Milik Desa, maka bisa digunakan dasar untuk membuat rencana di tahun selanjutnya yang akan dimusyawarahkan dalam desa. Dengan mengetahui kondisi tahun sebelumnya dan mengetahui apa yang telah dicapai dan apa yang belum dicapai sampai BUMDes feasible ( layak ) dan memberikan kontribusi atas kemandirian desa, maka bisa membuat rencana rencana selanjutnya baik target keuangan atau laba, target kinerja dalam meningkatkan indeks desa membangun.

 

Mari bagikan seluas-luasnya manfaat dengan tombol di bawah ini..
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Apa Yang Harus Dipersiapkan Dalam Membuat Laporan Keuangan BUMDes ?

Jum Nov 15 , 2019
Bahwa kekayaan BUMDes sebagian atau seluruhnya adalah kekayaan desa yang dipisahkan untuk kesejahteraaan masyarakat, oleh sebab itu maka kakayaan itu harus dibuat laporan keuangan BUMDes yang menjelaskan darimana kekayaan diperoleh, digunakan untuk apa saja kekayaan tersebut dan menghasilkan apa saja kekayaan tersebut. Sumber kekayaan BUMDes bisa dari penyertaan modal desa […]
68745334 2446483352039958 3026516595674447872 N
BIIZAA